Radiasi Dari Luar Bumi







Apa itu Radiasi??? Radiasi sanggup diartikan sebagai energi yang dipancarkan dalam bentuk partikel atau gelombang. Jika suatu inti tidak stabil, maka inti memiliki kelebihan energi. Inti itu tidak sanggup bertahan, suatu ketika inti akan melepaskan kelebihan energi tersebut dan mungkin melepaskan satu atau dua atau lebih partikel atau gelombang sekaligus. Radiasi elektromagnetik ialah Radiasi yang terdiri atas adonan dan interaksi gelombang magnetik dan listrik yang bergerak dengan kecepatan cahaya, misal cahaya, gelombang radio, sinar gamma, sinar-X. Semuanya sanggup dipancarkan melalui vakum. (http://www.batan.go.id)

Setiap inti yang tidak stabil akan mengeluarkan energi atau partikel radiasi yang berbeda. Pada sebagian besar kasus, inti melepaskan energi elektromagnetik yang disebut radiasi gamma, yang dalam banyak hal menyerupai dengan sinar-X. Radiasi gamma bergerak lurus dan bisa menembus sebagian besar materi yang dilaluinya. Dalam banyak kasus, inti juga melepaskan radiasi beta. Radiasi beta lebih gampang untuk dihentikan. Seng atap atau beling jendela sanggup menghentikan radiasi beta. Bahkan pakaian yang kita pakai sanggup melindungi dari radiasi beta. Unsur-unsur tertentu, terutama yang berat menyerupai uranium, radium dan plutonium, melepaskan radiasi alfa. Radiasi alfa sanggup dihalangi seluruhnya dengan selembar kertas. Radiasi alfa tidak sanggup menembus kulit kita. Radiasi alfa sangat berbahaya hanya kalau bahan-bahan yang melepaskan radiasi alfa masuk kedalam badan kita.

Semua sinar-X di bumi ini dibentuk oleh insan dengan memakai peralatan listrik tegangan tinggi. Sinar-X sanggup menembus bahan, contohnya jaringan tubuh, air, kayu atau besi, alasannya ialah sinar-X memiliki panjang gelombang yang sangat pendek. Radiasi gamma memiliki sifat yang serupa dengan sinar-X, namun radiasi gamma berasal dari inti atom. Karena berasal dari inti atom, radiasi gamma akan memancar secara terus-menerus, dan tidak sanggup dinyalakan atau dimatikan menyerupai halnya sinar-X. Radiasi gamma yang terdapat di alam terutama berasal dari bahan-bahan radioaktif alamiah, menyerupai radium atau kalium radioaktif. Beberapa inti atom yang sanggup memancarkan radiasi gamma juga sanggup dibentuk oleh manusia.

Bagi masyarakat awam, kata radiasi selalu dihubungkan dengan bom atom, kecelakaan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), limbah radioaktif, radiasi dari alat-alat elektronik serta penyebab timbulnya penyakit kanker. Radiasi tidak hanya bekerjasama dengan hal-hal negatif, radiasi salah satunya dimanfaatkan dalam dunia kedokteran,yaitu Rontgen. Sebagian masyarakat hanya mengetahui bahwa radiasi berasal dari ledakan nuklir dan alat-alat elektonik, namun faktanya diluar bumi berbagai radiasi-radiasi yang mengancam bumi. Ada 3 sumber radiasi diluar angkasa, yaitu Matahari, Galaksi, dan Magnetosfer Bumi. Bahasan lebih lanjut mengenai Magnetosfer bisa Anda lihat pada artikel ini dan untuk Matahari bisa Anda baca di Artikel ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel