20 Rujukan Barang Substitusi, Gambar, Dan Pengertiannya

Menurut hubungannya dengan barang lain, barang sanggup dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu barang substitusi dan barang komplementer. Apakah barang subsitusi dan barang komplementer itu? Seperti apa contoh barang substitusi dan menyerupai apa pola barang komplementer? Di artikel kali ini kalian akan mendapat jawabannya. Silakan disimak dengan seksama!

Contoh Barang Substitusi

Dirunut dari pengertiannya, sanggup diartikan bahwa barang subsitusi adalah barang yang mempunyai korelasi sanggup saling menggantikan dengan barang lain. Bila suatu barang tidak ada, maka barang subsitusi akan sanggup menggantikan fungsi dan perannya.

 yaitu barang substitusi dan barang komplementer 20 Contoh Barang Substitusi, Gambar, dan Pengertiannya

Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat beberapa pola barang subsitusi yang sering kita manfaatkan. Berikut contoh-contoh tersebut lengkap dengan penjelasannya.

1. Nasi dan Mie Instan

Contoh barang subsitusi yang pertama yaitu antara nasi dan mie instan. Saat lapar kita butuh makan. Meskipun makanan pokok kita yaitu nasi dilengkapi dengan bermacam-macam sayur dan lauk pauk, namun dalam kondisi mendesak, kita sanggup menggantikannya dengan mie instan. Mie instan mempunyai fungsi yang sama dengan nasi, yaitu sebagai sumber energi untuk kegiatan sehari-hari.

2. Pulpen dan Spidol

Saat tinta pulpen habis dan tak mungkin lagi untuk membelinya di warung, Anda tetap sanggup memanfaatkan spidol di tas Anda untuk menulis. Fungsi pulpen secara sederhana sanggup tergantikan oleh keberadaan spidol. Kendatipun goresan pena yang dihasilkan akan berukuran lain, namun tetap saja keduanya sanggup saling menggantikan.

3. Laptop dan Komputer

Laptop dipakai untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Bila laptopmu suatu dikala rusak alasannya terkena virus atau hambatan lainnya, kau tetap sanggup mengerjakan kiprah sekolah dengan memanfaatkan komputer ayahmu dirumah. Antara laptop dan komputer saling mempunyai fungsi yang sama, oleh alhasil korelasi keduanya sanggup dijadikan pola barang substitusi.

4. Santan Kelapa dan Santan Kemasan

Pernahkah suatu dikala ibumu hendak menciptakan kolak, kemudian kehabisan kelapa di pasar? Jika iya, apakah ibumu menggagalkan rencananya? Tentu tidak bukan? Karena kelapa yang hendak diambil santannya tidak tersedia, ibumu niscaya akan membeli santan kemasan. Santan kelapa digantikan dengan santan kemasan untuk menciptakan kolak yang bagus dan lezat alasannya keduanya mempunyai fungsi dan kegunaan yang sama.

5. Premium dan Pertalite

Pernahkah kau jalan-jalan ke kota dan mobilmu mampir ke SPBU untuk mengisi materi bakar? Jika ia, kau tentu mengenal yang namanya premium dan pertalite. Premium atau bensin dipakai sebagai materi bakar kendaraan bermotor. Ketersediaannya kadang kali sangat langka sehingga para pengendara umumnya akan menggantikan kiprah premium dengan pertalite. Pertalite mempunyai fungsi dan kegunaan yang sama dengan premium meskipun harganya lebih mahal. Oleh alasannya itu, korelasi antara premium dan pertalite sanggup dikatakan sebagai korelasi pola barang substistusi.

6. Gelas dan Cangkir

Pernahkah dikala Anda hendak minum, gelas di rumah Anda kotor semua? Jika pernah, berarti niscaya Anda akan menggantikan kiprah gelas dengan cangkir yang ada. Gelas dan cangkir sanggup saling menggantikan alasannya keduanya mempunyai fungsi yang tidak jauh berbeda, oleh alasannya itu keduanya juga termasuk pola barang substitusi.

7. Minyak Goreng dan Margarine

Ketika hendak menumis sayuran dan minyak goreng di dapur ternyata habis, maka kita sanggup menggantikan fungsinya dengan margarine atau mentega. Keduanya sanggup dipakai untuk menggoreng bumbu-bumbu tumisan sehingga kita sanggup melanjutkan memasak.
Nah, itulah 7 contoh barang substitusi beserta pengertian dan penjelasannya? Sudah cukup paham bukan? Jika paham, silakan tuliskan beberapa pola barang substitusi lainnya yang ada dan sering Anda gunakan sehari-hari di kolom komentar. Terakhir, mari kita lanjutkan membaca ke artikel selanjutnya yakni perihal contoh barang komplementer. Salam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel