Resensi: Pengertian, Unsur-Unsur, Dan Tips Menciptakan Resensi

Pengertian Resensi

 Karya yang dimaksud disini sanggup berupa berupa buku dan karya seni film dan drama Resensi: Pengertian, Unsur-unsur, dan Tips Membuat Resensi

Resensi yaitu suatu evaluasi terhadap sebuah karya. Karya yang dimaksud disini sanggup berupa berupa buku dan karya seni film dan drama. Secara etimologi, resensi berasal dari bahasa latin, dari kata kerja revidere atau recensere yang memilik arti melihat kembali, menimbang atau menilai. Dalam bahasa Belanda dikenal dengan recensie sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah review.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonsia, resensi diartikan sebagai pertimbangan atau pembicaraan wacana buku dan sebagainya. Secara garis besar resensi diartikan sebagai aktivitas untuk mengulas atau menilai sebuah hasil karya baik itu berupa buku, novel, maupun film dengan cara memaparkan data-data, sinopsis, dan kritikan terhadap karya tersebut.


Unsur-Unsur Pembuatan Resensi

 
1. Judul Resensi
    Judul sebuah resensi mesti memiliki kesinambungan dengan isi resensi. Selain itu,       judul resensi yang menarik memperlihatkan nilai lebih tersendiri.

2. Menyusun Data Buku
    Penyusunan data buku sanggup dilakukan sebagai berikut:

  • Judul buku;
  • Pengarang;
  • Penerbit;
  • Tahun terbit beserta cetakannya;
  • Dimensi buku;
  • Harga buku;
3. Isi Resensi Buku
    Bagian ini berisi mengenai sinopsis, ulasan singkat buku dengan kutipan singkat dan keunggulan serta kelemahan buku, rumusan kerangka buku dan bahasa yang digunakan.
4. Penutup Resensi Buku
    Pada bab epilog biasanya berisi alasan kenapa buku tersebut ditulis dan kepada siapa buku tersebut ditujukan.

 Tips-Tips Membuat Resensi

Berikut ini yaitu tips dalam menulis resensi: 1. Cari dan tentukan buku gres nonfiksi yang akan dibentuk resensi. 2. Catatlah identitas buku yang akan diresensi, menyerupai jenis buku, judul buku, nama    pengarang, nama penerbit, tahun terbit, tahun cetak, jumlah halaman, jenis kertas dan harga buku. 3. Catat dan pahami tujuan dan latar belakang penulisan buku, dengan cara membaca kata pengantar atau pendahuluan buku. Buatlah daftar pokok-pokok isi buku secara keseluruhan. 4. Tentukan kelebihan dan kekurangan isi buku. 5. Tulis ringkasan bahan dari buku yang dibentuk resensi secara terang dan sistematis. 6. Pada simpulan resensi berilah saran dan kesimpulan, apakah buku yang kita resensi tersebut layak dibaca atau tidak. 

 Untuk lebih jelasnya dalam pembuatan resensi sanggup dilihat Contoh Resensi Novel Toto-Chan. Klik disini!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel