Rumus Excel Untuk Membulatkan Nilai Uang





BossTutorial: Dalam perhitungan Microsoft Excel angka yang dihasilkan menurut data apa adanya, sehingga ketika menghitung nilai uang sering dihasilkan angka tertentu yang tidak sesuai dengan peredaran uang yang ada dikala ini. 
 angka yang dihasilkan menurut data apa adanya Rumus Excel untuk Membulatkan Nilai Uang

Misalnya saja hasil perhitungan simpulan sering terdapat dua digit angka menyerupai 95, 75, 50 dan sebagainya. Saat ini untuk mendapatkan uang dengan penggalan 5 rupiah, 10 rupiah, 25 rupiah dan 50 rupiah sudah sangat susah, dengan demikian kalau itu ialah nilai uang yang harus dibayarkan menyerupai penghasilan, biaya, cicilan dan lain-lain, lebih baik dilakukan pembulatan nilai uang.

Pembulatan nilai uang tersebut bisa dilakukan ke bawah, ke atas atau ke nilai terdekat. Hanya pada umumnya untuk melaksanakan pembayaran ke luar, pembulatan nilai uang dilakukan ke bawah. Sebaliknya kalau untuk mendapatkan pembayaran dari luar, pembulatan nilai uang dilakukan ke atas. Namun, ada juga yang melaksanakan pembulatan nilai uang dilakukan ke nilai yang terdekat.

Rumus Excel untuk pembulatan nilai uang tersebut ada jenis, yaitu =Round untuk pembulatan nilai uang ke nilai terdekat, =Rounddown yaitu untuk pembulatan nilai uang ke bawah dan =Roundup yaitu untuk pembulatan nilai uang ke atas.

 angka yang dihasilkan menurut data apa adanya Rumus Excel untuk Membulatkan Nilai Uang
misal tabel yang nilai uangnya perlu dibulatkan


Fungsi Excel untuk Membulatkan Nilai Uang ke Ratusan

Berikut yaitu cara menerapkan rumus pembulatan nilai uang dalam Microsoft Excel. Misalnya dari pola tabel di atas kita akan membulatkan dua digit angka terakhir menjadi "ratusan" dari besarnya THR. Hasil pembulatannya akan ditempatkan pada kolom "Jumlah yg Diterima", maka langkah-langkahnya untuk membulatkan nilai uang tersebut yaitu sebagai diberikut.

Pembulatan Nilai Uang ke Bawah (RoundDown):


  • Klik pada sel E3 yaitu pada kolom Jml yg Diterima
  • Ketikan fungsi =ROUNDDOWN(  
  • Klik sel D3 atau bisa juga dengan mengetikkan nama selnya yaitu D3
  • Tekan tombol titik-koma (;) tanpa tanda kurung
  • Ketikan angka -2 (karena kita akan membulatkan spesialuntuk dua digit angka terakhir)
  • Tekan tombol tanda kurung tutup ")" tanpa tanda kutip, atau anda bisa pribadi menekan tombol Enter dengan tanpa harus memdiberi tanda kurung tutup, alasannya Excel akan secara otomatis memdiberi tanda kurung tutup
  • Silakan copy rumus pada sel E3 untuk sel yang ada di bawahnya





Pembulatan Nilai Uang ke Atas (RoundUp):

Selanjutnya kita beralih ke kolom Jml yg Diterima (RoundUp) yang akan kita isi dengan rumus pembulatan nilai uang ke atas.
  • Ketikan pada sel F3: =ROUNDUP(D3;-2) kemudian tekan enter
  • Kopy-kan rumus tersebut pada sel di bawahnya

Pembulatan Nilai Uang ke Nilai Terdekat (Round):


Beralih ke kolom Jml yg Diterima (Round) yang akan kita isi dengan rumus pembulatan nilai uang ke nilai terdekat.

  • Ketikan pada sel G3: =ROUND(D3;-2) kemudian tekan enter
  • Kopy-kan rumus tersebut pada sel di bawahnya
Hasil pembulatan dua digit terakhir akan menghasilkan nilai uang terkecil dalam bentuk ratusan, menyerupai dalam pola tabel hasil perhitungan di bawah ini.
 angka yang dihasilkan menurut data apa adanya Rumus Excel untuk Membulatkan Nilai Uang
misal tabel hasil pembulatan dua digit terakhir


Fungsi Excel untuk Membulatkan Nilai Uang ke Ribuan

Terkadang pembulatan nilai uang yang jumlahnya besar, untuk dua digit terakhir bukan lagi menjadi ratusan, melainkan yang dibulatkan biasanya tiga digit terakhir menjadi ribuan. Hal ini alasannya dianggap akan menyulitkan bab juru bayar atau kasir ketika harus menyertakan uang dalam penggalan 100 rupiah, 200 rupiah dan 500 rupiah.

Rumus fungsi Excel yang dipakai sama, yaitu RoundDown untuk pembulatan ke bawah, RoundUp untuk pembulatan nilai uang ke atas dan Round untuk pembulatan ke nilai yang terdekat. Yang membedakan pada pada spesifikasi digitnya. Jika untuk pembulatan nilai uang dua digit terakhir memakai angka -2 sedangkan untuk pembulatan ke ribuan memakai -3.

Penulisan rumusnya menyerupai diberikut ini:
=RoundDown(D3;-3) untuk pembulatan nilai uang ke bawah
=RoundUp(D3;-3) untuk pembulatan nilai uang ke ke atas
=Round(D3;-3) untuk pembulatan nilai uang ke nilai terdekat

Hasil pembulatan nilai uang dengan tiga digit terakhir akan menghasilkan nilai ribuan pada tiga digit terakhir dari nilai jumlah uang tersebut, menyerupai dalam pola tabel di bawah ini.

 angka yang dihasilkan menurut data apa adanya Rumus Excel untuk Membulatkan Nilai Uang
misal Nilai Uang yang dibulatkan tiga digit terakhir


Catatan: 
  1. Dalam penulisan rumus Excel, tidak mengenal karakter besar atau kecil. Kaprikornus dalam menuliskan rumus pembulatan nilai uang menyerupai di atas boleh memakai karakter besar, karakter kecil atau kedua-duanya.
  2. Dalam penulisan rumus yang melibatkan tanda kurung buka dan kurung tutup, pada simpulan rumus tidak perlu lagi memasukkan tanda kurung tutup melainkan pribadi enter. Kurung tutup akan secara otomatis dimenambahkan oleh Excel.
Demikian tutorial ihwal cara membulatkan nilai uang dengan rumus fungsi Excel, agar tutorial ini bermanfaa, kalau ada masukan, Koreksi atau pertanyaan, silakan tuliskan dalam komentar. melaluiataubersamaini bahagia hati saya akan membalas secepat yang saya mampu.

Terimakasih sudah mampir ke blog BossTutorial.com dan tidakboleh lupa untuk klik "Suka" dan juga "Follower" serta "Berlangganan".



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel