20 Teladan Kalimat Beragam Campuran, Pengertian Dan Cirinya

Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya wacana rujukan kalimat beragam bertingkat, di kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam wacana apa yang dimaksud dengan kalimat beragam campuran. Bagi Anda yang sedang mengerjakan kiprah membuat contoh kalimat beragam campuran, silakan ikuti pembahasan berikut ini!

Contoh Kalimat Majemuk Campuran

Kalimat beragam adonan ialah kalimat beragam yang terdiri dari adonan kalimat beragam setara atau rapatan dengan kalimat beragam bertingkat. Setidaknya, dalam kalimat beragam ini terdapat 3 klausa (kalimat tunggal) yang di antaranya terdapat 1 atau 2 klausa yang menjadi induk kalimat. Nah, untuk memudahkan pemahaman Anda wacana pengertian kalimat beragam campuran, silakan simak rujukan berikut:

Mereka sedang mengikuti program musyawarah adab yang dihadiri oleh Bupati dan disponsori oleh perusahaan REA Kaltim.

Kalimat di atas ialah rujukan kalimat beragam campuran. Pada kalimat tersebut, inti pokok atau induk kalimat atau klausa utamanya ialah wacana gosip bahwa mereka sedang mengikuti upacara adat. Sementara 2 klausa selanjutnya hanya sebagai anak kalimat atau pengembangan dari klausa utama tersebut.

Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya wacana rujukan kalimat beragam bertingkat 20 Contoh Kalimat Majemuk Campuran, Pengertian dan Cirinya

Dari rujukan kalimat beragam bertingkat di atas, kita bergotong-royong sanggup menggarisbawahi beberapa ciri dari jenis kalimat beragam ini, di antaranya yaitu:
  1. Mempunyai 3 atau lebih kalimat tunggal yang sebagian berperan sebagai induk kalimat dan sebagian lain berperan sebagai anak kalimat.
  2. Mempunyai 2 atau lebih kata penghubung yang menghubungkan antara klausa yang satu dengan klausa yang lainnya.
  3. Hubungan antar klausa pada kalimat beragam adonan terdiri dari tingkat yang sama (setara) dan tingkat yang berbeda (bertingkat).

Jenis-Jenis Kalimat Majemuk Campuran

Berdasarkan pola klausanya, kalimat beragam adonan terbadi menjadi 2 jenis, yaitu kalimat beragam adonan yang terdiri dari 1 induk kalimat dan 2 atau lebih anak kalimat, serta kalimat beragam adonan yang terdiri dari 2 induk kalimat dan 1 atau lebih anak kalimat. Berikut ini klarifikasi dari masing-masing jenis kalimat beragam adonan ini.

1. Kalimat Majemuk Campuran dengan 1 Induk Kalimat dan 2 Anak Kalimat

Kalimat beragam ini terdiri dari 3 atau lebih kalimat tunggal (klausa). Satu klausa bertindak sebagai klausa utama (induk kalimat), sedangkan sisanya merupakan pengembangan pola dari induk kalimat dan bertindak sebagai anak kalimat. Lebih jelasnya simak contoh-contoh kalimat beragam adonan berikut ini.
  1. Kami berdua berangkat ke bioskop yang gres saja diresmikan pak camat dan dibangun oleh pihak Pemda.
  2. Rita hendak pergi ke pasar dengan sepeda gres yang dibelikan ayahnya dan baju gres yang dibelikan ibunya.
  3. Mega tidak mau peduli meskipun ayahnya sedang sakit parah dan ibunya tidak berada di rumah.
Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks
Contoh Kalimat Majemuk Setara
Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat
Contoh Kalimat Majemuk Rapatan

2. Kalimat Majemuk Campuran dengan 2 Induk Kalimat dan 1 Anak Kalimat

Kalimat beragam ini terdiri dari 3 atau lebih kalimat tunggal (klausa). Dua klausa bertindak sebagai klausa utama (induk kalimat), sedangkan sisanya merupakan pengembangan pola dari induk kalimat dan bertindak sebagai anak kalimat. Lebih jelasnya simak contoh-contoh kalimat beragam adonan berikut ini.
  1. Ayah mengajarkan tanggungjawab dan ibu mengajarkan kasih sayang supaya bawah umur mereka sanggup menjadi bawah umur yang baik.
  2. Roni memberinya buku dan Rino memberinya pensil supaya beliau sanggup berguru menulis.
  3. Agar Jakarta bebas macet, Pak Ahok memperbanyak koridor bus, sementara Pak Djarot mulai mensosialisasikan penggunaan angkutan umum.
  4. Karena roni terlalu sombong, Jasmin tidak mau berteman dengannya sementara Aladin sudah tak mau lagi berbicara dengannya.

Nah, demikianlah klarifikasi wacana rujukan kalimat beragam campuran, pengertian, dan jenis-jenisnya. Untuk memahami pembahasan ini memang diperlukan daya konsentrasi yang tidak sedikit, sehingga saat membacanya sebaiknya Anda benar-benar memusatkan pikiran supaya sanggup mencerna dan membedakan satu jenis kalimat beragam dengan kalimat beragam lainnya. Berikutnya, silakan lanjutkan membaca artikel kami tentang contoh kalimat beragam rapatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel