20 Rujukan Barang Komplementer, Gambar, Dan Penjelasannya

Di artikel sebelumnya kita telah membahas ihwal beberapa pola barang substitusi, sehingga di artikel kali ini kita akan melanjutkan pembahasannya, yaitu ihwal pola barang komplementer. Nah, apakah Anda sudah tahu ihwal apa yang dimaksud dengan barang komplementer itu? Apa saja contoh barang komplementer yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari? Ketahui jawabannya pada pembahasan berikut.

Contoh Barang Komplementer

Jika barang substitusi didefinisikan sebagai barang yang mempunyai relasi sanggup saling menggantikan, maka pengertian barang komplementer adalah barang yang mempunyai relasi saling melengkapi dengan barang lain.

Di artikel sebelumnya kita telah membahas ihwal beberapa pola barang substitusi 20 Contoh Barang Komplementer, Gambar, dan Penjelasannya

Ada banyak pola barang yang mempunyai relasi komplementer atau saling melengkapi satu sama lain sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia. Apa saja ya?

1. Gula dan Kopi

Pernah menciptakan segelas kopi? Anda tentu butuh gula dan kopi bukan? Gula dan kopi yaitu 2 pola barang komplementer atau saling melengkapi. Bila hanya ada gula, maka Anda hanya sanggup menciptakan air gula, sementara bila hanya ada kopi, Anda hanya sanggup menciptakan kopi yang pahitnya luar bisa.

2. Dispenser dan Galon

Galon dan dispenser juga merupakan 2 barang yang saling berkomplementer. Jika hanya ada galon, Anda niscaya akan kesulitan ketika menuangkan air ke dalam gelas. Begitupun bila hanya ada dispenser, air apa yang hendak Anda tuangkan. Betul khan?

3. Handphone dan Charger

Saat ini, semua orang mempunyai handphone atau ponsel. Handphone tersebut tidak akan berfungsi bila baterainya tidak mempunyai daya. Dibutuhkan charger untuk mengecharge-nya. Begitupun bila hanya ada charger, kita tidak akan mendapat manfaat apa-apa dari keberadaannya. Keduanya termasuk pola barang komplementer yang saling melengkapi.

4. Buku dan Pensil

Buku tulis dan pensil yang Anda bawa sehari-hari ke sekolah juga termasuk pola barang komplementer. Anda tidak akan sanggup menulis apa yang disampaikan oleh guru di kelas bila tidak mempunyai keduanya.

5. Kompor dan Gas

Saat memasak di dapur, Anda tentu memakai 2 alat utama yaitu kompor dan gas yang berada di dalam tabung. Jika salah satu di antara keduanya tidak ada, contohnya gas dalam tabung habis, maka kompor niscaya tidak akan sanggup menyala dan Anda pun niscaya tidak jadi memasak. Begitupula sebaliknya.

6. Motor dan Bensin

Motor sanggup bergerak dan dikendarai alasannya yaitu adanya materi bakar yang dikonsumsinya. Bila tanpa materi bakar, maka dipastikan motor harus didorong untuk sanggup melaju, sehingga kebutuhan kita dalam hal transportasi tidak akan terpenuhi. Begitupun bila hanya ada bensin, kita juga tidak akan sanggup bertransportasi dengan mengandalkannya saja.

7. TV dan Antena

Kita sanggup menonton TV dirumah bukan semata-mata alasannya yaitu hanya ada TV saja. Untuk memperoleh gambar yang bening dan cerah, kita membutuhkan antena yang biasanya terpasang di luar rumah. Antara TV dan antena mempunyai relasi yang saling melengkapi dengan kata lain keduanya termasuk pola barang komplementer sebagai alat pemenuhan kebutuhan insan dalam hal hiburan.

Nah, demikianlah sekilas pembahasan yang dapat  kami sampaikan ihwal pengertian dan pola barang komplementer. Semoga sanggup dipahami dengan baik, sehingga Anda sanggup menuliskan beberapa pola barang komplementer lainnya yang terdapat di sekitar lingkungan Anda. Salam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel