Aspek Aspek Globalisasi



Aspek-Aspek Positif dan Negatif dari Globalisasi


Berkembangnya atus globalisasi terperinci menawarkan dampak pada kebudayaan manusia. Banyak yang terlihat terperinci dalam perubahan dan pegeseran pola hidup masyarakat, yaitu:
a. Agraris tradisional menjadi masyarakat industri modern;
b. Kehidupan berasaskan kebersamaan menjadi kehidupan individualis;
c. Kehidupan lamban menjadi kehidupan serba cepat;
d. Kehidupan berasaskan nilai sosial menjadi konsumeris menjadi materialis;
e. Kehidupan yang bergantung apda alam menjadi kehidupan yang menguasai alam

Dari pola tersebut, terdapat beberapa macam imbas terhadap kehidupan masyarakat, dibagi menjadi 2 aspek, yaitu aspek positif dan aspek negatif.

a. Aspek Positif
Beberapa aspek positif dari perkembangan teknologi dan arus globalisasi”
1) Pola Hidup yang serba cepat
Teknologi menawarkan manfaat waktu bagi masyarakat, contohnya dalam bidang pertanian, petani yang awalnya memanen padinya 6 bulan sekali kini sudah sanggup memanenkan 3 bulan sekali, kemudian dalam bidang masakan bnayk produk masakan siap saji (serba instant).
2) Pesatnya Perkembangan Informasi dan Transformasi
Manfaat yang sanggup diperoleh masyarakat dengan adanya perkembangan informasi sangat banyak, contohnya dengan adanya internet anda sanggup mencari ilmu pengetahuan secara grats dan berlimpah.
Selain itu, perkembangan teknologi transformasi yang semakin cepat dan akurat, contohnya dengan adanya pesawat terbang kita sanggup lebih cepat
3) Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Melimpah
Dengan adanya pemanfaatan sumber daya alam akan menawarkan peluang pekerjaan bagi masyarakat, contohnya pemanfaatan sumber daya emas oleh PT Freport di Papua akan memberiakan peluang pekerja bagi masyarakat Papua itu sendiri.

b. Aspek Negatif
Perkembangan teknologi juga emberikan dampak negatif bagi kebudayaan masyarakat, dampak tersebut sebagai berikut:
1) Beralihnya Masyarakat Agraris Menjadi Masyarakat Industri Modern
Banyak industri modern berdampak pada kebutuhan tenga kerja yang sangatr banyak sehingga masyarakat yang awalnya bekerja sebagai petani beralih pekerjaan menjadi buruh pabrik.
2) Perubahan dari kehidupan Berasaskan Kebersamaan Menjadi Kehidupan Individualis.
Hal ini terjadi alasannya kesibukan masyarakat yang sudah bersifat materialistis dan melupakan kehidupan sosialnya.
3) Masuknya Pola Hidup budaya barat
Dampak Negatifnya ibarat masuknya budaya barat yang bertolak belakang dengan budaya timur yang sederhana, sopan, dan santun.
Fenomena anak melawan kepada orang tua, murid yang mengancam guru, perkelahian antara pelajar, model pakaian yang tidak sesuai, dan pemakaian pelengkap perempuan oleh pria merupakan sikap menyimpang sebagai dampak negatif dari kala globalisasi dan arus informasi yang tidak terbendung. Pendapat Selo Sumardjan bahwa perubahan budaya yang cepat dan saling menyusul menimbulkan suasana yang berkepanjangan. Suasana anomi ialah suasana saat masyarakat yang sedang mengalami perubahan budaya yang tidak mgnetahui secara terperinci nilai-nilai budaya mana yang perlu diambil dan mana yang ahrus dikembangkan.



Aspek-Aspek Globalisasi Berdasarkan Bidang

1.    Globalisasi Informasi dan Komunikasi :
Informasi dan komunikasi yang didukung tekhnologi canggih semakin efisien dan efektif.  Contoh : Telepon, Radio, Televisi, Internet sanggup mengatasi jarak jauh menjadi dekat,dapat dipakai berkomunikasi antar warga suatu negara dengan nwarga negara lain yang saling berjauhan. Barang yang ditawarkan lewat televisi dankoran lebih gampang dikenal konsumen.  Industri wisata suatu negara ditawarkan lewat media massa sehingga meningkatkan arus wisatawan, pernyataan seseorang dengan cepat sanggup disiarkan lewat radio, Tv , koran dan internet.
2.    Globalisasi Ekonomi :
Globalisasi ekonomi merupakan pengintegrasian ekonomi nasional bangsa-bangsa kedalam sistem ekonomi global baik yang menyangkut pasokan, usul transportasii, tenaga kerja, materi mentah, distribusi serta pemasran.  Globalisasi ekonomi menghendaki persaingan bebas melalui prosedur pasar sehingga mekainisme oasar itulah yang memilih apakah produk dari sebuah negara sanggup bersaing atau tidak.  Pola ekonomi globalinilah yang memunculkan  neoliberalisme.  Pasar dikuasai negara maju dan negara miskin semakin terpinggirkan sehingga menimbulkan kesenjangan ekonomi.  Oleh alasannya itu globalisasi ekonomi  jauh dari keadilan sosial, serta jauh dari kesejahteraan rakyat baik secara nasional maupun internasional.
3.    Globalisasi Hukum :
Globalisasi adalah  mengaburkan batas-batas kenegaraan dibidang aturan sehingga tidakada lagi negara yang sanggup mengklaim bahwa ia menganut sistem hukumnasional secara absolut.  Kini telah terjadi saling menghipnotis antar sistem hukum, termasuk Indonesia. Contoh  Adanya aspirasi masyarakat yang menghendaki adanya perubahan dan keadilan.
4.    Globalisasi Politik :
Globalisasi politik menyangkut informasi demokratisasi dan hak asasi manusia.  Kesadaran warganegara diberbagai bagian dunia untuk berartisipasi di bidang politik semakin meningkat, demikian halnya dengan HAM yaitu kemampuan dan kesadaran untuk menghargai HAM dan menegakkannya semakin tumbuh dimana-mana.
5.    Globalisasi Ilmu Pengetahuan :
Masa depan ialah peradaban yang didominasi ilmu pengetahuan.  IPTEK menjadi sumber kekuatan untuk mewujudkan kemakmuran.  Globalisasi IPTEK memunculkan kesadaran pentinfgnya pemamfaatan ilmu pengetahuan dan tekhnologi untuk mengolah potensi alam untuk kemaslahatan hidup orang banyak.  Seperti rekayasa genetika, kloning, perkembangan komputer, dll.
6.    Globalisasi Budaya :
Globalisasi budaya melalui Tv, film, musik dllmenyebabkan pertemuannya budaya-budaya dari banyak sekali negarayang sanggup menyebabkan  fusi atau peleburan menjadi budaya gres yang produktif. Globalisasi sanggup membantu menegakkan kembali asal ususl etnis,membangkitkan tradisi dan landasan-landasan religius.  Tetapi globalisasi budaya juga sanggup menimbulkan banyak sekali gaya hiduppermisif yaitu  gaya hidup yang tidak perduli pada nilai moral dan etika.
7.    Glonalisasi Agama :
Globalisasi sanggup menyentuh agama-agama ,terutama yang berkaitan dengan norma, nilai, dan makna agama... Disastu sisi dengan kemajuan informasi dan telekomunikasi sanggup berakibatpositif bagi agama-agama, misalnya, penyiaran nilai-nilai agama dan sebaliknya menyiarkan jauh dari nilai keagamaan serta sanggup menimbulkan singkritisme atau mencari alternatif kepercayaan lainnya yang mereka yakini.


Silahkan Klik disini! untuk Sejarah dan Proses Globalisasi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel