Cara Menciptakan Nomor Halaman Angka Romawi Juga Angka Latin Dalam Satu File





Dalam sebuah karya tulis ada hukum baku dalam pemdiberian format nomor halaman antara bab pengantar (Lembar Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar dan lain-lain) dengan format nomor halaman bab isi (BAB 1, 2, 3 dan seterusnya). Biasanya untuk halaman  Lembar Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar dan Daftar Isi memakai format halaman dengan angka Romawi, sedangkan untuk bab isi ibarat BAB 1 Penlampauan dan seterusnya memakai format nomor halaman dengan angka biasa atau latin.

 Dalam sebuah karya tulis ada hukum baku dalam pemdiberian format nomor halaman antara bagi Teknik Membuat Nomor Halaman Angka Romawi juga Angka Latin dalam Satu File

Kebanyakan dari kita dikala membuat karya tulis yang mempunyai banyak halaman ibarat itu, yang kita lakukan yakni dengan memisahkannya menjadi beberapa nama file dokumen yang tidak sama. Seperti file dokumen khusus untuk Cover dengan tanpa nomor halaman, file dokumen Kata Pengantar dengan format nomor halaman angka Romawi, dan file dokumen khusus isi dengan format nomor halaman memakai angka biasa (Latin). Teknik ibarat itu terang tidak efektif dan tidak efesien.

Supaya dokumen karya tulis anda lebih praktis, maka gunakan Teknik Membuat Format Nomor Halaman Berbeda dalam Satu Dokumen Word. Langkah-langkahnya yakni sebagai diberikut:
  • Silakan buka dokumen karya tulis anda yang akan dibentuk nomor halaman dengan format yang tidak sama
  • Jika dokumen karya tulis anda masih terdiri dari beberapa file, silakan disatukan doloe menjadi satu nama file
Misalnya kita akan membuat format nomor halaman yang tidak sama dengan rincian sebagai diberikut: 
  1. Cover berada di halaman pertama dengan format nomor halaman abjad romawi (i), 
  2. Lembar Pengesahan  di halaman ke dua (ii), 
  3. Kata Pengantar di halaman ke tiga (iii), 
  4. BAB 1 dan seterusnya kita akan memakai format nomor halaman normal yaitu abjad latin (1, 2 dan seterusnya).
  • Silakan klik tab Insert, kemudian klik pada sajian Page Number
 Dalam sebuah karya tulis ada hukum baku dalam pemdiberian format nomor halaman antara bagi Teknik Membuat Nomor Halaman Angka Romawi juga Angka Latin dalam Satu File

  • Pada jendela Pop-Up yang muncul, silakan pilih contohnya pada Bottom of Page
  • Pada jendela pop-up yang muncul diberikutnya pilih pada bab Sederhana di bab Nomor biasa 3
Maka nomor halaman akan muncul di pojok bawah kanan, dan dalam keadaan default nomor halaman yang muncul dalam format angka latin (1, 2, 3 dan seterusnya). 






Teknik Merubah Format Nomor Halaman

Karena untuk halaman pengantar kita akan memakai nomor halaman dengan format angka romawi kecil, maka untuk mengubah nomor halaman angka latin menjadi romawi, silakan lakukan langkah diberikutnya.

  • Klik tab Insert, kemudian klik pada sajian Page Number
  • Pada jendela pop-up yang muncul klik pada Format Page Number, maka akan muncul jendela obrolan ibarat diberikut ini
 Dalam sebuah karya tulis ada hukum baku dalam pemdiberian format nomor halaman antara bagi Teknik Membuat Nomor Halaman Angka Romawi juga Angka Latin dalam Satu File

  • Pada bab Number format silakan pilih angka romawi kecil (i, ii, iii, ...)
  • Pada bab Start at, silakan tentukan halaman pertama mau dimulai dari nomor berapa
  • Klik tombol OK
Maka kini tiruana halaman pada dokumen anda sudah mempunyai nomor halaman dengan format angka romawi kecil.

Untuk bab isi yaitu mulai dari BAB 1 dan seterusnya kita akan memakai nomor halaman dengan format angka latin, maka cara mengubahnya lakukan langkah diberikut ini:
  • Klik pada halaman sebelum BAB 1 yaitu nomor halaman format angka romawi yang ingin kita akhiri, contohnya klik pada ujung kata terakhir dari Kata Pengantar
  • Klik tab Layout, kemudian klik pada sajian Break
 Dalam sebuah karya tulis ada hukum baku dalam pemdiberian format nomor halaman antara bagi Teknik Membuat Nomor Halaman Angka Romawi juga Angka Latin dalam Satu File

  • Klik pada bab Next Page. Maka poin kursor akan berpindah secara otomatis ke halaman diberikutnya
  • Jika teks pada halaman tersebut ikut terdorong ke bawah, silakan rapikan atau naikkan kembali teks tersebut dengan cara ditarik memakai tombol Delete pada keyboard
  • melaluiataubersamaini posisi kursor berada di pertama kata, contohnya di pertama kata BAB 1, Klik tab Insert, kemudian klik pada sajian Page Number
  • Pada jendela Pop-Up yang muncul, silakan pilih contohnya pada Format Page Numbers
  • Pada bab Format number silakan pilih angka latin (1, 2, 3, ...)
  • Pada bab Start at, silakan tentukan halaman pertama mau dimulai dari nomor berapa, contohnya 1 (satu)
  • Klik tombol OK
melaluiataubersamaini cara itu maka kini dalam satu file dokumen terdiri dari dua jenis format nomor halaman yaitu untuk cover, Lembar Pengesahan dan Kata Pengantar memakai nomor halaman dengan angka romawi, sedangkan untuk isinya yaitu mulai BAB 1 dan seterusnya memakai nomor halaman dengan angka latin.






Teknik Menghilangkan Nomor Halaman pada Cover

Pada dasarnya cover ialah halaman pertama, namun tidak lazim kalau pada cover atau sampul didiberi nomor halaman. maka dari itu kita hilangkan nomor halaman pada sampul. Teknik yang tergampang yaitu dengan menyembunyikannya atau menyamarkannya. Tekniknya sebagai diberikut:
  • Dobel klik pada nomor halaman yang ada di bab cover
  • Silakan seleksi atau blok nomor halaman cover tersebut, kemudian ganti warna angka pada nomor halaman cover dengan warna yang sesuai dengan background cover, contohnya putih.
  • Dobel klik lagi pada area cover atau klik tab Design kemudian klik pada sajian Close Header and Footer yang ada ikon tanda silang pada kotak warna merah
Maka kini nomor yang ada pada cover sudah tersamarkan dan kalau dicetak nomor tersebut tidak akan muncul alasannya yakni warna putih sama dengan background sampul.

Jika anda ingin menonton video tutorial Teknik Membuat Nomor Halaman dengan Dua Format Angka yang Berbeda, silakan KLIK DI SINI !

Demikian tutorial Teknik Membuat Nomor Halaman dengan Format Angka Romawi dan Angka Latin pada satu file dokumen yang sama. Semoga tutorial ini ada manfaatnya, kalau ada masukan atau pertanyaan, tidakboleh sungkan untuk menuliskannya di dalam komentar. melaluiataubersamaini bahagia hati BossTutorial akan membalas secepat yang kami bisa.

Terimakasih sudah mampir ke blog di www.bosstutorial.com





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel