Pengertian Gerak Endonom, Nutasi, Rotasi Sitoplasma, & Higroskopis

Seperti halnya hewan, flora juga melaksanakan gerak sebagai jawaban terhadap rangsangan yang diterimanya. Rangsangan tersebut sanggup berasal dari lingkungan maupun dari dalam badan flora sendiri. Salah satu dari gerak flora disebut sebagai gerak Endodom. Apakah gerak endodom itu?
 flora juga melaksanakan gerak sebagai jawaban terhadap rangsangan yang diterimanya Pengertian Gerak Endonom, Nutasi, Rotasi Sitoplasma, & Higroskopis

Gerak Endonom
Pengertian gerak endonom yaitu gerak tumbuahan yang disebabkan oleh rangsangan yang berasal dari dalam badan flora itu sendiri.

Gerak flora yang termasuk Endonom yaitu sebagai berikut:
Gerak Nutasi
Nutasi yaitu gerak ujung batang yang sedang tumbuh atau organ lain menyerupai daun, stolon, tangkai bunga, dan akar. Gerakan organ-organ tersebut membentu lintasan melingkar di udara.

Rotasi Sitoplasma
Gerak rotasi sitoplasma atau disebut siklosis yaitu gerakan memutar yang dilakukan oleh sitoplasma di dalam sel. Gerakan ini terjadi pada sel-sel daun Hydrilla verticillata dengan memakai mikroskop. Melalui pengamatan dengan mikroskop, gerakan sitoplasma ditandai dengan sepertinya gerakan rotasi kloroplas di dalam sitoplasma.

Gerak Higroskopis
Gerakan higrokopis yaitu gerak serpihan flora yang disebabkan oleh perubahan kadar air di dalam serpihan tumbuhan. Contohnya, pecahnya kulit buah polong-polongan, pecahnya kulit buah flora pacar air, dan membukanya kotaj spora flora lumut dan paku ketika mengeluarkan spora.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel