Keragaman Ilmu Ekonomi

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.................................................................................................
DAFTAR ISI................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................
A.    LATAR BELAKANG.....................................................................................
B.     RUMUSAN MASALAH.................................................................................
C.    TUJUAN...........................................................................................................
BAB II PEMBAHASAN.............................................................................................        
A.    PENGERTIAN ILMU EKONOMI...............................................................
B.     RAGAM ILMU EKONOMI...........................................................................
BAB III PENUTUP.....................................................................................................
A.    KESIMPULAN................................................................................................
B.     SARAN.............................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA..................................................................................................

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah menawarkan rahmat serta hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga berkat karunia-Nya kami sanggup menuntaskan makalah wacana “RAGAM ILMU EKONOMI
Dalam penyusunan makalah ini, kami tidak lupa mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah membantu dalam menuntaskan kiprah makalah ini sehingga kami sanggup menuntaskan penyusunan makalah ini.
Dalam penyusunan makalah ini, penulis berharap biar makalah ini sanggup bermanfaat dan menawarkan wawasan yang lebih luas bagi pembacanya. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini terdapat kelebihan dan kekurangannya sehingga kami mengharap kritik dan saran yang sanggup memperbaiki untuk penulisan makalah selanjutnya.
Terima kasih.

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Ilmu ekonomi sering dikaitkan dengan uang. Kalau berguru ekonomi harus sanggup mengatur dan mempunyai uang. Padahal seorang sarjana ekonomi tidak harus kaya dan belum tentu sanggup didup hemat.
Uang memang dipelajari dalam ilmu ekonomi. Tetapi bukan satu-satunya studi. Bahkan uang hanya sebagian kecil bahan studi ekonomi. Makara apa yang bahu-membahu dipelajari dalam ilmu ekonomi? balasan atas pertanyaan di atas, dimulai dengan pertanyaan wacana siapakah diri kita? balasan yang paling sering yakni makhluk yang serba terbatas.
Karna itu insan harus sanggup menentukan pilihan. Keputusan dalam menentukan pilihan bukanlah pekerjaan yang mudah, alasannya harus melalui pertimbangan pertimbangan tertentu. Karnanya insan harus berguru bagaimana menentukan pilihan. Hal inilah yang dipelajari dalam ilmu ekonomi.
B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa pengertian Ilmu Ekonomi ?
2.      Sebutkan dan jelaskan ragam Ilmu Ekonomi ?
C.    TUJUAN
1.      Menjelaskan pengertian ilmu ekonomi
2.      Menyebutkan dan menjelaskan ilmu-ilmu ekonomi
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Ilmu Ekonomi
Adalah ilmu yang mempelajari sikap insan dalam menentukan dan membuat kemakmuran. Inti perkara ekonomi yakni adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan insan yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas.
B.     Ragam Ilmu Ekonomi
Adanya majemuk bidang yang dipelajari dalam ilmu ekonomi menjadikan ilmu ekonomi terbagi menjadi beberapa cabang. Pembagian ilmu ekonomi sanggup dijabarkan sebagai berikut.
1.      Ilmu Ekonomi Teori atau Analisis Ekonomi
Ekonomi teori merupakan kumpulan teori-teori di bidang ekonomi, yang berusaha menjelaskan, mencari pengertian, kekerabatan sebaba akibat, dan cara kerja sistem ekonomi. Ekonomi teori merupakan kerangka konsep, yang berangkat dari gejala-gejala konkrit yang terjadi di tengah kehidupan masyarakat. Gejala-gejala ini kemudian dianalisis dengan memakai metode-metode tertentu, sehingga sanggup dilacak adanya pola-pola tertentu yang menjembatani peristiwa-peristiwa ekonomi. Ilmu ekonomi teori dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro.
a.      Ekonomi Makro
Puji syukur kami ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah menawarkan rahmat serta  Keragaman Ilmu Ekonomi
Membahas wacana cara bekerjanya sistem ekonomi sebagai suatu keseluruhan. Analisisnya bersifat global sehingga tidak memerhatikan acara ekonomi yang dilakukan oleh unit-unit kecil dalam perekonomian. Objek material dalam ekonomi makro dimulai dari mempelajari susunan perekonomian dari segala segi. Dalam ekonomi makro apabila kita membicarakan permintaan, maka yang dimaksud yakni undangan masyarakat secara keseluruhan.
b.      Ekonomi Mikro
Puji syukur kami ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah menawarkan rahmat serta  Keragaman Ilmu Ekonomi    
Secara khusus membahas wacana cara bekerjanya sistem ekonoi secara partikular. Objek materialnya yakni perorangan atau perusahaan satu per satu, harga untuk satu jenis barang tertentu.
Antara ekonomi makro dan ekonomi mikro mempunyai kekerabatan yang sangat dekat karepa apa yang dibahas intinya sama. Perbedaannya terletak pada bagaimana membahasnya atau objek formalnya. Materi ekonomi mikro berkenaan denan prinsip-prinsip yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan sebuah perusahaan, sedangkan ekonomi makro berkenaan dengan kebijakan suatu negara dan masyarakat yang sifatnya menyeluruh serta hubungannya dengan dunia luar.
2.      Ilmu Ekonomi Deskriptif
Ekonomi deskriptif merupakan citra keadaan ekonomi dengan mengumpulkan semua kenyataan penting yang berafiliasi dengan perkara ekonomi atau topik tertentu. Gambara nkeadaan ekonomi tersebut biasanya dalam bentuk angka-angka, yaitu dengan mencatat peristiwa-peristiwa ekonomi. Misalnya, tabel perkembangan sektor industri tertentu atau keadaan ekonomi suatu tempat tertentu yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).
3.      Ilmu Ekonomi Terapan
Ekonomi terapan merupakan erapan dari teori ekonomi. Artinya, bahwa kerangka-kerangka pengertian dari analisis ekonomi teori digunakan untuk membuat atau merumuskan kebijakan-kebijakan, pedoman-pedoman yang sempurna untuk mengatasi perkara ekonomi tertentu.
Kita tahu bahwa banyak masalah-masalah ekonomi yang bermunculan di tengah kehidupan masyarakat. Terhadap perkara tersebut, dicarilah pemecahannya dengan memakai teori ekonomi yang sesuai dengan corak perkara yang dihadapi. Dengan demikian, ekonomi terapan lebih bersifat mudah dengan menerapkan pengertian ekonomi pada masalah-masalah tertentu.
Berkenaan dengan spesialisasi dan penerapan pada bidang-bidang khusus menyebabkan cabang-cabang ilmu ekonomi, menyerupai ekonomi koperasi, ekonomi pembangunan, ekonomi moneter, ekonomi dan administrasi perusahaan, ekonomi internasional, ekonomi pertanian, dan lain-lain.
BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Ilmu Ekonomi Adalah ilmu yang mempelajari sikap insan dalam menentukan dan membuat kemakmuran. Inti perkara ekonomi yakni adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan insan yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas.
Ragam Ilmu Ekonomi
a.      Ilmu Ekonomi Teori atau Analisis Ekonomi
Ekonomi teori merupakan kumpulan teori-teori di bidang ekonomi, yang berusaha menjelaskan, mencari pengertian, kekerabatan sebaba akibat, dan cara kerja sistem ekonomi. Ilmu ekonomi teori dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro.
1.      Ekonomi Makro
2.      Ekonomi Mikro
b.      Ilmu Ekonomi Deskriptif
Ekonomi deskriptif merupakan citra keadaan ekonomi dengan mengumpulkan semua kenyataan penting yang berafiliasi dengan perkara ekonomi atau topik tertentu.
c.       Ilmu Ekonomi Terapan
Ekonomi terapan merupakan erapan dari teori ekonomi. Artinya, bahwa kerangka-kerangka pengertian dari analisis ekonomi teori digunakan untuk membuat atau merumuskan kebijakan-kebijakan, pedoman-pedoman yang sempurna untuk mengatasi perkara ekonomi tertentu.
B.     SARAN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel