Faktor-Faktor Pendukung Terbentuknya Integrasi

Integrasi yaitu proses sosiologi dan antropologi yang tidak dapat dilakukan dan ditempuh dalam waktu singkat. Integrasi memerlukan proses pembudayaan dan konsensus sosial politik di antara suku bangsa yang ada. Integrasi bangsa harus betul-betul diwujudkan sebab merupakan impian banyak pihak biar tercipta keserasian dan ketertiban. Jangan hingga integrasi itu selalu dibayang-bayangi oleh timbulnya konflik sebab tidak adanya kesadaran akan pentingnya integrasi tersebut.

 Integrasi yaitu proses sosiologi dan antropologi yang tidak dapat dilakukan dan ditempuh  Faktor-faktor Pendukung Terbentuknya Integrasi

Untuk mewujudkan integrasi masyarakat yang betulbetul tangguh maka dibutuhkan adanya nilai-nilai umum yang menjadi pemikiran bagi masyarakat dalam bertindak. Ada beberapa syarat yang dibutuhkan biar integrasi dalam masyarakat tersebut tangguh dan tidak dibayang-bayangi timbulnya konflik. Syarat-syarat tersebut yaitu sebagai berikut:
a. Sebagian besar anggota masyarakat bangsa setuju wacana batas-batas teritorial dari negara sebagai suatukehidupan politik di mana mereka menjadi  warganya.
b. Sebagian besar anggota masyarakat tersebut bersepakat mengenai struktur pemerintahan dan aturan-aturan daripada proses-proses politik yang berlaku bagi seluruh masyarakat di atas wilayah negara tersebut. 

Suatu integrasi nasional yang tangguh hanya akanberkembang di atas konsensus nasional wacana batas-batas suatu masyarakat politik dan sistem politik yang berlaku bagi seluruh masyarakat tersebut. Kemudian suatu konsensus nasional mengenai bagaimana suatu kehidupan bersama sebagai bangsa harus diwujudkan atau diselenggarakan melalui suatu konsensus nasional mengenai sistem nilai yang akan mendasari hubungan-hubungan sosial di antara suatu masyarakat negara.

Integrasi sosial dalam masyarakat akan dapat terwujud apabila ada faktor-faktor sebagai berikut:
a. adanya rasa toleransi, saling menghormati, dan tenggang rasa;
b. terjadinya perkawinan adonan antarsuku;
c. makin pesatnya komunikasi dan transportasi antardaerah;
d. meningkatnya solidaritas sosial yang dipengaruhi intensifnya kolaborasi kelompok dalam masyarakat menghadapi tragedi bersama;
e. fungsi pemerintahan yang makin berjalan baik dan bijaksana terutama yang menyentuh masyarakat bawah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel