Analisis Undangan Dan Penawaran
BAB I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Surplus ekonomi dan elastisitas kerap kali terjadi di dunia ekonomi. Permintaan dan Penawaran itu sendiri sangat besar lengan berkuasa terhadap masyarak dan terhadap dunia ekonomi. Dimana keduanya saling berafiliasi secara eksklusif dalam dunia pasar ekonomi.
1.2 Tujuan
1.2.1 Mengetahui pengertian, dan bab surplus ekonomi dan elastisitas
1.3 Rumusan Masalah
1.3.1 Bagaimana dampak surplus ekonomi dan elastisitas itu sendiri terhadap masyarakat
Analisis Permintaan Dan Penawaran
1. Teori undangan
Teori undangan menerangkn wacana cirri kekerabatan antara jumlah undangan dan harga . Pada prinsipnya, jumlah barang atau jasa yang mau dan akan dibeli oleh konsumen pada suatu periode tertentu dipengaruhi oleh aneka macam macam faktor, yaitu :
· Harga barang itu sendiri
· Harga barang lain yang berkaitan dekat dengan barang tersebut
· Pendapatan runah tangga dan pendapatan rata-rata masyarakat
· Corak distribusi pendapatan rata-rata masyarakat
· Cita rasa masyarakat
· Jumlah penduduk
· Ramalan mengenai keadaan dimasa yang akan tiba
Hukum permintaan pada hakikatnya merupakan suatu hipotesis yang menyatakan :
‘’Makin rendah harga suatu barang maka makin banyak undangan terhadap barang tersebut. Sebaliknya makin tinggi harga suatu barang maka makin sedikit undangan terhadap barang trsebut’
Secara sistematis fungsi undangan adalah :
Dx,t : jumlah barang yang x dibeli pada periode t
Dx,t : Harga barang x pada periode t
Yt : Pendapatan konsumen pada periode t
PR,t : Harga barang terkait periode t
Pex,t+ : Harapan akan gerakan harga barang x pada periode t+i
S : Selera konsumen
Partial derivative, imbas dari perubahan satu factor (variable) denga perkiraan variable lain konstan
Fungsi undangan ialah daftar harga dan barang yang mau dan sanggup dibeli oleh konsumen pada periode tertentu. Makin rendahnya harga makin banyak yang mau dibeli. Hubungannya negative dan membuktikan kekerabatan antar jumlah barang yang diminta konsumen dan harga barang ada 3 :
· Sebagai table
· Sebagai grafik
· Sebagai fungsi
· Tabel undangan
Ada 2 perubahan yang terjadi pada pergeseran kurva permintaan, yaitu perubahan jumlah barang yang diminta akhir perubahan harga (cateris paribua) dan pergeseran kurva permintaab akhir perubahan faktor lain pada harga yang sama
Apabila barang subtitusi maka kenaikan harga barang akan mendorong kenaikan undangan barang akan kurva undangan tersebut akan bergeser ke kanan.
Apabila barangnya komplementer, kenaikan harga barang akan mengurangi undangan akan barang tersebut sehingga pada pada harga yang sama kurva undangan akan bergeser ke kiri.
Apabila harga diperlukan akan naik dimasa mendatang (ekspektasi), maka undangan akan barang tersebut akan naik ketika ini, Kaprikornus pada harga yang sama kurva undangan akan bergeser ke kanan.
Untuk selera agak sulit, yang niscaya perubahan selera akan menyebabkan undangan naik. Pada harga yang sama kenaikan undangan akhir perubahan selera akan menggeser kurva undangan ke kanan.
Kurva Permintaan
Yaitu garis yang menghubungkan aneka macam jumlah barang yang diminta pada aneka macam tingkat harga Kurva undangan memiliki slope negative
Kurva undangan memiliki slope negative alasannya ialah
· Pada harga tinggi, banyak pembeli tidak bisa membeli
· Bagi pembeli perorangan, kenaikan harga akan memperkecil daya beli
· Ada barang subtitusi yang harganya jauh lebih murah dan lebih menarik apabila harga barang dan jasa semakin tinggi
Perubahan undangan
· Perubahan undangan yang diminta ialah suatu kondisi yang menawarkan berubahnya jumlah jumlah barang yang diminta alasannya ialah adanya perubahan itu sendiri
· Pada perubahan jumlah barang yang diminta factor-faktor lain selain harga barang lain, selera, tingkat pendapatan di anggap tetap (cateris paribus )
Pergeseran kurva undangan
· Saat harga tetap tetapi jumlah barang yang diminta menjsdi berkurang permintaan, sedangkan pada harga yang tetap tetapi jumlah barang yang diminta mengalami kenaikan disebut undangan bertambah.
2. Teori penawaran
Pada dasarnya jumlah dari barang dan jasa yang ditawarkan untuk dijual dipaar tergantung pada sejumlah besar variable. Akan tetapi sama ibarat undangan untuk mempermudah analisis trsebut terdapat factor-faktor yang penting yaitu :
· Harga jual barang tersebut
· Tingkat teknologi
· Harga brang terkait
· Harapan akan kenaikan harga dimasa mendatang
Hukum penawaran
“ Makin tinggi harga suatu barang semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual sebaliknya makin rendah harga suatu barang semakin sedikit jumlah barang tersebut yang di tawarkan “
Secara matematis fungsinya ialah
X,t : f(Px,t; Tt;PF,t; PR,t;Pex,t+i)
Dimana :
Sx,t : jumlah barang x yang ditawarkan pada periode t
Px,t : Hat=rga barang x pada periode t
Tt : Tingkat teknologi yang tersedia di periode t
PF,t : Harga factor produksi untuk barang x pada periode t
Px,t : Harga barangterkait pada periode t
Pex, t+I : Harapan akan gerakan jual barang x pada periode t+i
Partial derivative ialah imbas dari perubahan satu variable dengan perkiraan variable lain konstan
Fungsi penawaran
Penawaran merupakan daftar harga dan barang yang mau dan sanggup ditawarkan oleh produsen pada periode tertentu, hubungannya positif.
Kurva Penawaran
Adalah garis yang menghubungkan aneka macam jumlah barang yang ditawarkan pada aneka macam tingkat harga . Kurva penawaran memiliki slope positif
Kurva penawaran sanggup dibedakan menjadi 2 macam
· Perubahan jumlah yang ditawarkan yang menawarkan jumlah barang yang ditawarkan alasannya ialah ad perubahan harga barang itu sendiri
· Perubahan factor lain di luar harga ialah berubahnya jumlah barang yang ditawarkan produsen sebagai akhir perubahan salah satu atau lebih dari factor-faktor yang dianggap tetap . +
Pergeseran Kurva penawaran
Sama ibarat kurva undangan kurva penawaran digambar dengan perkiraan bahwa faktor-faktor lain di luar ialah konstan perubahan jumlah barang yangd itawarkan akhir perubahan harga jual terjadi pada titik0titik yang terletak sepanjang kurva penawaran.
Apabila salah satu faktor lain diluar harga jual berubah dengan perkiraan harga jual konstan perusahaan akan terdorong untuk menambah jumlah barang yang ditawarkan. Dalam hal ini, kurva bergeser.