20 Pola Kalimat Homonim : Kata Dan Penjelasannya

Contoh Kalimat Homonim - Bahasa Indonesia mengenal beberapa kata yang mempunyai ambigiutas. Ambiguitas sendiri yakni istilah yang menyatakan bahwa suatu kata yang mempunyai ejaan atau pelafalan yang sama tetapi punya makna yang berbeda. Nah, untuk memperjelas wacana ambiguitas, para pakar bahasa telah menggolongkan 3 istilah untuk mengklasifikasikan ambigutias ini, yaitu homonim, homofon, dan homograf.

Contoh Kalimat Homonim

Pada artikel kali ini, kami akan membahas wacana apa itu homonim, homofon, dan homograf beserta contohnya. Namun untuk permulaan, mari terlebih dahulu kita bahas wacana pengertian homonim dan pola kalimat homonim yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Homonim yakni golongan kata yang mempunyai lafal bacaan dan ejaan yang sama tetapi punya makna yang bisa berbeda tergantung makna kalimat secara keseluruhan. Contoh kata homonim contohnya kata “tahu”. Kata “tahu” sanggup diartikan sebagai kata sifat yang berarti paham atau mengetahui, namun ia juga sanggup diartikan sebagai kata benda yaitu makanan tradisional yang terbuat dari bubur kedelai.

 Bahasa Indonesia mengenal beberapa kata yang mempunyai ambigiutas 20 Contoh Kalimat Homonim : Kata dan Penjelasannya

Selain kata “tahu”, ada beberapa kata dalam bahasa Indonesia yang juga merupakan pola kata homonim. Berikut ini kata-kata tersebut beserta pola kalimat homonim yang mungkin sanggup menciptakan apa Anda semakin memahami wacana apa itu homonim.

1. Kata Hak

Hak sanggup diartikan sebagai sesuatu yang bisa menjadi milik kita atau kita nikmati. Selain itu, ia juga bisa diartikan sebagai pijakan pada ganjal kaki atau sepatu wanita. Contoh kalimat homonim dengan kata hak adalah:
  • Dewi membeli sepatu dengan hak tinggi untuk digunakannya ketika pergi ke pesta.
  • Setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama di mata hukum.


2. Kata Gelar

Kata “gelar” juga merupakan bentuk kata homonim yang mempunyai nilai ambiguitas. meskipun tidak berbeda dari segi pelafalan dan ejaan, kata gelar bisa mempunyai 2 arti. Gelar bisa diartikan sebagai suatu sebutan atas tercapainya jenjang pendidikan tertentu atau kepangkatan. Tapi ia juga bisa diartikan sebagai suatu kata kerja. Contoh kalimat homonim dengan kata gelar adalah:
  • Setelah 5 tahun menempuh pendidikan di Universitas Indonesia, gelar Sarjana Ekonomi hasilnya berhasil diraihnya.
  • Sebelum pengajian, Raka menggelar tikar untuk tempat duduk para tamu seruan yang datang.
Contoh Kalimat Homofon
Contoh Kalimat Homograf
Contoh Kalimat Homonim

3. Kata Jarak

Dalam bahasa Indonesia, kata “jarak” bisa diartikan sebagai suatu ukuran rentang pemisah antara satu benda dengan benda lainnya. Namun, ia juga bisa mempunyai makna lain yaitu sebagai nama buah dari tanama Jatropa curcas L. Oleh karenanya, kata “jarak” juga bisa dimaknai sebagai bentuk kata homonim. Adapun pola kalimat homonim dari kata tersebut adalah:
  • Jarak yang memisahkan engkau dan saya bukanlah suatu halangan. Cinta kita tetap bersatu.
  • Siapa sangka, jarak kini buahnya menjadi salah satu komoditas yang sanggup menghasilkan minyak pengganti materi bakar fosil.

4. Kata Rapat

Kata homonim selanjutnya yakni kata “Rapat”. Rapat bisa diartikan sebagai suatu acara musyawarah resmi, tapi juga bisa diartikan sebagai kata sifat wacana jarak yang bersahabat atau berhimpit. Contoh kalimat homonim dengan kata rapat adalah:
  • Bupati dan para kepala dinas menggelar rapat kerja kawasan tahunan siang hari ini.
  • Jala Pak hamid sudah tidak rapat lagi, masuk akal kalau ikan tak berhasil ia tangkap.

5. Kata Bisa

Bisa artinya sanggup atau mampu, tapi juga sanggup diartikan racun. Tergantung dari makna dan pola kalimat secara keseluruhan. Contoh kalimat homonim dengan kata bisa adalah:
  • Aku niscaya bisa melewati masa-masa sulit ini dan meraih semua impianku.
  • Bisa ular yang masuk ke dalam pembuluh darah Adi hasilnya berhasil dikeluarkan pak Mantri.

6. Kata Bulan

Kata yang mempunyai ambiguitas homonim selanjutnya yakni kata “Bulan”. Bulan sanggup diartikan sebagai benda langit yang bersinar ketika malam, tapi juga bisa diartikan sebagai kata petunjuk waktu. pola kalimat homonim dengan kata bulan adalah:
  • Bulan purnama sanggup terjadi kalau permukaan bulan yang memantulkan cahaya matahari sanggup 100% menghadap bumi.
  • Pengumuman CPNS GGD di tahun 2017 diundur hingga bulan Februari.

Nah, itulah beberapa contoh kalimat homonim yang sanggup kami sampaikan untuk kesempatan ini. selain 6 kata di atas, masih ada beberapa kata homonim lainnya menyerupai kata genting, kali, jamak, salam, dan lain sebagainya. Bisakah Anda menyebutkan yang lain? Sudah cukup terang bukan? Selanjutnya, silakan lanjutkan bacaan Anda pada artikel kami berikutnya wacana pola kalimat homograf. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel