5 Referensi Teks Eksplanasi Hujan Asam Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi - Teks eksplanasi yaitu sebuah jenis teks yang memuat klarifikasi wacana proses, mengapa, dan bagaimana suatu hal yang masih mempunyai hubungan alasannya akibat. Hal yang sering dibahas memakai teks eksplanasi contohnya wacana fenomena alam maupun keadaan sosial yang terjadi di sekitar kita.

Nah, di artikel kali ini kita akan membahas wacana pola teks eksplanasi singkat dari salah satu fenomena alam, yaitu wacana hujan asam. Bagi kau yang sedang mencari rujukan contoh teks eksplanasi hujan asam beserta strukturnya untuk kiprah sekolah, silakan simak pembahasan berikut ini!

Teks Eksplanasi Hujan Asam

Teks eksplanasi mempunyai struktur pokok yang terbagi ke dalam 3 bagian, yaitu general statement (pernyataan umum), penjelasan, dan interpretasi (penutup). Ketiga cuilan teks eksplanasi tersebut sanggup ditemukan dalam pola teks eksplanasi hujan asam berikut ini.

 Teks eksplanasi yaitu sebuah jenis teks yang memuat klarifikasi wacana proses 5 Contoh Teks Eksplanasi Hujan Asam beserta Strukturnya

***

Contoh Singkat Teks Eksplanasi Hujan Asam


[Teks Eksplanasi Hujan Asam : 1] Hujan yaitu salah satu fenomena alam yang sering terjadi di sekitar tempat industri dan daerah-daerah sekitar gunung berapi. Berbeda dengan jenis hujan pada umumnya, hujan asam menurunkan air yang mempunyai derajat kemasaman tinggi, yaitu di bawah 5,6. Air hujan yang bersifat asam sendiri secara kimia diketahui sanggup mengganggu keseimbangan alam dan kehidupan organisme di tempat turunnya hujan.

[Teks Eksplanasi Hujan Asam : 2] Hujan asam sendiri sanggup terjadi lantaran 2 faktor, yaitu faktor alam dan faktor buatan. Faktor alam disebabkan adanya gas welirang (SO2) yang dihasilkan oleh letusan gunung berapi yang terjerap di atmosfer dan terakumulasi menjadi awan. Awan yang dihasilkan ini lalu akan mengalami perpindahan ke suatu wilayah di sekitar gunung sampai jadinya turun menjadi rintik-rintik air. Air yang dihasilkan oleh hujan ini bersifat asam lantaran mengandung senyawa sulfur, oleh karenanya hujan ini disebut hujan asam.
Selain lantaran faktor alam, hujan asam juga terjadi akhir faktor buatan. Faktor buatan umumnya disebabkan oleh imbas gas yang dihasilkan pembakaran materi bakar fosil dalam jumlah tinggi, menyerupai pembakaran kerikil bara, bensin, solar, gas alam, aspal, dan lain sebagainya. Proses pembakaran ini menghasilkan gas NO3 yang bersifat asam. Gas tersebut terbawa ke atmosfer lalu mengalami kondensasi dan menjadi awan. Awan inilah yang lalu turun menjadi hujan yang bersifat asam.

[Teks Eksplanasi Hujan Asam : 3] Nah, itulah klarifikasi wacana proses terjadinya hujan asam. Dari klarifikasi tersebut sanggup disimpulkan bahwa hujan asam sanggup diakibatkan oleh 2 faktor, yaitu faktor alam dan faktor buatan. Baik lantaran faktor alam, maupun faktor buatan, hujan asam tetaplah menjadi salah satu fenomena yang merugikan bagi lingkungan. Kerusakan alam lantaran hujan asam harusnya sanggup menjadi perhatian semua pihak, terutama bagi pemerintah dalam menyusun ulang regulasi wacana wilayah industri di sekitar pemukiman penduduk.

***
Keterangan Struktur Teks Eksplanasi
[1] General statement, lantaran berisi penjelasan-penjelasan yang sifatnya umum.
[2] Penjelasan, lantaran berisi proses alasannya dan akhir terjadinya hujan asam.
[3] Interpretasi, lantaran berisi kesimpulan wacana teks yang telah dijelaskan sebelumnya.
Nah, demikianlah pola teks eksplanasi hujan asam beserta strukturnya yang sanggup Anda gunakan sebagai rujukan sekaligus pandangan gres dalam mengerjakan kiprah sekolah. Semoga cukup membantu, dan mari kita lihat pola contoh teks eksplanasi wacana fenomena alam lainnya di artikel berikutnya, yaitu wacana pola teks eksplanasi gempa bumi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel