Fungsi Rangka Pada Sistem Gerak Manusia

Manusia sanggup bergerak alasannya yaitu dikaruniai alat gerak pada tubuh berupa rangka dan otot. Dengan adanya kolaborasi antara rangka dan otot, insan sanggup berjalan, berlari, melompat, dan sebagainya. Rangka menusia tersusun oleh tulang-tulang yang jumlahnya kurang lebih 200 buah. Tulang-tulang tersebut membentuk sistem yang disebut rangka.

Berdasarkan letak tulang-tulang terhadap sumbu tubuh, rangka insan sanggup dikelompokkan menjadi dua kelompok. Kelompok pertama yaitu rangka aksial yang berada di bab tengah sumbu tubuh. Kelompok kedua, yaitu rangka apendikular yang berada di bab tepi dari sistem rangka aksial. Rangka aksial terdiri atas tulang kepala (tengkorak), ruas-ruas tulang belakang (vertebrae) tulang dada (sternum) dan tulang rusuk (kosta). Rangka Apendikular terdiri atas gelang bahu, anggota gerak atas (tungkai atas), gelang panggul, dan anggota gerak bawah (tungkai bawah).

Fungsi rangka pada insan yaitu sebagai berikut:
1. Pemberi bentuk tubuh.
2. Pembentuk sendi tubuh.
3. Sebagai daerah pelekatan otot-otot.
4. Bekerja sebagai pengungkit.
5. Penyokong berat tubuh serta daya tahan untuk menghadapi dampak tekanan.
6. Sebagai pelindung organ-organ penting.
7. Tempat pembentukan sel-sel darah.
8. Sebagai daerah penyimpanan kalsium.

Baca juga:
- Macam-Macam Tulang
- Pengelompokan Tulang
- Hubungan Antartulang (Artikulasi)
- Kelainan dan Penyakit pada Tulang dan Persendian

Kerangka tubuh insan dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu rangka kepala (tengkorak), rangka badan, dan rangka anggota gerak. Rangka kepala di bagi menjadi 2 yaitu tlang bab kepala dan tulang bab muka. Rangka tubuh di bagi menjadi 5 yaitu tulang belakang, tulang dada, tulang rusuk, tulang bahu, dan tulang pinggul. Sedangkan rangka anggota gerak di bagi menjadi 2 yaitu tulang gerak atas dan tulang gerak bawah.
Hubungan antara tulang yang satu dengan yang lain disebut Sendi. Berdasarkan sifat geraknya, sendi sanggup dibedakan atas sendi mati, sendi kaku, dan sendi gerak. Salah satu fungsi rangka tubuh yaitu untuk menegakkan tubuh, contohnya ruas tulang belakang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel