Berbagai Macam Pengertian Internet Dari Tokoh Dunia



Pengertian Internet dari Berbagai Tokoh

wCEAAkGBxMTEhUTEhIWFhUWGBgYFxYYGBgYFxUYGhcXGB Berbagai Macam Pengertian Internet dari Tokoh Dunia

Internet bukanlah hal gres bagi masyarakat ketika ini. Namun tidak semua orang mengetahui wacana pengertian intenet yang sebenanrnya. Sejak kemunculannya pada tahun 1969 internet sudah dikenal oleh masyarakat. Internet mengalami perkembangan yang sangat pesat sekitar tahun 1993. Sejak ketika itu internet membawa perubahan yang signifkan terhadap kehidupaan manusia, terutama dalam sisi penyebaran dan penerimaan informasi.
Internet merupakan abreviasi dari Interconnected Network, sebab fungsinya yang menghubungkan jaringan dari jaringan-jaringan komputer di dunia. Jaringan yang ada ini bukan merupakan jaringan yang bersifat terpusat, sehingga apabila suatu jaringan terputus maka tidak akan  mengganggu jaringan yang lain.
Internet memilki banyak pengertian, yang didefinisikan oleh para ahli, ilmuwan, dan tokoh-tokoh. Berikut yaitu beberapa pengertian internet berdasarkan para ahli, ilmuawan, dan tokoh-tokoh :
wCEAAkGBxMTEhUTEhIWFhUWGBgYFxYYGBgYFxUYGhcXGB Berbagai Macam Pengertian Internet dari Tokoh Dunia
1.         Onno W. Purbo
Tokoh pertama yang menjelaskan mengenai pengertian Internet yaitu Purbo. Purbo (dalam Prihatna, 2005) menjelaskan bahwa Internet intinya merupakan sebuah media yang dipakai untuk mengefesiensikan sebuah proses komunikasi yang disambungkan dengan banyak sekali aplikasi, ibarat Web, VoIP, E-mail
2.         Allan (2005)
Tokoh berikutnya, yaitu Allan (2005) menjelaskan bahwa internet merupakan sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain secara fisik dan juga mempunyai kemampuan untuk membaca dan menguraikan banyak sekali protokol komunikasi tertentu yang sering kita kenal dengan istilah Internet Protocol (IP) serta Transmission Control Protocol (TCP). Protokol sendiri, lebih lanjut didefinisikan oleh Alan sebagai sebuah spesifikasi sederhana mengenai bagaimana dua atau lebih komputer sanggup saling bertukar informasi.
3.         Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003)
Pengertian internet lainnya muncul dari pendapat yang dikemukakan oleh Strauss, El-Ansary, dan juga Frost (2003). Mereka menyampaikan bahwa yang dimaksud dengan Internet yaitu keseluruhan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer – komputer yang saling terhubung di dalam jaringan ini menyimpan dan juga mempunyai beberapa file yang bisa diakses dan digunakan, , ibarat halaman web, dan juga data lainnya yang bisa dipakai dan juga diakses oleh banyak sekali komputer yang saling terhubung dengan Internet.
4.         Oetomo (2002)
Oetomo (2002) menyebutkan bahwa internet merupakan singkatan atau abreviasi dari international network, yang didefinisikan sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar, dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan – jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain. Lebih lanjut dijelaskan pula, jaringan komputer yang sangat besar ini bisa meliputi jaringna seluruh dunia.
5.         Randall & Latulipe
Randall & Latulipe (dalam Nafisah, 2001) mendefinisikan apa yang kita kenal dengan nama internet sebagai suatu jaringan global yang terdapat di dalam jaringan komputer. Jadi, internet tak ubahnya merupakan sebuah jaringan global yang terdiri atas beberapa jaringan komputer, yang bisa diakses dimana saja.
6.         Kayo, Mori, dan Takano (1996)
Kayo, Mori, dan Takano (1996) menunjukkan pendapat bahwa internet merupakan jarngan yang mempunyai 3 keistimewaan. Keistimewaan pertama yang terdapat dalam internet yaitu kebebasan internet. Internet sanggup menunjukkan penggunanya semacam kuasa untuk saling memberi dan mendapatkan informasi secara bebas.
Kedua, internet mempunyai keistimewaan, yaitu lebih dinamik serta dinilai sangat mengikuti perkembagan waktu. Kebanyakan informasi dalam internet yang biasa diakses yaitu informasi – informasi yang paling gres apabila dibandingkan dengan informasi dalam media cetak.
Ketiga, internet merupakan sebuah jaringan yang bersifat interaktif. Hal ini dikarekan melalui internet, setiap penggunanya dimungkinkan untuk sanggup berinteraksi dengan pengguna lain di dunia ini setiap saat
7.         Supriyanto (2006)
Tokoh lainnya, yaitu Supriyanto (2006) menyampaikan bahwa Internet merupakan suatu kekerabatan antara banyak sekali jenis komputer dan juga dengan jaringan di dunia yang mempunyai sistem operasi dan juga aplikasi yang berbeda maupun, dimana kekerabatan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat kompunikasi ibarat telepon dan satelit yang memakai protokol standar dalam melaksanakan kekerabatan komunikasi, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol)
8.         Harjono (2009)
Pendapat lain menyebutkan bahwa Internet sanggup diartikan sebagai kumpulan dari beberapa komputer, yang bahkan sanggup mencapai jutaan komputer di seluruh dunia yang sanggup saling bekerjasama serta saling terkoneksi satu sama lainnya. Agar komputer sanggup salin terkoneksi satu sama lain, maka diharapkan media untuk saling menghubungkan antar komputer. Media yang dipakai itu bisa memakai kabel/serat optic, satelit atau melalui sambungan telepon (Harjono, 2009).
9.         O’Brien (2003)
Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang ketika ini berkembang pesat dari banyak sekali macam kepentingan bisnis, pendidikan, sampai ke dalam jaringan pemerintahan yang sanggup saling bekerjasama satu sama lain, dimana dengan jumlah penggunanya bisa berkembang melebihi dari 200 negara (O’Brien, 2003).
10.       Ramdhani (2003)
Dalam modul pembelajaran Internet, Ramdhani (2003) menyampaikan bahwa internet merupakan sebuah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang sanggup menghubungkan banyak sekali situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, sampai perorangan.
Lebih lanjut dijelaskan bahwa Internet bisa untuk menyediakan kanal untuk layanan telekomununikasi dan banyak sekali sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia.
Internet memilki banyak sekali macam layanan. Layanan internet meliputi komunikasi secara eksklusif ibarat email dan juga chatting, diskusi ibarat Usenet News, email, dan juga milis, serta sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan kemudian lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.
11.       Tim Penelitian dan Pengembangan Wahana Komputer (2005)
Beberapa tokoh lainnya yang tergabung dalam tim penelitian dan juga pengembangan wahana internet mendefinisikan bahwa Internet merupakan sebuah metode untuk menghubungkan banyak sekali macam komputer ke dalam satu jaringan global, yang luas. Setiap komputer sanggup saling terhubung dengan jaringna global yang luas melalui sebuah protokol yang disebut Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP/IP)
12.       Drew Heywood (1996)
Heywood (1996) menyampaikan bahwa definisi dari internet tidak lepas dari sejarah Internet. Hal ini bermula pada final dekade 60-an ketika United States Department of Defense (DoD) memerlukan sebuah standar gres untuk melaksanakan komunikasi Internetworking. Standar gres tersebut haruslah merupakan standar yang bisa menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringan ini harus kuat, kondusif dan tahan kerusakan sehingga bisa beroperasi didalam kondisi minimum akhir peristiwa atau perang.
Dengan demikian, terjadilah internet dengan kondisi jaringna yang besar lengan berkuasa dan juga sanggup menghubungkan banyak sekali komputer ke dalam satu jaringan secara luas.
13.       Greenlaw & Hepp (2002)
Pengertian lain dari internet diungkapkan oleh Greenlaw & Hepp (2002), yang menyatakan bahwa internet merupakan sebuah sistem informasi global yang tehubung secara budi oleh address atau alamat yang unik yang berbasis Internet Protocol / IP, dan mempunyai donasi komunikasi TCP / Transmission Control Protocol. Hal ini menimbulkan internet sanggup digunakan, diubah, dan juga diakses baik secara umum, maupun secara khusus.
14.       Turban, Rainer, Potter (2005)
Pendapat lain mengenai intenet dikemukakan oleh Turban, Rainer, Potter (2005). Mereka mendefinisikan bahwa internet yaitu suatu jaringan besar yang menghubungkan jaringan compute, baik dari organisasi dan bisnis, organisasi pemerintahan, dan sekolah – sekolah di seluruh dunia secara eksklusif dan juga cepat.
15.       Lutfi SY
Lutfi SY dalam modulnya mengenai teknologi informasi menyampaikan bahwa Internet merupakan suatu jaringan komputer yang saling terhubung secara global, yang memungkinkan pengguna internet saling bertukar informasi atau data melalui jarinfan tersebut.
Lebih lanjut disebutkan bahwa internet yaitu suatu sistem komunikasi data yang berskala global, yang disusun atas sebuah infrastruktur yang terdiri dari hardware dan juga software yang menghubungkan komputer di dalam jaringannya. (Baca juga mengenai Perangkat lunak jaringan komputer dan jugaperangkat keras jaringan komputer).
16.       Engineers Garage
Engineers Garage menyampaikan bahwa intinya tidak ada suatu definisi yang baku mengenai pengertian dari internet itu sendiri. Dikatakan bahwa sebenarnya, internet tidak membatasi diri untuk setiap definisi tertentu.
Namun apabila diartikan secara umum, internet sanggup didefinisikan sebagai sebuah jaringan kabel atau nirkabel yang saling berkomunikasi yang bertujuan untuk mengirimkan informasi.
17.       Sibero
Menurut Sibero (2011) Internet atau yang merupakan abreviasi dari Inter-connected Network merupakan sebuah jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer secara global. Lebih lanjut dijelaskan pula bahwa internet sanggup juga disebut sebagai jaringan alam, yaitu suatu jaringan yang sangat luas.
Internet juga sanggup bekerja sama ibarat jaringan komputer pada umumnya, eperti halnya jarnigan komputer lokal maupun jaringan komputer area luas, internet juga memakai sebuah protokol komunikasi yang sama yaitu TCP/IP (Tranmission Control Protol / Internet Protocol).
18.       Lani Sidharta (1996)
Sidharta (1996) menyatakan bahwa internet yaitu suatu bentuk interkoneksi dari sebuah jaringan komputer, dimana sanggup menunjukkan bentuk layanan informasi secara lengkap. Dijelaskan lagi lebih lanjut, bahwa internet juga terbukti sebagai rekan maya atau virtual yang ampuh, yang biasa dipakai dalam media bisnis, politik, dan bahkan untuk hiburan semata.
Walaupun secara fisik Internet merupakan suatu bentuk interkoneksi antar jaringan komputer namun secara umum Internet harus sanggup dipandang dan juga dipahami sebagai sebuah sumber daya informasi.
Disebutkan pula oleh Sidharta, bahwa isi dari Internet yaitu informasi, dimana hampir semua aspek kehidupan insan bisa ditemukan dalam bentuk virtual di dalam internet.
19.       Ned Snell
Ned Snell, juga berkontribusi dalam menunjukkan definisi mengenai internet. Menurutnya, internet yaitu sebuah koridor bagi banyak sekali jenis sumberdaya yang ada padanya, dan setiap sumberdaya tersebut diakses melalui piranti yang berbeda-beda
20.       Sarwono (2012)
Menurut Sarwono internet merupakan sebuah kumpulan jaringan yang mempunyai skala global. Bahkan, lebih lanjut Sarwono menyampaikan bahwa tidak ada satupun orang yang bisa bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri. Mulanya internet hanya dipakai dalam kebutuhan militer, namun sekarang internet merambah pada keperluan masyarakat sipil dan juga bentuk hiburan
21.       Berners Lee
Berners Lee, yang membuat konsep WWW menyebutkan bahwa internet merupakan sebuah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Hal ini terang merujuk pada konsep dimana suatu jaringan compute tertentu, atau jaringan local juga bisa terhubung ke dalam suatu jaringan lainnya.
22.       Kamus Oxford
Kamus Oxford merupakan salah satu kamus internasional yang paling reliabel sebagai panduan dari banyak sekali macam pengertian. Di dalam kamus Oxford disebutkan bahwa internet yaitu jaringan komputer global yang menyediakan banyak sekali akomodasi informasi dan komunikasi, yang terdiri dari jaringan interkoneksi memakai protokol komunikasi standar.
23.       Federal Networking Council
Federal Networking Council (FNC), menyebutkan bahwa internet menunjuk pada suatu sistem informasi secara global, yang mana secara logis dihubungkan dengan satu alamat yang unik yang didasari pada internet protocol (IP). Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) atau IP lain yang kompatible dan memudahkan publik dan individu melaksanakan kanal komunikasi tingkat tinggi serta berkaitan dengan infrastruktur.
24.       Wikipedia
Salah satu situs ensiklopedia terbesar yang ada di dalam jaringan WWW internet, yaitu Wikipedia, juga menjabarkan secara lengkap mengeai pengertian internet. Wikipedia menyebutkan bahwa internet merupakan abreviasi dari istilah interconnection networking, yang merupakan keseluruhan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Agar sanggup saling terhubung satu sama lain, internet memakai sebuah sistem standar, yaitu protocol TCP / IP untuk melayani pertukaran paket di dalam jaringan tersebut, di seluruh dunia.
Dari banyak sekali pengertian diatas sanggup disimpulkan bahwa internet merupakan kumpulan dari jaringan-jaringan komputer yang ada di dunia yang saling terhubung antara yang satu dengan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel