20 Pola Kebutuhan Primer, Gambar, Dan Penjelasannya

Contoh Kebutuhan Primer - Berdasarkan hierarki kepentingan dan kegentinganya, kebutuhan insan sanggup dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Apakah kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier itu? Bagaimana perbedaan dari 3 jenis kebutuhan tersebut? Seperti apa contoh-contohnya? Untuk tahu jawabannya, silakan simak pembahasan berikut ini!

Contoh Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer berarti kebutuhan yang utama, dengan demikian kebutuhan primer ialah kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh insan untuk sanggup bertahan hidup. Bila kebutuhan ini tidak dipenuhi, maka kelangsungan hidup seseorang akan terancam. Sebelum memenuhi kebutuhan hidup lainnya, kebutuhan primer menjadi bab yang sangat wajib untuk dipenuhi biar mereka tidak mati.

 Berdasarkan hierarki kepentingan dan kegentinganya 20 Contoh Kebutuhan Primer, Gambar, dan Penjelasannya

Ada beberapa teladan kebutuhan primer yang setiap hari kita penuhi dalam kehidupan kita, di antaranya ialah pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, keamanan, dan energi. Berikut ini gambar dan klarifikasi dari masing-masing teladan kebutuhan primer tersebut.

1. Pangan

Pangan berarti makanan. Kebutuhan akan kuliner termasuk teladan kebutuhan primer alasannya ialah bila kita tidak makan, terlebih dalam jangka waktu yang usang maka kita akan lapar, sakit, kemudian kelangsungan hidup kita terancam. Kebutuhan akan pangan menjadi kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Dengan makan kita sanggup menjaga kelangsungan hidup kita dan sanggup terus bekerja.

2. Sandang

Selain pangan, sandang atau pakaian juga termasuk teladan kebutuhan primer bagi manusia. Dalam kehidupan modern ibarat kini ini, sandang bukan hanya berfungsi sebagai pemberian diri dari suhu udara dan penyakit, melainkan juga berfungsi untuk memenuhi norma dan nilai-nilai kepantasan sebagai seorang manusia.

3. Papan

Papan berarti rumah. Kebutuhan akan rumah juga termasuk kebutuhan yang sangat penting. Rumah sebagai daerah bernaung dari terik matahari dan hujan ialah hak dasar yang harus dipenuhi setiap keluarga. Rumah juga menjadi sarana berkumpul dan pemberian diri dari kondisi luar lingkungan. Manusia purba di zaman pra sejarah dulu juga memenuhi teladan kebutuhan primer ini dengan memanfaatkan goa-goa sebagai huniannya.

4. Kesehatan

Kebutuhan akan kesehatan mutlak dipenuhi setiap orang untuk sanggup bertahan hidup. Jika sakit, seseorang harus berobat dan dirawat biar nyawanya tertolong dan sanggup terus melanjutkan hidup. Tidak terbatas pada itu, kebutuhan akan kesehatan juga meliputi pada hak-hak dasar lainnya ibarat kuliner yang sehat, hunian yang sehat, pola hidup sehat, dan lain sebagainya.

5. Pendidikan

Untuk sanggup bersaing di kurun modern ini, seseorang harus mengenyam pendidikan yang layak. Itulah alasan mengapa ayah dan ibu Anda menyekolahkan Anda dikala ini. Tanpa pendidikan yang layak seseorang akan kalah bersaing dengan orang lainnya sehingga kesempatannya untuk sanggup bertahan hidup dengan persaingan yang berat niscaya akan semakin sulit. Oleh alhasil pendidikan juga termasuk teladan kebutuhan primer untuk Anda.

6. Keamanan

Keamanan, ketentraman, dan keselamatan seseorang mutlak diperlukan setiap manusia. Bagaimana seseorang akan hidup dengan nyaman bila di sekitar lingkungannya rusuh, rawan kejahatan, dan sering terjadi kekerasan. Tentu ini juga merupakan teladan kebutuhan primer bagi kita, kendati begitu keamanan setiap warga negara telah dijamin oleh negara melalui undang-undang yang ada.

7. Energi

Kebutuhan akan energi menjadi sangat penting di masa kini ini. tanpa adanya energi roda kehidupan akan lumpuh total. Bayangkan bila tidak ada bensin atau solar, tidak akan ada kendaraan yang bersliweran mendistribusikan materi pangan. Begitupun bila tidak ada gas LPG yang dijual lagi, ibu Anda mungkin tidak akan sanggup memasak sarapan untuk Anda dan keluarga. Begitupun dengan kebutuhan akan listrik. Nah, oleh alasannya ialah itu tentu masuk akal bila kebutuhan akan energi menjadi salah satu teladan kebutuhan primer bagi insan yang wajib dipenuhi.

Nah, demikianlah beberapa teladan kebutuhan primer yang sehari-hari kita gunakan. Sebagai seorang pelajar, kebutuhan primer Anda tentu masih dipenuhi oleh orang tua. Oleh karenanya, berterimakasihlah kepada mereka dikarenakan telah memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut sehingga Anda tetap sanggup hidup dan bersekolah. Berterimakasihlah dengan cara berbakti kepadanya, ikuti perintah dan jauhi larangannya. Semoga bermanfaat dan silakan lanjutkan membaca di artikel berikutnya wacana contoh kebutuhan sekunder.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel