7 Pola Teks Eksplanasi Banjir Beserta Klarifikasi Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi – Teks eksplanasi wacana fenomena alam banyak dicari kini ini lantaran sering dijadikan kiprah sekolah oleh bapak ibu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu yang cukup gampang dibentuk ialah wacana teks eksplanasi banjir. Nah, bagi kau yang membutuhkan wangsit dan referensi wacana bagaimana cara menciptakan teks eksplanasi banjir, silakan simak pembahasan berikut ini.

Teks Eksplanasi Banjir

Teks eksplanasi punya struktur pokok yang terdiri dari 3 penggalan utama, yaitu pernyataan umum (general statement), penjelasan, dan epilog (interpretasi). Ketiga penggalan dari struktur teks eksplanasi tersebut sanggup ditemukan dalam rujukan teks eksplanasi banjir berikut ini.

 Teks eksplanasi wacana fenomena alam banyak dicari kini ini lantaran sering dijadikan  7 Contoh Teks Eksplanasi Banjir beserta Penjelasan Strukturnya

***

Contoh Teks Eksplanasi Banjir


[Teks Eksplanasi Banjir : 1] Banjir ialah kondisi suatu wilayah yang tergenang air dalam jangka waktu yang lama. Banjir menciptakan masyarakat mengalami keterbatasan dalam menjalankan aktivitasnya. Roda pemerintahan, roda ekonomi, dan kegiatan pendidikan terhenti lantaran air menggenangi wilayah tempat tinggal mereka.

[Teks Eksplanasi Banjir : 2] Banjir bukan hanya terjadi akhir faktor alam. Hujan deras memang menjadi salah satu penentu terjadinya banjir di suatu wilayah. Namun, selain itu faktor insan menyerupai kebiasaan menggunduli hutan di tempat hulu, membuang sampah sembarangan, serta menempati tempat bantaran sungai, justru memegang peranan penting dalam terjadinya peristiwa ini.
Menggunduli hutan di tempat hulu merupakan faktor penyebab terjadinya banjir di tempat hilir. Dengan gundulnya hutan, air hujan menjadi tidak sanggup terserap seluruhnya secara maksimal ke dalam tanah. Air tersebut lalu mengalir ke tempat yang lebih rendah, terakumulasi dan berkumpul mengarah ke tempat hilir sehingga mengakibatkan banjir.

Selain lantaran gundulnya hutan, faktor maasyarakat yang kerap membuang sampah sembarangan ke tubuh sungai juga perlu menjadi perhatian. Sampah yang dibawa di tubuh air akan terakumulasi dan mengakibatkan pendangkalan sungai, selain itu, ia akan menghambat proses limpasan lantaran memampetkan saluran-saluran yang membawa air ke laut.

Di tempat padat penduduk, menyerupai di ibukota Jakarta bantaran sungai kerap dijadikan tempat bermukim bagi masyarakat kelas marginal. Kebiasaan ini juga kuat besar pada terjadinya banjir. Untuk itu acara relokasi menjadi satu-satunya tanggapan untuk mengurangi faktor terjadinya banjir ini.

[Teks Eksplanasi Banjir : 3] Dari klarifikasi yang disampaikan, sanggup disimpulkan bahwa banjir lebih banyak dipengaruhi oleh acara insan yang tak bisa dan tak mau menjaga lingkungannya. Oleh karenanya diharapkan suatu kesadaran dari setiap lapisan masyarakat untuk sanggup melaksanakan tindakan-tindakan yang bisa mencegah terjadinya musibah ini.

***
Keterangan Struktur Teks Eksplanasi
[1] General statement, lantaran berisi penjelasan-penjelasan yang sifatnya umum.
[2] Penjelasan, lantaran berisi proses lantaran dan akhir terjadinya banjir.
[3] Interpretasi, lantaran berisi kesimpulan wacana teks yang telah dijelaskan sebelumnya.
Demikianlah klarifikasi yang sanggup kami berikan wacana rujukan teks eksplanasi banjir. Dari teks tersebut, kita bisa melihat adanya 3 struktur yang menempel dan mempunyai fungsi masing-masing. Cukup bisa dipahami bukan? Silakan buat rujukan teks eksplanasi banjir lainnya, dan jikalau masih kesulitan Anda boleh melihat struktur rujukan teks eksplanasi pelangi pada artikel selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel