Makalah Ihwal Tamadun Melayu



KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam yang telah memperlihatkan hidayah dan anugerahnya sehingga saya sanggup menyusun makalah TAMADUN MELAYU (ISLAM DAN PENGARUHNYA) yang telah diberikan oleh dosen pengampu  yaitu (Bpk SUNANDAR M.Hum). Selain itu, kami  juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak atau rujukan yang ikut serta membantu dalam pembuatan makalah TAMADUN MELAYU (ISLAM DAN PENGARUHNYA) ini sehingga makalah ini sanggup tersusun.
Dengan terbatasnya waktu, pengetahuan, serta buku (referensi) untuk penyusunan kiprah terstruktur ini,maka saya mengalami sedikit kesulitan untuk menyajikan sebuah makalah dengan bahasan yang lengkap.dengan keterbatasan itu,maka makalah ini cenderung lebih menekankan pada pembahasan pokok
Saya juga menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangannya sehingga masih jauh dari kesempurnaan, Oleh alasannya ialah itu, kritik dan sarannya dari pembaca demi kesempurnaan makalah yang saya  susun ini sangatlah diharapkan.
Semoga kita selalu dalam bimbingan Allah SWT Tuhan yang Maha Esa.















BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Keberadaan islam di rantau melayu yang terdiri dari daratan dan kepulauan yang banyak jumlah nya telah Berjaya membina satu imej gres kepada masarakat rantau melayu. Alam melayu Berjaya menampilkan sebuah tamadun yang gemilang terutama sesudah kedatangan islam ke rantau ini. Umat melayu Berjaya membina kecemerlangan dan ke gemilangan dalam banyak sekali bidang di mulai dengan ke agungan pemerintahan, kemantapan ekonomi dan kemurnian budaya serta social. Kejayaan ini di bina oleh generasi awal berasaskan pemahaman agama islam yang berteras tauhid.
Sebelum islam Berjaya di bangsa melayu, bangsa melayu memiliki sejarah sebelum masuknya islam, kedatangan islam dan efek agama islam terhadap tamadun melayu. Dan orang sering mengaitkan bahwa melayu itu beragama islam dan dari sinilah pemakalah akan mengulas pembahasan islam san hubungan dengan tamaddun melayu.
Pengertian tamadun yang berasal dari kata Arab “maddana” yang berarti peradaban, sanggup diartikan sebagai keadaan atau kondisi kehidupan bermasyarakat yang bertambah maju. Oleh karenanya, melalui Pusat Kajian Tamadun Melayu Nusantara, banyak sekali fenomena yang terkait dengan kehidupan masyarakat Melayu, serta banyak sekali aspek yang menyertainya akan dipelajari, dikaji diteliti, dan dikembangkan oleh para peneliti baik yang berasal dari UI maupun dari luar UI. Berbagai hasil penelitian yang nantinya akan dihasilkan oleh Pusat Kajian Tamadun Melayu Nusantara sanggup memperlihatkan pinjaman atau donasi yang signifikan bagi UI yang telah mencanangkan sebagai universitas riset yang bertaraf nasional maupun internasional.
Hal yang menarik ialah penelitian perihal Tamadun Melayu Nusantara sanggup dilakukan dengan pendekatan yang bersifat multidisiplin atau interdisiplin. Untuk itulah diharapkan juga suatu obrolan kritis melalui banyak sekali kerjasama dari banyak sekali pihak, baik institusi UI maupun institusi di luar UI, biar penelitian perihal Tamadun Melayu Nusantara sanggup bermanfaat secara pragmatis bagi pendidikan, penelitian, dan masyarakat luas yang membutuhkan wawasan kajian Tamadun Melayu Nusantara dengan benar.

 Halaman selanjutnya  HAL...1   HAL...2   HAL...3    HAL...4

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel