Perubahan Fisika Dan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Perubahan Fisika dan perubahan kimia terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Kita sanggup mengamatinya secara pribadi dan memilih termasuk ke dalam jenis apakah perubahan-perubahan yang terjadi itu. Apakah itu merupakan perubahan fisika atau kimia dan disebabkan oleh apakah perubahan itu kita akan membahasnya. Contoh-contoh perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebai berikut.
Perubahan Fisika dan perubahan kimia terjadi dalam kehidupan sehari Perubahan Fisika dan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari
Peristiwa Perubahan Fisika dalam Kehidupan Sehari-hari
Peristiwa perubahan fisika sanggup terjadi lantaran perubahan wujud zat, perubahan bentuk, perubahan ukuran, perubahan volume, perubahan bentuk energi, dan pelarutan. Agar lebih jelas, pelajari uraian berikut.

a. Peristiwa Perubahan Fisika lantaran Perubahan Wujud.
Peristiwa perubahan fisika yang mengakibatkan perubahan wujud sanggup terjadi lantaran imbas pemanasan. Materi yang telah mengalami perubahan fisika lantaran perubahan wujud dpat dikembalikan ke wujud semula. COntoh perubahan fisika lantaran perubahan wujud, antara lain:
- Es berwujud padat jikalau dibiarkan ditempat terbuka akan berubah wujud menjadi cair.
- Air jikalau dipanaskan akan berubah wujud menjadi uap.
- EMbun terjadi lantaran uap air di udara melepaskan panas dan menjadi air.
- Kapur barus jikalau dibiarkan di kawasan terbuka akan menyublim menjadi gas.

b. Peristiwa Perubahan Fisika lantaran Perubahan Bentuk
Tukang kayu mengubah kayu menjadi dingklik dan meja. Perubahan materi dari kayu menjadi dingklik termasuk perubahan fisika. Hal ini lantaran kayu hanya mengalami perubahan bentuk saja, sednagkan sifatnya tidak berubah. Contoh lain yaitu perubahan materi aluminium menjadi teko, sendok, dan panci. Hal ini termasuk perubahan fisika lantaran aluminium hanya mengalami perubahan bentuk saja, sedangkan sifatnya tidak berubah.

c. Peristiwa Perubahan Fisika lantaran Perubahan Ukuran
Contoh perubahan fisika lantaran perubahan ukuran yaitu biji kopi yang digiling menjadi serbuk kopi dan kerikil yang dipecah-pecah. Sifat kopi tidak berubah, yang berubah hanya ukurannya. Demikian juga kerikil yang dipecah-pecah.

d. Peristiwa Perubahanis Fika lantaran Pearubahan Volume
Contohnya yaitu air raksa atau alkohol dalam termometer memuai jikalau menyentuh permukaan yang panas sehingga sanggup dipakai sebagai pengukur suhu. Sifat raksa dan alkohol tidak berubah meskipun mengalami pemuaian.

e. Peristiwa Perubahan Fisika lantaran Perubahan Bentuk Energi
Ingat bahwa energi tidak sanggup dihilangkan dan juga tidak sanggup diciptakan. Energi hanya sanggup diubah dari bentuk satu ke bentuk yang lain. COntoh: lampu pijar menyala dan kipas angin bergerak.

f. Peristiwa Perubahan Fisika lantaran Pelarutan
Dalam proses tergolong perubahan fisika lantaran pelarutan. Contoh lain perubahan fisika lantaran pelarutan yaitu proses menciptakan kopi. Rasa kopi sehabis dilarutkan dalam air tetap sama atau tidak berubah.

Peristiwa Perubahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari
Hal-hal apa saja yang sanggup mengakibatkan perubahan kimia? Perubahan kimia sanggup terjadi lantaran kejadian pembakaran, perkaratan, dan pembusukan.

a. Peristiwa Perubahan Kimia lantaran Pembakaran
Salah satu perubahan kimia yang sering kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari yaitu kejadian pembakaran. Pembakaran yaitu raksi kimia antara materi yang terbakar dengan oksigen. Oleh lantaran itu, reaksi pembakaran sering disebut reaksi oksidasi.

Reaksi pembakaran banyak dipakai sebagai sumber energi. Misalnya pembakaran bensin di dalam mesin kendaraan beroda empat sanggup menghasilkan energi gerak sehingga kendaraan beroda empat sanggup bergerak. Peristiwa perubahan kimia lantaran pembakaran juga terjadi dalam tubuh. Bahan masakan yang telah dimakan, diproses dalam badan dengan cara pembakaran sehingga menghasilkan energi yang sanggup dimanfaatkan untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari.

b. Peristiwa Perubahan Kimia lantaran Perkaratan
Apakah yang dimaksud dengan kejadian itu? Perkaratan yaitu reaksi kimia antara logam dengan udara (oksigen) dan air. Perkaratan merupakan kejadian perubahan kimia lantaran menghasilkan zat yang baru. Paku yang terbuat dari besi jikalau bereaksi dengan udara dan air, maka besi (Fe) tersebut sanggup menjelma karat besi (Fe2O3.nH2O). Sifat besi dan karat besi sangat berbeda. Besi memiliki sifat yang kuat, sedangkan karat besi memiliki sifat yang rapuh.
Faktor-faktor yang mempercepat proses perkaratan antara lain:
- Adanya uap air (udara yang lembap)
- Adanya uap garam atau asam di udara
- Permukaan logam yang tidak rata
- Singgungan dengan logam lain.

Peristiwa perkaratan ini mengakibatkan banyak kerugian lantaran benda-benda yang terbuat dari besi menjadi ringkih dan cepat rusak. Nah, bagaimana cara mencegah kejadian perkaratan pada besi?
Perkaratan pada besi sanggup dicegah dengan cara:
- Menghindarkan kontak pribadi antara benda yang terbuat dari besi dengan oksigen atau air. Ini sanggup dilakukan dengan mengecat, melumuri besi dengan oli, membalut besi dengan plastik, atau melapisi besi dengan timah.
- Memperhalus permukaan logam, contohnya diamplas.
- Mencegah logam semoga tidak terkena uap garam atau asam.
- Menyimpan logam di kawasan kering.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel