Penjelasan Lengkap Corel Draw
COREL DRAW
A. Tampilan welcome screen
Tampilan Welcome Screen menawarkan enam pilihan kepada penggunanya untuk dipilih salah satunya. Berikut ini yakni klarifikasi dari ke enam opsi tersebut :
- New Graphic digunakan untuk menciptakan sebuah file obyek gambar yang baru.
- Open Last Edited untuk membuka file obyek gambar yang telah dibentuk dan pernah diedit terakhir kali.
- Open Graphic untuk membuka file – file Corel Draw yang pernah dibentuk dan tersimpan dalam hardisk atau removable disk (Simpanan luar)
- Template untuk menciptakan obyek gambar dengan memakai kemudahan template (pola–pola/desain) yang disediakan oleh Corel Draw atau yang dibentuk oleh user.
- Corel Tutor untuk membuka lembaran tutorial yang disediakan oleh Corel Draw
- What’s New? Informasi ihwal beberapa hal yang gres pada CorelDraw versi ini
B. Elemen elemen Corel Draw
Nama Elemen | Keterangan |
Toolbox | Bagian yang berisi beberapa tombol perintah untuk menciptakan dan memodifikasi obyek gambar |
Menu Bar | Bagian yang berisi beberapa pilihan hidangan untuk menjalankan suatu perintah |
Toolbar | Bagian yang berisi beberapa tombol perintah untuk menjalankan suatu perintah |
Property Bar | Bagian yang berisi perintah – perintah yang berafiliasi dengan tombol perintah atau obyek yang aktif |
Drawing Page | Area cetak yang sanggup digunakan untuk menciptakan dan mengolah obyek gambar |
Ruler | Bagian yang digunakan untuk melihat membuat, menentukan ukuran atau posisi obyek gambar dalam dalam drawing page atau drawing window dengan sistim metrik tertentu |
Drawing Window | Area yang lebih luas yang sanggup digunakan untuk mengolah obyek gambar diluar area cetak |
Vertical Scrollbar | Bagian yang digunakan untuk menggulung drawing page / drawing window ke atas atau ke bawah |
Color Pallete | Bagian yang berisi daftar warna yang sanggup dipilih untuk mewarnai obyek gambar |
Status Bar | Bagian yang berisi gosip obyek gambar dan posisi pointer mouse dalam obyek gambar |
Document Navigator | Bagian yang sanggup digunakan untuk menambah, mengurangi, mengganti nama dan berpindah ke halaman yang lain |
Page | Informasi ihwal halaman cetak yang sedang aktig dan semua halaman yang telah dibuat |
Horizontal Scrollbar | Bagian yang digunakan untuk menggulung drawing page / drawing window ke kiri atau ke kanan |
Navigator | Tombol perintah yang berfungsi untuk membuka tampilan lembar kerja dalam ukuran kecil dan sekaligus sanggup digunakan untuk memindahkan fokus tampilan pada area gambar tertentu yang dikehendaki |
Fill & Line Color | Berisi gosip ihwal warna yang digunakan obyek gambar |
C. Menubar
Menubar adalah baris hidangan yang berisi perintah-perintah yang digunakan untuk mengatur dan mendesain gambar, contohnya untuk menampilkan dan menyembunyikan grid, ruler, dan guidelines. Dalam hidangan utama terdapat submenu dan di dalam submenu terdapat submenu berikutnya. Menu sanggup Anda aktifkan dengan cara-cara berikut.
(1) Klik pada nama hidangan dengan mouse, atau
(2) Tekan tombol Alt pada keyboard diikuti dengan karakter yang bergaris bawah pada nama menu. Misalkan, menentukan hidangan Arrange, tekan tombol Alt+A.
Jika Anda ingin menentukan submenu, tekan satu karakter pada keyboard sesuai dengan karakter yang diberi garis bawah pada hidangan tersebut. Contohnya, untuk membuka hidangan Arrange Tranformations Rotate , Anda sanggup menekan tombol Alt+ A+ F+ R.
1) File
Berikut beberapa submenu pada Menu File yang umum digunakan.
New untuk menciptakan gambar atau desain gres dari layout kosong (blank).
# New Form Template untuk menciptakan gambar atau desain gres dari file template (desain yang sudah terbentuk sebelumnya,*. cdt).
# Open untuk membuka file *.cdr.
# Close untuk menutup lembar kerja yang aktif.
# Close All untuk menutup lembar kerja keseluruhan.
# Save untuk menyimpan file atau lembar hasil kerja.
# Save As untuk menyimpan file dengan nama baru, biasa digunakan untuk file yang sudah tersimpan
kemudian disimpan kembali dengan nama lain.
# Acquire Image untuk mengambil gambar dari scanner.
# Import untuk mengambil gambar, foto atau teks dari file lain baik file CDR, BMP, TXT,TIF ataupun JPG.
# Export untuk menyimpan dokumen dalam format file lain.
# Print Merge untuk mencetak dengan menggabungkan pada file txt.
# Print Setup untuk menentukan jenis printer yang dipakai, ukuran kertas serta set warna atau monochrome.
# Publish to The Web, Document Info.
# Exit untuk keluar kegiatan CorelDRAW.
2) Edit
Berikut beberapa submenu pada Menu Edit yang umum digunakan.
# Undo untuk membatalkan satu atau dua perintah sebelumnya dalam pengeditan.
# Redo untuk mengembalikan perintah yang sudah dibatalkan oleh perintah undo.
# Repeat untuk mengulangi langkah terakhir yang dilakukan dalam pengeditan.
# Cut untuk menghapus objek dan menyimpannya di memori sehingga sanggup ditampilkan kembali dengan perintah paste.
# Copy untuk menyalin objek dan tersimpan di memori.
# Paste untuk mengaktifkan atau menampilkan objek-objek yang ada di memori (objek yang di-cut atau di-copy).
# Paste Special untuk mengaktifkan objek dari hasil cut atau copy dari kegiatan lain disertai dengan alternatif lain.
# Duplicate untuk menciptakan duplikat atau salinan objek ketika itu juga.
# Clear untuk menghapus objek.
# Select All untuk menentukan semua hasil editan.
# Find and Replace untuk mencari dan mengganti nama kata.
# Insert New Object untuk menciptakan objek dari kegiatan lain dan kembali ke CorelDRAW dengan membawa objek.
3) View
Berikut beberapa submenu pada Menu View yang umum digunakan.
# Wireframe untuk menampilkan objek hanya outline tanpa menampilkan warna garis, isi, dan imbas berfungsi mempercepat pengeditan pada layar.
# Full Screen Preview untuk menampilkan objek satu layar penuh.
# Rulers untuk menampilkan penggaris di atas dan di samping jendela aplikasi.
# Grid untuk menampilkan titik-titik bantu pada layar aplikasi.
# Guidelines untuk memunculkan garis bantu.
# Show untuk menampilkan hasil edit.
# Snap to Grid untuk mengubah atau memindahkan menurut grid.
# Snap to Guidelines untuk memindahkan atau mengubah objek dengan merapat guidelines (garis bantu).
# Grid and Ruler Setup untuk menentukan satuan skala baik inci, milimeter atau pixel.
# Guidelines Setup untuk menentukan posisi guide pada layout.
# Dynamic Guides Setup untuk menyediakan ketentuan dalam menciptakan garis bantu dinamis.
4) Layout
Berikut beberapa submenu pada Menu Layout yang umum digunakan.
# Insert Page untuk menyisipkan atau menambahkan halaman.
# Delete Page untuk menghapus halaman.
# Rename Page untuk mengganti nama.
# Go To Page untuk menentukan halaman yang akan diedit.
# Page Setup merupakan ketentuan dalam ukuran halaman.
# Page Background untuk memasukkan latar belakang warna atau objek gambar pada halaman.
5) Arrange
Berikut beberapa submenu pada Menu Arrange yang umum digunakan.
# Transformations untuk menciptakan imbas tranform.
# Align and Distribute menentukan satu objek pada posisi kiri, kanan, tengah bawah atau atas dari objek lain.
# Order untuk menentukan objek depan atau belakang dari objek lainnya.
# Group untuk menghimpun dua atau lebih objek dan menguncinya.
# Ungroup untuk melepas kunci dari himpunan objek yang telah di-group.
# Ungroup All untuk melepas kunci dari himpunan objek secara keseluruhan.
# Combine untuk menggabungkan dua objek atau lebih menjadi satu objek yang berupa curve dan masih menampilkan objek-objek tersebut berpotongan.
# Break Apart untuk memisahkan objek yang sudah di combine.
# Lock Object untuk mengunci objek.
# Unlock Object untuk melepaskan kunci objek yang telah di-lock.
# Shaping, Convert to Curves untuk menciptakan objek atau teks yang tersorot dijadikan objek lain berupa curve.
6) Effects
Berikut beberapa submenu pada Menu Effects yang umum digunakan.
# Transform untuk menampilkan jendela perintahperintah pindah (move), berputar (rotate), Strenght
atau juga skew.
# Correction untuk mengkoreksi hasil efek. # Artistic Media untuk menampilkan jendela gambar dan goresan pena artistik.
# Blend untuk menampilkan jendela hidangan imbas blend.
# Contour untuk menampilkan jendela hidangan imbas contour.
# Envelope untuk menampilkan jendela hidangan imbas envelope.
# Extrude untuk menampilkan jendela hidangan imbas Extrude.
# Bevel untuk menampilkan jendela hidangan imbas Bevel.
# Lens untuk menampilkan jendela hidangan imbas lens.
# Add Perspective untuk menambah dan menampilkan perspektif.
# PowerClip klip-klip imbas dalam mengubah imbas yang sudah ada.
# Copy Effect untuk menyalin efek.
# Clone Effect untuk meng-clone (menggandakan) dari objek lain yang sudah diberi efek.
7) Bitmaps
Berikut beberapa submenu pada Menu Bitmaps yang umum digunakan.
# Convert to Bitmap untuk mengubah gambar menjadi bentuk bitmap.
# Auto Adjust, untuk mengatur channel warna dan kekontrasan gambar secara otomatis.
# Image Adjusment Lab untuk mengatur chanel warna dan kekontrasan gambar secara normal.
# Edit Bitmap, untuk mengubah-ubah atau mengedit gambar.
# Crop Bitmap untuk memotong gambar.
# Trace Bitmap untuk memilah-milah warna yang ada pada gambar.
# Mode untuk menentukan warna pada gambar.
# Bitmap Color Mask untuk mengkombinasikan warna pada gambar bitmap.
# 3D Effects untuk mengatur imbas 3 dimensi gambar.
# Art Strokes untuk menciptakan gambar tampak hasil goresan.
# Blur untuk mengatur tingkat kekaburan gambar.
# Camera untuk mengatur imbas fokus gambar.
# Color Transform untuk mengatur pengubahan warna gambar.
# Contour untuk untuk menciptakan garis-garis pinggir objek pada gambar.
# Sharpen untuk mengatur keragaman gambar.
8) Text
Berikut beberapa submenu pada Menu Text yang umum digunakan.
# Character Formatting menu-menu text berupa jenis huruf, spasi, style, dan lain-lain.
# Paragraph Formatting menu-menu paragraf, mirip spasi baris, jarak paragraf, bullet, dan numbering.
# Tabs hidangan tabulasi.
# Columns hidangan menciptakan kolom.
# Drop Cap untuk menciptakan karakter pada awal kalimat menjadi besar (kapital).
# Edit Text untuk mengedits teks, menambahkan, menyisipkan, atau menghapus kata, atau juga huruf.
# Insert Symbol Character untuk memasukkan simbol.
# Insert Formatting Code untuk menampilkan hidangan kode.
# Fit Text to Path hidangan teks melengkung mengikuti bulat atau garis yang telah dibuat.
# Align to Baseline untuk mengembalikan karakter pada dasar baris karakter normal.
# Paragraph Text Frame penentuan kolom dalam sebuah frame teks.
# Writing Tools untuk menampilkan tombol-tombol teks.
# Change Case untuk menentukan perubahan tipe huruf.
# Font List Options untuk menampilkan jenis-jenis karakter yang tersedia pada kegiatan CorelDRAW maupun yang sudah di-install-kan.
9) Tool
Berikut beberapa submenu pada Menu Tool yang umum digunakan.
# Options, untuk mengatur fitur-fitur pada area kerja dokumen dan pilihan bahasa pengantar.
# Customization, untuk mengatur toolbar-tool dan hidangan lain yang ingin dimunculkan pada halaman menggambar CorelDRAW.
# Color Management, untuk mengatur pilihan mode gambar (CMYK atau RGB) pada objek hasil gambar.
# Save Settings As Default untuk mengatur pilihan penyimpanan dokumen.
# Object Data Manager untuk memunculkan jendela object data manager.
# View Manager untuk memunculkan jendela view manager.
# Link Manager untuk mengatur link.
# Undo Docker untuk menunjukkan langkah-langkah yang dilakukan selam pengolahan gambar.
# Internet Bookmark Manager untuk memperhatikan data korelasi ke internet.
# Color Style untuk menunjukkan history pewarnaan gambar.
# Palette Editor untuk menentukan komposisi warna baru.
10) Window
Berikut beberapa submenu pada Menu Window yang umum digunakan.
# New Window untuk memunculkan halaman menggambar yang besar.
# Cascade untuk menampilkan beberapa halaman menggambara secara teratur dari depan ke belakang.
# Tile Horizontally untuk menampilkan beberapa halaman menggambar tersusun berjajar secara horizontal.
# Tile Vertically untuk menampilkan beberapa halaman menggambar tersusun berjajar secara vertikal.
# Arrange Icons untuk menyusun ikon.
# Color Palettes untuk memunculkan pilihan palet warna.
# Dockers untuk memunculkan docker pilihan tertentu.
# Toolbars untuk memunculkan toolbar pada halaman menggambar.
# Close
D. Toolbox
Penjelasan:
a. Pick tool
Mengaktifkan obyek dan untuk melaksanakan editing dasar dari obyek. Misalnya scaling, rotating, skewing, resizing
b. Shape Tools
- Shape Tool : Melakukan proses editing node pada shape( komponen garis dari obyek).
- Smudge Tool : Menggosok obyek sehingga merubah bentuk obyek yang digosok tersebut.
- Roughen Tool : Memberikan imbas distorsi pada obyek.
- Transform Tool : Merotasi, membesarkan, mengecilkan, skewing image secara bebas.
c. Crop Tools
- Crop Tool : Digunakan untuk menghapus objek diluar seleksi.
- Knife Tool : Pisau yang berfungsi untuk memotong obyek. Cara kerjanya persis mirip memakai pisau biasa.
- Eraser Tool : Menghapus bab tertentu dari obyek.
- Virtual Segment delete tool : Menghapus segmen secara virtual
d. Zoom Tools
- Zoom Tool : Membesarkan atau mengecilkan tampilan area kerja di monitor.
- Hand Tool : Menggeser area kerja ke posisi tertentu.
e. Curve Tools
- Freehand Tool : Membuat obyek berupa garis bebas.
- Bezier Tool : Membuat obyek garis dengan menentukan banyaknya node.
- Artistic Media Tool : Membuat obyek garis dengan banyak sekali bentuk yang artistik.
- Pen Tool : Membuat obyek kombinasi antara garis lurus dan garis lengkung secara langsung.
- Polyline Tool : Membuat obyek kombinasi garis lurus dan freehand secara langsung.
- 3-Point Tool : Membuat obyek garis dengan kurva 3 point.
- Connector Tool : Membuat obyek garis konektor secara interaktif
- Dimension Tool : Membuat obyek garis ukuran pada suatu obyek yang kita buat.
f. Smart Tools
- Smart Fill : Untuk mewarna objek dan garis secara bersamaan sesuai dengan pengaturan.
- Smart Drawing : Membuat obyek garis secara bebas mirip freehand tool, namun dengan hasil yang lebih bagus.
g. Rectangle Tools
- Rectangle Tool : Membuat obyek persegi panjang atau bujur sangkar.
- 3-Point Rectangle Tool : Membuat obyek persegi panjang atau bujur kandang dengan kemiringan tertentu.
h. Ellipse Tools
- Ellipse Tool : Membuat obyek bulat atau elips.
- 3-Point Ellipse Tool : Membuat obyek bulat atau elips dengan kemiringan tertentu.
i. Object Tools
- Polygon Tool : Membuat obyek segi banyak.
- Star Tool : Membuat obyek-obyek bintang.
- Complex Star Tool : Membuat obyek-obyek bintang sudut banyak.
- Graph Paper : Membuat obyek mirip tabel.
- Spiral Tool : Membuat obyek spiral.
- Text Tool : Membuat obyek teks.
- Table Tool : Membuat tabel.
j. Perfect Shape Tools
- Basic Shapes Tool : Membuat obyek-obyek dasar.
- Arrow Shapes Tool : Membuat obyek-obyek anak panah.
- Flowchart Shapes Tool : Membuat obyek-obyek flowchart.
- Banner Shapes Tool : Membuat objek-objek banner.
- Callout Shapes Tool : Membuat obyek-obyek callout (objek isi teks pada komik).
TOOL EFEK
k. Interactive Tools
- Blend tool : Memberikan imbas transformasi dari satu obyek ke obyek lain.
- Contour tool : Memberikan imbas kontur pada obyek.
- Distort tool : Memberikan imbas distorsi pada obyek.
- Drop shadow tool : Memberikan imbas bayangan pada obyek.
- Envelope tool : Memberikan imbas perubahan bentuk pada obyek.
- Extrude tool : Memberikan imbas tiga dimensi pada obyek.
- Transparency tool : Memberikan imbas transparansi warna pada obyek.
TOOL PEWARNAAN
l. Eyedropper Tools
- Eyedropper tool : Mengambil sampel warna dari suatu obyek.
- Paintbucket tool : Memberikan warna tertentu pada suatu obyek.
m. Interactive Fiil Tools (warna obyek)
- Fill tool : Mewarna objek dengan macam-macam metode.
- Mesh fiil tool : Mewarna bidang pada objek.
n. Outline Tools (warna garis)
- Outline color dialog : Memunculkan color outline tool.
- No outline : Menghilangkan outline.
- Hairline outline : Memberikan outlinedengan ukuran sangat kecil.
- ½ point outline : Memberikan ukuran outline½ poin.
- 1 point outline : Memberikan ukuran outline1 poin.
- 2 point outline : Memberikan ukuran outline2 poin.
- 8 point outline : Memberikan ukuran outline8 poin.
- 16 point outline : Memberikan ukuran outline16 poin.
- 24 point outline : Memberikan ukuran outline24 poin.
- Color docker window : Memunculkan color docker windowuntuk outline.
- Fill color dialog : Memunculkan kotak obrolan warna isi.
- Fountine fill dialog : Memunculkan kotak obrolan warna gradasi
- Pattern fill dialog : Memunculkan kotak obrolan pola.
- Texture fill obrolan : Memunculkan kotak obrolan tekstur.
- Postscript fill obrolan : Memunculkan kotak obrolan postscript.
- No fill : Menghilangkan warna isi.
- Color docker dialog : Memunculkan color docker window untuk warna isi.