Cara Menerapkan Rumus Perhitungan Dalam Microsoft Word
Walaupun intinya Microsoft Word ialah aplikasi pengolah kata (Word Processor), namun pada Microsoft Word pun sudah dilengkapi dengan rumus dan fungsi untuk melaksanakan perhitungan sebagaimana layaknya dalam Microsoft Excel, menyerupai cara menjumlahkan, cara mengalikan, cara membagi, prosentase dan perhitungan-perhitungan lainnya.
Karena lembar kerja dokumen Microsoft Word tidak mempunyai kolom, baris dan sel menyerupai pada Excel, maka untuk sanggup melaksanakan perhitungan dalam Microsoft Word, data-data angka yang mau dihitung harus dimasukkan ke dalam sebuah tabel terlebih lampau. Artinya kita gres sanggup melaksanakan perhitungan dalam Word bila data angka tersebut ada di dalam sebuah tabel.
1. Teknik Mengalikan dalam Microsoft Word
Langkah langkah cara untuk melaksanakan perhitungan perkalian data angka pada tabel Microsoft Word sangat tidak sama dengan cara menjumlahkan dalam Microsoft Excel. Di bawah ini ialah pola tabel pada Word yang data angkanya akan kita kalkulasi.
Untuk kolom Pendapatan pada tabel di atas kita akan mengisinya dengan hasil kali antara Jumlah Terjual dengan Harga Satuan. Berikut langkah-langkahnya
- Klik pada baris pertama di kolom Pendapatan untuk menghitung penjualan CD Tutorial Microsoft Word 2019
- Klik pada tab Layout
- Klik sajian Formula yang ada pada grup Data di sebelah kanan, maka akan muncul kotak obrolan sebagai diberikut
- Pada area teks Formula (ditunjuk no.1), hapus apapun teks yang muncul sehingga spesialuntuk menyisakan tanda sama dengan (=) saja
- Klik anak panah pada area teks Paste function: (ditunjuk no.3), kemudian pilih PRODUCT
- Pada dua tanda kurung yang ada di depan kata PRODUCT(), isi dengan kata LEFT sehingga pada kotak teks Formula terisi fungsi menyerupai ini =PRODUCT(LEFT)
- Selanjutnya silakan klik anak panah yang ada di sisi kanan kotak area Number format:, silakan pilih model format penulisan angka hasil perhitungan yang diinginkan, contohnya kita pilih bentuk menyerupai ini #.##0.00
- Klik tombol OK, maka hasil perhitungannya akan menyerupai di bawah ini
- Untuk menghitung pada No. 2 (CD Tutorial PowerPoint 2019) dan seterusnya, tempatkan kursor pada sel yang mau diisi dengan hasil perhitungan
- Tekan tombol F4 pada keyboard, untuk melaksanakan pengulangan perintah terakhir
Catatan:
- Bentuk format #.##0 akan menampilkan hasil perhitungan dengan format tanpa digit desimal atau tanpa angka di belakang koma, pola 87.500
- Bentuk format #.##0.00 akan menampilkan hasil perhitungan dengan format dua digit angka belakang koma, pola 87.500,00
- Bentuk format $#.##0.00 akan menampilkan hasil perhitungan dengan format mata uang dan dua digit angka di belakang koma, pola $87.500,00
2. Teknik Menjumlahkan dalam Microsoft Word
Rumus untuk operasi penjumlahan pada Word ada kemiripan dengan di Excel, yaitu memakai fungsi =SUM() spesialuntuk caranya yang sedikit tidak sama. Silakan perhatikan tabel Word di bawah ini
Misalnya kita akan menjumlahkan tiruana hasil penjualan yang akan ditempatkan pada baris Total Pendapatan
- Klik pada baris ke tujuh yaitu pada Total Pendapatan
- Klik pada tab Layout
- Klik sajian Formula yang ada pada grup Data di sebelah kanan, pada kotak obrolan Formula isikan data diberikut
- Pada area teks Formula, hapus apapun teks yang muncul sehingga spesialuntuk menyisakan tanda sama dengan (=) saja
- Klik anak panah pada area teks Paste function, kemudian pilih SUM
- Pada dua tanda kurung yang ada di depan kata SUM(), isi dengan kata ABOVE, sehingga pada kotak teks Formula terisi fungsi menyerupai ini =SUM(ABOVE)
- Selanjutnya silakan klik anak panah yang ada di sisi kanan kotak area Number format, silakan pilih model format penulisan angka hasil perhitungan yang diinginkan, contohnya kita pilih bentuk menyerupai ini #.##0.00
- Klik tombol OK, maka hasil perhitungannya akan menyerupai pada gambar tabel di bab tiga diberikut
3. Teknik Menghitung Peresentase dalam Microsoft Word
Misalkan kita akan menghitung nilai PPN dari Total Pendapatan menyerupai pada tabel Word di bawah ini
Pada tabel di atas nilai untuk hasil PPN 10% akan ditempatkan pada baris ke delapan kolom B. Kenapa kolom Pendapatan pada baris PPN 10% ini bermetamorfosis kolom B, alasannya ialah empat kolom di belakangnya yaitu kolom Nomor (A), kolom Nama Barang (B), kolom Jumlah Terjual (C) dan kolom Harga Satuan (D) sudah digabungkan (Marge Cells).
Pada tabel Word di atas mulai baris ke tujuh menjadi spesialuntuk terdiri dari dua kolom, sedangkan pada baris ke satu hingga ke enam masih terdiri dari lima kolom, dengan demikian maka sel untuk menempatkan hasil perhitungan PPN 10% berada di sel B8.
Jadi cara untuk menghitung besarnya nilai PPN 10% pada sel B8 tersebut ialah sebagai diberikut:
- Klik pada sel B8 yaitu pada kolom Pendapatan baris PPN 10%
- Klik pada tab Layout
- Klik sajian Formula yang ada pada grup Data di sebelah kanan, pada kotak obrolan Formula isikan data diberikut
- Pada area teks Formula, tuliskan fungsi menyerupai ini: =B8*(10/100)
- Klik anak panah yang ada di sisi kanan kotak area Number format, silakan pilih model format penulisan angka hasil perhitungan yang diinginkan, contohnya kita pilih bentuk menyerupai ini #.##0.00
- Klik tombol OK, maka hasil perhitungannya akan menyerupai pada gambar tabel di bab empat diberikut
4. Teknik Melakukan Pengurangan dalam Microsoft Word
Perhatikan tabel Word di bawah ini
Kita akan menghitung Pendapatan Bersih dari Total Pendapatan sehabis dikurangi PPN 10%
- Klik pada sel B9 yaitu pada kolom Pendapatan baris Pendapatan Bersih
- Klik pada tab Layout
- Klik sajian Formula yang ada pada grup Data di sebelah kanan, pada kotak obrolan Formula isikan data diberikut
- Pada area teks Formula, tuliskan fungsi menyerupai ini: =B7-B8
- Klik anak panah yang ada di sisi kanan kotak area Number format, silakan pilih model format penulisan angka hasil perhitungan yang diinginkan, contohnya kita pilih bentuk menyerupai ini #.##0.00
- Klik tombol OK, maka hasil perhitungannya akan menyerupai di bawah ini
5. Teknik Mencari Nilai Rata-rata dalam Microsoft Word
Perhatikan tabel Word di bawah ini
Kita akan menghitung nilai rata-rata dari Jumlah seluruh penjualan
- Klik pada sel B7 yaitu pada kolom Jumlah Terjual baris Rata-Rata
- Klik pada tab Layout
- Klik sajian Formula yang ada pada grup Data di sebelah kanan, pada kotak obrolan Formula isikan data diberikut
- Pada area teks Formula, tuliskan fungsi menyerupai ini: =AVERAGE(ABOVE)
- Klik anak panah yang ada di sisi kanan kotak area Number format, silakan pilih model format penulisan angka hasil perhitungan yang diinginkan, contohnya kita pilih bentuk menyerupai ini 0
- Klik tombol OK, maka hasil perhitungannya akan menyerupai di bawah ini
Lakukan hal yang sama untuk mencari Nilai Tertinggi dan Nilai Terendah pada tabel Word tersebut.
Fungsi untuk mencari Nilai Tertinggi yaitu =MAX(ABOVE)
Fungsi untuk mencari Nilai Terendah yaitu =MIN(ABOVE)
Demikian tutorial lengkap Teknik Mengunci File Dokumen dengan Password, supaya tutorial ini bermanfaa. Jika ada pertanyaan atau masukan silakan tuliskan dalam komentar. melaluiataubersamaini bahagia hati BossTutorial akan membalas secepat yang kami bisa.
Terimakasih sudah mampir ke blog di https://bosstutorial.com