Pengertian, Persamaan, Dan Faktor-Faktor Yang Mensugesti Laju Reaksi



LAJU REAKSI


            Yupss kali ini aku akan membahas mengenai Laju Reaksi. Wah apa itu yaa Laju Reaksi???? Bagi kalian yang sedang duduk di kursi Sekolah Menengan Atas niscaya tau dong yaa minimal pernah denger doong. Nah, aku akan share nih wacana Laju Reaksi ini. Semoga bemanfaat yaa….

Laju reaksi
Laju reaksi yakni berkurangnya konsentrasi pereaksi tiap satuan waktu atau pertambahan konsentrasi hasil reaksi tiap satuan waktu. Laju reaksi dilambangkan dengan huruf  V (V kapital) dengan satuan M/s(molaritas per sekon).
Persamaan laju reaksi secara umum:  V= k[A]x[B]y.

Faktor faktor yang mempengaruhi laju reaksi:
1.      Luas permukaan sentuh
Luas permukaan sentuh mempunyai peranan yang sangat penting, sehingga menjadikan laju reaksi semakin cepat. Semakin kecil ukuran partikel zat padat maka total luas permukaan sentuhan zat padat tersebut semakin besar, sehingga peluang terjadi reaksi juga semakin besar sehingga reaksi berlangsung semakin cepat.
Begitu juga, apabila semakin besar luas permukaan bidang sentuh, maka semakin sering tumbukan yang terjadi antar partikel, sehingga laju reaksi pun semakin cepat. 

2.      Konsentrasi zat-zat yang bereaksi


       Makin besar konsentrasi makin banyak zat-zat yang bereaksi sehingga makin besar kemungkinan terjadinya tumbukan dengandemikian makin besar pula kemungkinan terjadinya reaksi.

3.      Suhu

Pada umumnya reaksi akan berlangsung lebih cepat jikalau suhu dinaikkan. Dengan menaikkan suhu maka energi kinetik molekul-molekul zat yang bereaksi akan bertambah sehingga akan lebih banyak molekul yang mempunyai energi sama atau lebih  besar dari Ea. Dengan demikian lebih banyak molekul yang sanggup mencapai keadaan  transisi atau dengan kata lain kecepatan reaksi menjadi lebih besar. Secara matematis  hubungan antara nilai tetapan laju reaksi (k) terhadap suhu dinyatakan oleh formulasi.

4.      Katalis

     Katalisator yakni zat yang ditambahkan ke dalam suatu reaksi dengan maksudmemperbesar kecepatan reaksi. Katalis terkadang ikut terlibat dalam reaksi tetapi tidak mengalami perubahan kimiawi yang permanen, dengan kata lain pada simpulan reaksikatalis akan dijumpai kembali dalam bentuk dan jumlah yang sama ibarat sebelumreaksi.Fungsi katalis yakni memperbesar kecepatan reaksinya (mempercepat reaksi) dengan jalan memperkecil energi pengaktifan suatu reaksi dan dibentuknya tahap-tahapreaksi yang baru. Dengan menurunnya energi pengaktifan maka pada suhu yang sama reaksi sanggup berlangsung lebih cepat.

Sumber: Purba Michael. 2007. Kimia 2A. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel