Mmakalah Permasalahan Remaja

A. PENDAHULUAN
Segala puji bagi Allah yang telah memperlihatkan nikmat pada kita dan sholawat serta salam senantiasa terlimpah pada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.
Pemuda yaitu harapan bangsa itulah kalimat yang sempurna untuk seorang pemuda, diingat betapa Pentingnya peranan cowok dalam mencapai kemajuan baik dibidang politik, pembangunan dan agama. Dalam makalah yang singkat ini kami akan membahas perihal remaja, cowok dan permasalahannya serta kiprah cowok diera globalisasi kini ini. Mungkin dalam makalah ini masih banyak kekurangan, lantaran keterbatasan kami selaku pemakalah mendapatkan saran dan kritik yang konstruktif, terutama bapak dosen kami ucapkan terima kasih atas bimbingan
B. PENGERTIAN PEMUDA
Telah kita ketahui bahwea cowok atau generasi muda merupakan konsep-konsep yang dikaitkan dengan persoalan nilai. Hal ini merupakan pengertian ideologis dan kultural dari pada pengertian ilmiah dalam masyarakat cowok merupakan satu identitas yang potensial kedudukannya yang strategis sebagai penerus harapan usaha bangsa dan sumber insani bagi pembangunan bangsanya maka menyerupai satu mata rantai yang terurai panjanng, posisi cowok dalam masyarakat menempati mata rantai yang paling sentral lantaran berfungsi sebagai penerus harapan usaha bangsa dan berkemampuan untuk mengisi dan membina kemerdekaan. Pemuda sebagai harapan bangsa sanggup diartikan bahwa siapa yang menguasai cowok akan menguasai masa depan.
Masa muda pada umumnya sanggup dipandang sebagai suatu tahap dalam pembentukan kepribadian insan karakteristis yang menonjol dari cowok yaitu peranannya dalam masa peralihan menuju pada kedudukan yang bertanggung jawab dalam tatanan masyarakat antara lain :
a. Kemurnian idealisme
b. Keberanian dan keterbukaannya dalam menyerap nilai-nilai dan gagasan baru
c. Semangat pengabdiannya
d. Spontanitas dan dinamikannya
e. Inofasi dan kreatifitasnya
f. Keinginan-keinginan untuk segera mewujudkan gagasan barunya
C. PERMASALAHAN, POTENSI GENERASI MUDA DAN PERANNYA DALAM MASYARAKAT
1. Permasalahan generasi muda
Masalah cowok merupakan persoalan yang infinit dan selalu dialami oleh setiap generasi dalam hubungannya dengan generasi yang lebih tua. Problem itu disebabkan karena akhir dari proses pendewasaan seseorang, adaptasi dirinya dengan situasi yang gres timbulah harapan setiap cowok akan mempunyai masa depan yang lebih baik dari pada orang tuanya.
Masalah antar generasi merupakan salah satu kesalahan masyarakat yang dikenall semenjak dulu kala. Yang dipernasalahkan yaitu nilai-nilai masyarakat. Pada umumnya sanggup dikatakan bahwa persoalan antar generasi mencerminkan bagaimana kebudayaan masyarakat itu sendiri.
Sehubungan dengan ini para jago sosial beropini bahwa persoalan antar generasi kurang dan hampir tidak terdapat dimasyarakat tradisional. Dengan demikian dapatlah dikatakan bahwa antar generasi merupakan suatu persoalan modern.
Berbagai macam permasalahan generasi muda yang muncul pada ketika ini antara lain:
a. Menurunnya jiwa idealisme, patriotisme dan nasionalisme dikalangan masyarakat termasuk jiwa pemuda.
b. Kekurang pastian yang dialami oleh generasi muda terhadap masa depannya.
c. Belum keseimbangannya antara jumlah generasi muda dengan kemudahan pendidikan yang tersedia, baik yang formal maupun non formal.
d. Kekurangan lapangan dan kesempatan kerja serta tinggi nya tingkat pengangguran dan setengah pengangguran dikalangan generasi muda menimbulkan berkurangnya produktifitas oleh nilai-nilai kekuasaan dan sebagainya.
e. Masih langkanya pengalaman-pengalaman yang sanggup merelefansikan pendapat perilaku dan tindakanya dengan kenyataan yang ada.
Dengan demikian bagaimana semua persoalan itu supaya sanggup dipecahkan olah masyarakat merupakan cerminan kebudayaan masyarakat itu sendiri.
2. Potensi generasi muda
Potensi yang terdapat pada generasi muda yang perlu dikembangkan yaitu sebagai berikut :
a. Idealisme dan daya kritis
Secara sosiologis generasi muda belum mapan dalam tatanan yang ada sehingga beliau sanggup melihat kekurangan dalam tatanan tersebut dan secara masuk akal bisa mencari gagasan gres sebagai alternatif kearah perwujudan kearah tatanan yang lebih baik
b. Dinamika dan kreatifitas
Adanya idealisme pada generasi muda mnyebabkan mereka mimiliki potensi kedinamisan dan kreatifitas, yakni kemampun dan kesediaan untuk mengadakan perubahan, pembaharuan dan penyempurnaan kekurangan yang ada ataupun mengungkapkan gagasan yang baru
c. Keberanian mengambil resiko
Perubahan dan pembaharua termasuk pembangunan mengandung resiko sanggup meleset terhambat atau gagal. Namun mengambil resiko itu dibutuhkan kalau ingin memperoleh kemajuan.
d. Optimis dan kegairahan semangat
Kegagalan tidak mengakibatkan generasi gampang patah semangat. Optimisme dan kegairahan semangat yang dimiliki generasi muda merupakan daya pendorong untuk mencoba maju lagi.
e. Sikap kemandirian dan disiplin murni
Generasi mempunyai keinginan untuk selalu berdikari dalam perilaku dan tindakannya. Sikap kemandirian itu perlu dilengkapi kesadaran disiplin murni pada dirinya supaya mereka sanggup menyadari batas-batas yang masuk akal dan mempunyai tenggang rasa.
f. Terdidik
Walaupun dengan memperhitungkan faktor putus sekolah, secara menyeluruh baik dalam arti kuantitatif maupun dalam arti kualitatif, generasi muda secara relatif lebih berakal lantaran lebih terbukanya kesempatan mencar ilmu dari generasi pendahulunya.
g. Keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan
Keanekaragaman generasi muda merupakan cermin keanekaragaman masyarakat kita. Keanekaragaman tersebut sanggup menjadi kendala kalau dihayati secara sempit dan eksklusif, tapi sanggup merupakan potensi dinamis dan kreatif sehingga merupakan sumber yang besar untuk kemajuan bangsanya. Maka para cowok sanggup didorong untuk menampilkan potensinya yang terbaik dan diberi kiprah yang terang serta bertanggung jawab dalam menuju harapan bangsa.
h. Patriotisme dan Nasionalisme
Pemupukan rasa kebangsaan, kecintaan dan turut mempunyai bangsa dan negara dikalangan cowok perlu ditingkatkan
i. Fisik berpengaruh dan jumlah banyak
Potensi ini merupakan kenyataan sosiologis dan demografis. Dapat dimanfaatkan dalam aktivitas pembangunan bangsa dan negaranya yang menghendaki pengarahan tenaga dalam jumlah besar.
j. Sikap kesatria
Kemurnian idealisme, keberanian, semangat dedikasi dan pengorbanan serta rasa tanggung jawab sosial yang tinggi yaitu unsur-unsur yang perlu dipupuk dan dikembangkan terus menjadi perilaku kesatria
k. Kemampuan penguasaan ilmu dan teknologi
Para cowok sanggup berperan secara berdaya guna dalam rangka pengembangan ilmu dan teknologi secara fungsional sanggup dikembangkan sebagai transformator terhadap lingkungannya
3. Peran cowok dalam masyarakat
Masa depan suatu bangsa terletak pada generasi mudanya lantaran merekalah yang menggantikan generasi sebelumnya dalam memimpin bangsa oleh lantaran itu generasi muda perlu diberi bekal berupa ilmu pengetahuan sesuai dengan tuntunan zaman. Salah satu cara dalam memperoleh bekal pengetahuan tersebut sanggup melalui pendidikan baik formal maupun nonformal baik itu pendidikan dasar maupun pendidikan tinggi.
Hal-hal yang menghambat kemajuan harus diganti dengan hal-hal gres sesuai dengan tuntunan dan perkembangan masyarakat. Oleh lantaran itu dalam mengadakan perubahan hendaknya memperhatikan situasi dan kondisi mereka berada.
Pembagunan yang kita laksanakan itu terang merupakan rangkaian gerakan perubahan menuju kemajuan. Dalam beberapa hal, perubahan itu merupakan perombakan yang sangat mendasar. Perubahan atau kemajuan dalam pembangunan bukan hanya perubahan fisik saja tetapi membawa serta perubahan sosial. Perubahan sosial itu mengandung kekuatan dinamika lantaran mnyangkut tata nilai, perilaku dan tingkah laku. Dengan kata lain pembangunan memerlukan pembaruan.
Pembangunan tidak akan berjalan lancar kalau insan tidak ulet bekerja oleh lantaran itu pembangunan yaitu penggantian yang usang dengan yang baru, yang telah diperhitungkan oleh keadaan sekitarnya, maka mahasiswa berkewajiban untuk ikut serta dalam derap pembangunan. Disamping itu mahasiswa bertugas sebagai aktivis pembangunan sehingga perlu difikirkan kesesuaian macam pembaruan dengan lingkungan masyarakat sekitarnya. Meskipun hal-hal gres itu tidak selalu membawa kebahagiaan kepada masyarakat, bahkan adakala sanggup menjerumuskan masyarakat ketingkat kehidupan yang kurang baik. Oleh lantaran itu mahasiswa yang telah dibekali ilmu pengetahuan tang tinggi hendaknya sanggup menentukan mana-mana yang perlu diubah dan tidak perlu diubah disamping itu perlu dipikirkan keikutsertaan masyarakat dalm pembaharuan tersebut. Dengan demikian, akibatnya akan mirip yang diharapkan.
D. KESIMPULAN
Pemuda merupakan harapan bangsa, cowok penentu kehidupan masa depan suatu bangsa, semakin baik kualitas generasi muda secara otomatis akan menjadi semakin baik suatu bangsa atau negara.
Maka dari itu pesan pemakalah marilah kita berbondong-bondong memperbaiki diri demi kemajuan negeri yang tercinta ini. Jangan mirip kambing jantan senang-senang dimasa muda ditukang jagal selesai kehidupannya (berakhir mengenaskan). antum nggak maukaaan...........................!
DAFTAR PUSTAKA
Ø Ilmu Sosial Dasar. Arifin nur, Muhammad, Drs. PUSTAKA SETIA, BANDUNG, Cet. II
Ø IAD-ISD-IBD. Nur Hidayati, Ir. Mawardi, Drs. PUSTAKA SETIA BANDUNG, Cet V

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel