Layanan/Fasilitas Dari Internet



Layanan Internet

            Melihat perkembangan internet dikala ini, internet merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat luas. Bukan lagi barang mewah, internet kini sudah gampang diakses. Berbagai pekerjaan ataupun kebutuhan sanggup diselesaikan dengan gampang memakai layanan yang telah disediakan di internet. Layanan-layanan yang ada di internet memang sangat membantu, terlebih lagi tidak hanya satu jenis layanan yang disediakan, di internet banyak layanan yang sanggup digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan para penggunanya. Berikut ini layanan-layanan yang disediakan di internet yang sanggup kita gunakan:
a.              WWW (World Wide Web)
 internet merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat luas Layanan/Fasilitas dari Internet
WWW ialah layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini memakai link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Halaman web sanggup berisi suara, gambar, animasi, teks, dan agenda perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna sanggup melihat World Wide Web dari sebuah browser yaitu agenda yang sanggup menampilkan HTML (skrip halaman web), mirip mozilla firefox, google chrome dan sebagainya. Layanan ini memungkinan kita semua sanggup menjelajahi halaman website yang ada di internet. Para pencari informasi di internet memanfaatkan layanan WWW guna mencari informasi berlimpah dari internet.
b.             E-mail
E-mail  merupakan kependekan dari Electronic Mail. E-mail ialah surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima oleh dan antar individu atau komputer. E-mail bekerja mirip mesin penjawab telpon, walaupun kita tidak sedang online dengan internet kita masih sanggup mendapatkan email dari seluruh penjuru dunia. E-mail suatu metode untuk mengirimkan pesan, menyimpan dan meneruskan ke alamat e-mail yang lain melalui media elektronik (internet/intranet).. Dengan layanan ini kita sanggup mengirim atau mendapatkan e-mail dari dan ke pengguna internet di seluruh dunia, dan setiap pesan yang dikirim dan terima akan selalu tersimpan pada mailbox. Jika dibandingkan dengan pos, layanan e-mail jauh lebih cepat. Kita sanggup mengirim e-mail ke sobat yang berada di luar negeri hanya dalam waktu beberapa menit bahkan detik dan tidak perlu khawatir surat tersebut akan rusak atau tidak hingga ketujuannya. Jika alamat e-mail tujuan tidak ditemukan, pesan tersebut akan dikirim kembali ke e-mail pengirim, hanya dalam hitungan detik saja.
Saat ini, email tidak hanya berisi teks saja tetapi sudah sanggup dilampiri dengan grafik, gambar foto dan juga bunyi bahkan animasi. Email juga sanggup digunakan untuk berkirim surat secara eksklusif kepada beberapa orang sekaligus. Berkirim dan mendapatkan email, dikala ini sudah menjadi hal yang umum dilakukan orang di internet. Kita sanggup berkomunikasi dengan siapa saja di seluruh dunia dengan layanan email ini, asalkan sudah mempunyai alamat email tertentu. teladan alamat email : duik@peter.petra.ac.id. Layanan internet berupa e-mail ini sangat banyak sekali macamnya, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Contoh e-mail yang gratis ialah Yahoo, Gmail, dan Hotmail.
c.              Mailing list
Layanan internet Mailing list memungkinkan adanya sebuah lembaga diskusi antar para pemilik e-mail di internet. Materi diskusi biasanya dikirim ke e-mail masing-masing anggota diskusi. Penyedian Mailing List terkenal dikala ini ialah Yahoo Groups. Anda sanggup mendiskusikan banyak sekali macam topik diskusi dengan menjadi anggota sebuah mailing list. Setiap anggota milis sanggup membaca surat dari anggota lainnya yang berada dalam bundar grup diskusi. Dan setiap anggota juga berhak membalas surat atau tidak. Apabila ada salah satu anggota yang membalas pesan maka semua anggota yang berada dalam bundar grup diskusi akan menerima akibat tersebut. Dalam milis setiap orang sanggup berlangganan atau berhenti berlangganan.
d.             Usenet
Usenet (User Network) atau NetNews merupakan lembaga diskusi internasional melalui internet wacana banyak sekali macam hal dan bidang. Media diskusi yang biasa digunakan dalam Usenet berupa artikel. Artikel-artikel yang dikirimkan atau terpasang pada Usenet sanggup dibaca oleh para pengguna internet di seluruh dunia. Tiap goresan pena atau artikel dikelompokkan menurut topik tertentu (newsgroup).
e.              FTP (File Transfer Protokol)
FTP ( File Transfer Protocol ) adalah salah satu layanan yang di kembangkan pada awal perkembangan  internet. FTP memungkinkan para pemakai internet untuk menghubungkan ke suatu komputer  di internet kemudian, mengakses isi direktori yang ada di dalamnya  dan sanggup mengcopy atau men-transfer file-file ke komputer lokal miliknya.  FTP sistem yang digunakan untuk men-transfer data dari satu komputer ke komputer lainnya melalui jaringan komputer. Transfer file melalui FTP melibatkan dua komputer, yaitu komputer server FTP (di internet) dan komputer client (personal komputer). Komputer server menyediakan file-file yang sanggup di-download oleh siapapun.
Untuk sanggup men-download file dari sebuah server FTP kau perlu mengetahui alamatnya. Jika alamat web biasanya diawali dengan HTTP, alamat situs FTP diawali dengan FTP. Untuk sanggup mengembangkan file dibutuhkan dua macam agenda aplikasi. Komputer FTP server memakai agenda aplikasi FTP server, sedangkan komputer client memakai agenda aplikasi FTP client. Ada banyak sekali macam agenda aplikasi FTP client yang sanggup digunakan mirip Fire FTP, FTP Explorer dan sebagainya.
f.               Gopher
 internet merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat luas Layanan/Fasilitas dari Internet
Sistem Gopher merupakan pendahulu dari Web. Gopher dikembangkan pertama kali oleh Computer And Information Services Departement di Universitas Minnesota. Gopher merupakan sistem yang pertama kali digunakan untuk mengakses informasi dari server melalui internet berupa teks, gambar, atau suara. Gopher tersusun atas untaian menu sistem pencarian dan inovasi kembali. Situs Gopher ialah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini ialah daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini memakai FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.
g.             Telnet
Telnet adalah sebuah agenda aplikasi komunikasi yang memungkinkan login ke sistem komputer lain yang letaknya jauh dan menjelaskan komputer tersebut dari jarak jauh. Untuk sanggup memasuki sistem komputer lain harus tahu alamat IP komputer tersebut. Sebagai contoh, dikala berada di sekolah kau sanggup memakai komputer tersebut untuk memasuki sistem komputer yang ada di rumah, selama komputernya beroperasi. Beberapa server di internet memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu. Layanan ini disebut sebagai telnet. Penggunaan server ini sama mirip jikalau kita melakukannya pada komputer di jaringan lokal.
Contohnya : spacelink.msfc.nasa.gov, ialah layanan telnet gratis dari NASA wacana sejarah dan seluk beluk NASA.
h.             IRC (Internet Relay Chatting)
IRC ( Internet Relay Chatting ) ialah layanan di internet yang di kembangkan sekitar 1980an di kenal dengan sebutan chat saja, yang bahwasanya merupakan pengembangan dari Utilitytalk di sistem UNIX. IRC ialah suatu teknologi dimana setiap orang sanggup berinteraksi dengan orang lain yang jaraknya jauh. IRC memungkinkan sanggup berinteraksi dengan orang lain dengan melaksanakan dialog tertulis. Dengan adanya teknologi ini kita sanggup berkenalan dengan orang gres dan memperbanyak sobat atau relasi. Kita pun sanggup saling melihat wajah lawan bicara kita apabila komputer kita/orang tersebut dilengkapi WebCam. Banyak orang melaksanakan chating selama berjam-jam alasannya sangat murah dan proses pengiriman atau penerimaan akibat yang cepat.
i.               VOIP
Layanan yang sanggup digunakan untuk berbicara lewat internet dikenal dengan sebutan VOIP. Telepon lewat internet mirip dengan telepon kabel. Letak perbedaannya ialah pada jaringan komunikasi yang digunakan. Telepon kabel memakai jalur telepon rumah (PSTN), sedangkan telpon internet melalui jaringan internet. Layanan ini menjadi alternatif yang menguntungkan alasannya biaya yang lebih murah terutama untuk komunikasi jarak jauh. Contoh agenda aplikasi yang sanggup digunakan untuk telepon internet ialah Instant Messenger dan VOIP rakyat.
j.               CU-SeeMe
CU-SeeMe merupakan layanan untuk konferensi video sehingga pengguna sanggup berkomunikasi dengan mendapatkan dan mengirimkan bunyi dan video secara bersamaan. Perkembangan teknologi konferensi video juga memungkinkan komunikasi sanggup dilakukan oleh banyak orang untuk keperluan rapat-rapat bisnis dan konferensi jarak jauh. Beberapa agenda aplikasi yang sanggup digunakan untuk keperluan ini diantaranya Net Meeting, MSN Messenger, dan Yahoo Messenger.
k.             Search engine ( mesin pencari)
Search engine ialah website yang menyediakan layanan untuk mencari situs, gambar, foto dan sebagainya dengan cepat. Terdapat banyak website pencari di internet antara lain yaitu Google, Yahoo, Altavista, Excite, FAST search dan sebagainya. Dalam situs yang memperlihatkan layanan search engine terdapat kolom kosong untuk menulis teks dari data yang ingin dicari. Untuk melaksanakan proses pencarian tekan tombol enter pada keyboard atau klik tombol search sesudah mengetikkan teks dari judul yang dicari. Data yang sudah ditemukan dalam sebuah website sanggup disimpan dalam komputer dicetak memakai printer. Surfing merupakan kegiatan di internet yang paling terkenal dikala ini. Akses informasi di internet sanggup dilakukan dengan memakai search engine.
l.               Blog
Blog ialah layanan yang memungkinkan kita untuk sanggup menuangkan segala curahan hati, menulis cerita, menulis pengalaman pribadi, dan sebagainya dalam bentuk kata-kata atau gambar. Layanan blog yang terkenal dan banyak digunakan antara lain Blogspot dan Wordpress.
m.           Internet Fax
Layanan ini sanggup di gunakan untuk mengirimkan faks yang biasa di lakukan melalui mesin faksmili, aplikasi ini gampang di gunakan dan biata pengiriman faks di hitung sebagai biaya lokal. Layanan internet fax memberikan akomodasi bagi para sekertaris untuk mengirimkan pesan faksimili dalam jumlah yang sangat banyak.
n.             Internet Telephony
Layanan internet ini memungkinkan para pengguna untuk berbicara melalui internet mirip layaknya memakai pesawat telepon. Namun, terminal yang digunakan berupa komputer yang di lengkapi alat peserta dan mikrofon, alamat situs yang di menyediakan informasi lebih lanjut wacana Internet Telephony ialah www.net2phone.com atau www.buddytalk.com
o.             NewsGroup
NewsGroup ialah layanan di internet yang merupakan pengembangan dari E-mail. NewsGroup ialah forum-forum disuksi secara online di internet. NewsGroup merupakan bab dari UseNet atau User's NetWork. Bila diibaratkan UseNet suatu gedung, maka NewsGroup merupakan ruang-ruang yang ada di dalamnya. NewsGroup berfungsi sebagai ruang percakapan bagi pengguna yang mempunyai kepentingan yang sama. Topik yang digunakan ialah topik yang disediakan untuk umum sehingga kita sanggup menentukan topik yang kita inginkan. Setiap komputer terdapat beberapa NewsGroup. Setiap NewsGroup diatur menurut satu topik general yang kemudian dibagi menjadi beberapa subtopik dibawahnya.
teladan Newsgroup : rec.arts.cinema
rec ialah topik utama, arts ialah subtopik dan cinema sub-subtopik.
p.             E-commerce
E-Commerce merupakan layanan internet untuk kepentingan ekonomi, mirip toko online. Dengan adanya layanan internet semacam ini anda tidak perlu repot lagi belanja ke mall atau supermarket untuk membeli barang yang anda inginkan. Cukup buka laptop anda kemudian koneksikan dengan internet, cari toko online terpercaya yang menjual barang yang anda inginkan, transfer dan barang harapan anda pun akan dikirim ke rumah anda.
q.             E-banking
Kemudahan transaksi dan transfer uang real time sanggup anda dapatkan dengan memakai layanan internet E-Banking. Saat ini hampir semua bank pemerintah maupun swasta menyediakan fitur E-Banking ini kepada para nasabahnya. Kelebihan dari E-Banking di banding dengan transaksi biasa ialah kemudahannya. Untuk transfer misalkan, anda tidak perlu tiba ke mesin ATM terdekat lagi untuk men-transfer sejumlah uang. Cukup gunakan layanan internet ini maka anda pun sanggup men-transfer uang dengan cepat.
r.              E-learning
Merupakan sistem pembelajaran elektronik, dimana peserta didik dan guru tidak bertatap muka secara eksklusif melainkan dari jarak jauh. Komputer menjadi mediator antara pengajar dan peserta didik. Dengan adanya e-learning kita sanggup membaca bahan secara berulang - ulang. Namun sanggup mengurangi interaksi antara guru dengan murid secara langsung.
s.              E-government
E-Goverment merupakan bentuk pelayanan pemerintahan terhadap masyarakatnya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Ada beberapa model penyampaian utama yaitu Goverment to Citizen / Goverment to Customer (G2C),Goverment to Employ (G2E), Goverment to Business (G2B), dan Goverment to Goverment (G2G). E-Goverment dibutuhkan sanggup meningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel