50 Tips-Trik Tersembunyi Excel Yang Wajib Anda Tahu (Bagian_1)



Bila anda sering memakai Excel, Tips dan Trik tersembunyi ini wajib anda ketahui supaya kerja anda lebih gampang, cepat, mudah dan efektif, selain itu tips dan trik ini juga mudah diterapkan hampir pada tiruana versi Microsoft Excel.

Baiklah diberikut ini tips dan trik diam-diam tersembunyi Excel yang akan dijelaskan secara rinci step by step.
 Tips dan Trik tersembunyi ini wajib anda ketahui supaya kerja anda lebih mudah 50 Tips-Trik Tersembunyi Excel yang Wajib Anda Tahu (Bagian_1)
Tips dan Trik Rahasia Excel yang tersembunyi

1. Teknik Membuka Excel dengan Cepat

Pada umumnya cara yang dipakai untuk menjalankan Excel yaitu: Menu Start > All Program > Microsoft Office > Microsof Excel.
Teknik cepat untuk membuka Excel yaitu dengan membuat shortcut Microsoft Excel ke taskbar Windows, bukan ke desktop. Sebab kalau ke desktop masih membutuhkan doble klik, tetapi kalau di taskbar spesialuntuk membutuhkan klik saja.

Berikut cara membuat shortcut Excel di taskbar pada Windows 10:
  • Klik Menu Star > klik kanan pada icon Excel yang ada di Start menu
  • Sorot More > Geser ke kanan dan klik pada Pin to Taskbar
 Tips dan Trik tersembunyi ini wajib anda ketahui supaya kerja anda lebih mudah 50 Tips-Trik Tersembunyi Excel yang Wajib Anda Tahu (Bagian_1)
Langkah membuat shortcut Excel


Teknik menempatkan icon shortcut Excel di taskbar pada Windows 7:
  • Klik Menu Star >> klik All agenda >> klik Microsoft Office >> klik kanan pada icon Excel >> klik Pin to Taskbar
Teknik cepat lainnya untuk membuka Excel yaitu dengan membuat shortcut tombol tertentu dengan keyboard. Pada Excel 2013, Tekniknya sebagai diberikut:
  • Double klik Frogram Files yang ada di drive C:
  • Double klik Microsoft Office > Double klik Office16 atau sesuai Office yang anda install
  • Geser ke bawah cari dan klik kanan pada EXCEL, kemudina klik Properties
 Tips dan Trik tersembunyi ini wajib anda ketahui supaya kerja anda lebih mudah 50 Tips-Trik Tersembunyi Excel yang Wajib Anda Tahu (Bagian_1)
Teknik Membuat tombol shortcut dengan keyboard
  • Pada jendela Properties, pada serpihan Shortcut Key, klik kolom yang ada goresan pena 'None'
  • Kemudian tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard
  • Pada kolom Shortcut Key akan muncul Ctrl + Alt +
  • Silakan menambahkan abjad sesuai dengan cita-cita anda, contohnya abjad 'x' maka pada kolom akan menjadi Ctrl + Alt + X
  • Pada serpihan Run, pilih saja Normal Window, terakhir klik tombol OK
melaluiataubersamaini sudah dibuatnya tombol shortcut ini, maka untuk membuka Excel cukup menekan tombol CTRL + ALT + X

Teknik membuat shortcut tertentu dengan tombol keyboard. Pada Excel 2016, Tekniknya sebagai diberikut:
  • Klik Start Menu
  • Klik kanan pada Excel 2016, > klik More > klik Open file location
  • Cari dan klik kanan pada Excel 2016 > kemudian klik Properties
  • Pada jendela Properties, pada serpihan Shortcut Key, klik kolom yang ada goresan pena 'None'
  • Kemudian tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard
  • Pada kolom Shortcut Key akan muncul Ctrl + Alt +
  • Silakan menambahkan abjad sesuai dengan cita-cita anda, contohnya abjad 'x' maka pada kolom akan menjadi Ctrl + Alt + X
  • Pada serpihan Run, pilih saja Normal Window, terakhir klik tombol OK



2. Pengaturan Quick Access Toolbar untuk Kerja Lebih Cepat

Pada versi Microsoft Office 2007 ke atas sudah dimenambahkan Quick Access Toolbar yang berada di pojok kiri atas, tujuannya supaya kerja anda lebih cepat dan efesien, namun masih banyak pengguna Microsoft Office dalam hal ini Excel tidak memanfaatkan toolbar tersebut dengan terbaik.

Untuk itu mari kita terbaikkan Quick Access Toolbar tersebut supaya kerja anda lebih mudah dan cepat, dengan cara sebagai diberikut:

 Tips dan Trik tersembunyi ini wajib anda ketahui supaya kerja anda lebih mudah 50 Tips-Trik Tersembunyi Excel yang Wajib Anda Tahu (Bagian_1)
Menambahkan perintah pada Quick Access Toolbar
  • Klik segitiga kecil yang ada di samping Quick Access Toolbar
  • Silakan diberi tanda ceklis pada tools yang ingin dimenambahkan pada Quick Access Toolbar
  • Jika anda ingin lebih banyak lagi menambahkan tools, silakan klik pada More Commands...
  • Pada jendela Excel Options - Quick Access Toolbar, silakan klik tool yang ada di kolom Popular Commands kemudian klik Add
  • Sesudah tiruana tools yang anda pilih pindah ke kolom di sebelah kanannya, klik tombol OK
  • Sekarang tiruana tools yang anda pilih sudah tampil juga di grup Quick Access Toolbar
Tips tambahan:
Agar tool-tool yang ada di Quick Access Toolbar benar-benar berguna, sebaiknya anda spesialuntuk menentukan tools atau perintah yang tidak ditampilkan di ribbon secara langsung, alasannya yaitu bergotong-royong tools ini sudah ada pada ribbon setiap tab menu, spesialuntuk saja untuk mengunakan tools  tersebut memerlukan klik beberapa kali.

Tools yang pada umumnya perlu ditampilkan pada Quick Access Toolbar Excel di antaranya:
New, Open, Save, Quick Print, Print Preview, Undo, Redo, Sort Acending, Sort Discending, atau tools yang sering anda gunakan namun tidak muncul pribadi di ribbon tab menu.

Untuk membuka Excel Options pada Excel 2013 dan 2016 berada pada sajian File, sedangkan pada Excel 2007 ada pada icon Microsoft Office dan pada Excel 2010 ada pada icon Excel yang ada di pojok kiri atas.

 Tips dan Trik tersembunyi ini wajib anda ketahui supaya kerja anda lebih mudah 50 Tips-Trik Tersembunyi Excel yang Wajib Anda Tahu (Bagian_1)
Excel Options sebagai pengaturan dasar Excel

Teknik membuka Excel Options pada Excel 2013 dan 2016 yaitu, Klik File > klik Options. Maka akan muncul jendel aExcel Options ibarat di bawah ini.


3. Teknik Mengatur Jenis dan Ukuran Font Default

Secara default Excel memakai jenis font Calibri dengan ukuran font 11, kalau anda ingin menggantinya silakan lakukan langkah-langkah diberikut.
  • Buka Excel Options
  • Klik pada Bagian General
 Tips dan Trik tersembunyi ini wajib anda ketahui supaya kerja anda lebih mudah 50 Tips-Trik Tersembunyi Excel yang Wajib Anda Tahu (Bagian_1)
Teknik mengubah ukuran dan jenis huruf

  • Pada sajian When Creating new workbooks, Klik segitiga kecil yang ada di sebelah kanan kotak jenis font
  • Silakan pilih font yang mau dijadikan default
  • Untuk mengganti ukuran abjad default, Klik segitiga kecil yang ada di sebelah kanan kotak  Font Size
  • Silakan pilih Ukuran abjad yang diinginkan
  • Jika sudah klik tombol OK

4. Teknik Mempercepat Mengetik Kata yang Sering Digunakan

Jika anda ketika bekerja dengan Excel dan Word sering mengetik kata yang sama, misalanya nama orang, nama tempat, nama perusahaan dan kata yang lainnya, lebih baik buat abreviasi dari kata-kata tersebut dan input ke dalam AutoCorrect Options.

Misalnya nama atasan anda, Qobly Mubarok Almiraz Sukmanaga, masukkan ke dalam Auto Correct menjadi qmas. Hasilnya ketika anda menuliskan qmas, maka secara otomatis Excel atau Word akan merubahnya menjadi  Qobly Mubarok Almiraz Sukmanaga.
Tekniknya yaitu sebagai diberikut:

  • Buka Excel Options
  • Klik pada Bagian Proofing
 Tips dan Trik tersembunyi ini wajib anda ketahui supaya kerja anda lebih mudah 50 Tips-Trik Tersembunyi Excel yang Wajib Anda Tahu (Bagian_1)
Auto Korrect mempercepat pekerjaan Excel

  • Klik tombol AutoCorrect Options yang ada di sebelah kanannya
  • Tampil AutoCorrect Options ibarat di bawah ini
  • Pada kolom Replace, silakan masukkan abreviasi dari kata yang mau disingkat, Misalnya: qmas
  • Pada serpihan kolom With, masukkan kata yang sesungguhnya, misalnya Qobly Mubarok Almiraz Sukmanaga,
  • Klik tombol Add untuk menambahkan abreviasi yang lainnya
  • Jika tiruana kata yang mau disingkat sudah dimasukkan, klik tombol OK

Selain menambah anda juga bisa menghapus koreksi otomatis ejaan, contohnya saja dalam Microsoft Office (Excel, Word, dll.) ketika kita menulis kata 'teh' akan selalu berkembang menjadi 'the'. Jika anda tidak menginginkan pembetulan otomatis ejaan tersebut, anda bisa menghapusnya. Tekniknya cari dan klik pada kata yang mau dihapus kemudian klik tombol Delete




5. Teknik Mengatur Durasi Penyimpanan Excel Secara Otmatis

Secara default hasil kerja file Excel akan tersimpan otomatis setiap 10 menit, bila kebetulan di kawasan anda sering mati listrik atau komputer anda sering hang, durasi save otomatis 10 menit dirasa terlalu lama. Sehingga kalau terjadi mati listrik atau hang maka akan banyak hasil kerja Excel anda termembuang sia-sia alasannya yaitu tidak tersimpan secara otomatis.

Untuk mencegah hal tersebut yang tidak diinginkan kita atur durasi penyimpanan otomatis menjadi lebih pendek, diberikut cara pengaturannya:
  • Silakan buka Excel
  • Pada Tab Menu, klik File
  • Klik Options yang ada di serpihan paling bawah
  • Pilih dan klik pada serpihan Save
 Tips dan Trik tersembunyi ini wajib anda ketahui supaya kerja anda lebih mudah 50 Tips-Trik Tersembunyi Excel yang Wajib Anda Tahu (Bagian_1)
Mengatur durasi penyimpanan otomatis Excel

  • Pada tampilan jendela sebelah kanan pada serpihan Save AutoRecovery information every, silakan ganti angka 10 menjadi angka yang anda inginkan, contohnya menjadi 2 atau 4 menit.
  • Terakhir klik tombol OK

6. Teknik Menentukan Tempat Penyimpanan yang Aman

Secara default hasil kerja file Excel akan tersimpan di drive C: pada My Document. Kelemahan menyimpan file di drive C: yaitu kalau kita melaksanakan install ulang Windows dengan pilihan Custom, alasannya yaitu Windows usang rusak, maka file-file tersebut akan tertimpa atau terformat. Walaupun file-file tersebut masih bisa diselamatkan, akan tetapi untuk mengambil file dari Windows yang rusak memerlukan tindakan dan waktu yang cukup banyak.

Untuk mencegah hal tersebut yang tidak diinginkan, sebaiknya anda membuat sebuah folder khusus di drive atau partisi selain C, contohnya di drive D, terus buat folder DATA_EXCEL.

Langkah diberikutnya ubah tempat penyimpanan otomatisnya ke drive D: pada folder DATA_EXCEL. 
Berikut cara merubah tempat penyimpanan otomatis Excel:
  • Silakan buka Excel
  • Pada Tab Menu, klik File
  • Klik Options yang ada di serpihan paling bawah
  • Pilih dan klik pada serpihan Save
 Tips dan Trik tersembunyi ini wajib anda ketahui supaya kerja anda lebih mudah 50 Tips-Trik Tersembunyi Excel yang Wajib Anda Tahu (Bagian_1)
Tips kondusif menempatkan file documen Excel

  • Pada sub sajian Save Workbook di serpihan Default local file location pada kotak yang tersedia silakan ganti menjadi D:\DATA_EXCEL
  • Terakhir klik tombol OK

7. Mengatur Pergerakan Kursor pada Excel

Defaultnya kusor Excel akan pindah ke sel di bawahnya kalau dienter, namun kalau anda menginginkan perpindahan kursor ke sel yang ada di kanannya, anda bisa mengaturnya di Excel Options
Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Excel Options
  • Klik pada serpihan Edvanced
 Tips dan Trik tersembunyi ini wajib anda ketahui supaya kerja anda lebih mudah 50 Tips-Trik Tersembunyi Excel yang Wajib Anda Tahu (Bagian_1)
Teknik mengatur arah pergerakan kursor

  • Pada sajian Editing options sebelah kanan di serpihan After pressing Enter, silakan ganti kata Down menjadi Right
  • Kemudian klik tombol OK

8. Teknik Menambah Display Jumlah History Recent Workbooks Excel

Jejak atau History Recent File Kerja Excel sangat memmenolong mempercepat membuka kembali file kerja yang dilakukan beberapa waktu ke belakang. melaluiataubersamaini adanya Show Recent untuk membuka file usang anda tidak perlu masuk ke Drive dan folder dimana file tersebut disimpan, anda cukup double klik nama file yang ada pada display Recent.

Maslahnya Show Recent secara default spesialuntuk menampilkan sebanyak 25 history, jadi file ke 26 dan sesudahnya tidak akan tampil di Show Recent. Solusinya supaya nama file Excel lebih banyak tampil pada Show Resent, kita harus meningkatkan jumlah history Resent tersebut. Tekniknya yaitu sebagai diberikut:
  • Buka Excel Options
  • Klik pada serpihan Edvanced
 Tips dan Trik tersembunyi ini wajib anda ketahui supaya kerja anda lebih mudah 50 Tips-Trik Tersembunyi Excel yang Wajib Anda Tahu (Bagian_1)
Teknik memperbanyak jumlah daftar recent

  • Pada kolom sebelah kanan scroll ke bawah ke serpihan sajian Display
  • Pada serpihan Show number of Recent Workbooks, silakan ganti angka 25 menjadi 50, kemudian klik tombol OK

9. Merubah Warna Garis atau Gridlines Excel

Secara default garis-garis pada lembar kerja Excel yaitu berwarna Hitam kalau anda bosan atau ingin tampil beda dan lebih menarikdanunik, anda bisa menggantinya dengan warna kesukaan. Teknik mengganti warna garis-garis pada Excel sebagai diberikut:
  • Buka Excel Options
  • Klik pada serpihan Edvanced
  • Pada kolom sebelah kanan scroll ke bawah ke serpihan sajian Display options for this worksheet: klik segitiga kecil disamping kotak Sheet1, silakan pilih Book1 kalau ingin mengganti warna tiruana sheet.
 Tips dan Trik tersembunyi ini wajib anda ketahui supaya kerja anda lebih mudah 50 Tips-Trik Tersembunyi Excel yang Wajib Anda Tahu (Bagian_1)
Teknik merubah warna garis Excel

  • Pada serpihan Gridlines, silakan klik segitiga kecil di samping icon Fill Color (gambar Cat tumpah) kemudian pilih warna yang anda inginkan.
  • Jangan lupa untuk klik tombol OK

10. Teknik Agar File Excel Bisa Dibuka pada Semua Versi

Terkadang dokumen Excel yang dibentuk dengan versi terbaru, ketika dibuka dengan Excel versi usang tampilannya jadi berantakan. Misalnya saja anda membuat dokumen dengan Excel 2016 supaya bisa dibuka di Excel versi 2007 atau 2003, maka caranya yaitu sebagai diberikut:
  • Silakan buka Excel Options
  • Pilih dan klik pada serpihan Save
 Tips dan Trik tersembunyi ini wajib anda ketahui supaya kerja anda lebih mudah 50 Tips-Trik Tersembunyi Excel yang Wajib Anda Tahu (Bagian_1)
Teknik supaya dokumen Excel bisa dibuka di tiruana versi

  • Pada sajian Save workbooks di sebelah kanan, silakan klik tanda panah ke bawah yang ada pada kotak Save files this in format: menjadi Excel 97-2003 Workbooks.
  • Sesudah itu klik tombol OK
Langkah di atas akan mengakibatkan format penyimpanan default dokumen Excel, kalau anda spesialuntuk menginginkan pada dokumen yang sedang dikerjakan saja, caranya pada saat  menyimpan  dokumen lakukan langkah diberikut:

  • Klik tab sajian File
  • Klik Save As kemudian pilih tempat penyimpanan
  • Sesudah muncul jendela obrolan Save As, silakan diberi nama file pada kolom File name:
 Tips dan Trik tersembunyi ini wajib anda ketahui supaya kerja anda lebih mudah 50 Tips-Trik Tersembunyi Excel yang Wajib Anda Tahu (Bagian_1)
Langkah dalam menyimpan file Excel supaya bisa dibuka pada tiruana versi

  • Pada Save as type: klik tanda panah ke bawah di samping kotak tersebut, kemudian pilih Excel 97-2003 Workbooks.
  • Terakhir gres klik tombol Save.

Demikian 10 tips dan trik serpihan sesi 1 dari 50 tips dan trik yang saya sudah siapkan, untuk membaca tips dan trik 40 diberikutnya silakan baca postingan Tips dan Trik Excel Teknik Cepat Entri Data 

Semoga tutorial ini bermanfaa, bila ada pertanyaan atau masukan silakan masukkan dalam kotak komentar, dengan bahagia hati saya akan membalas secepat yang sya mampu.

Terimakasih atas kunjungan anda di BossTutorial.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel