Perkembangbiakan Binatang (Generatif, Vegetatif, Ovipar, Vivipar, & Ovovivipar)

Makhluk hidup melaksanakan proses perkembangbiakan untuk mempertahankan jenisnya semoga tidak punah dengan menghasilkan keturunan yang baru. Secara garis besar, perkembangbiakan makhluk hidup dibedakan menjadi dua yaitu perkembangbiakan generatif dan perkembangbiakan vegetatif.

1. Perkembangbiakan Generatif
Perkembangbiakan generatif ialah perkembangbiakan secara kawin, yaitu perkembangbiakan yang melibatkan pertemuan antara sel kelamin jantan (sel sperma) dengan sel betina (sel telur). Pada insan dan hewan, sel sperma dihasilkan oleh testis dan sel telur dihasilkan oleh ovarium. Sedangkan alat perkembangan flora terdiri dari kelopak, mahkota, benang sari (alat kelamin jantan), dan putik (alat kelamin betina). Peristiwa jatuhnya serbuk sari dari benang sari ke kepala putik disebut penyerbukan.

2. Perkembangbiakan Vegetatif
Perkembang biakan Vegetatif ialah perkembangbiakan secara tidak kawin atau perkembangbiakan yang hanya membutuhkan satu individu saja, sebab tidak tidak diketahui jenis kelaminnya. Perkembangbiakan vegetatif pada hewan, contohnya dengan membentuk tunas pada ubur-ubur. Sedangkan perkembangbiakan vegetatif pada flora ialah dengan cara:
a. tunas, contohnya ialah pisang
b. umbi lapis, contohnya ialah  bawang merah
c. umbi akar, contohnya ialah a wortel
d. umbi batang, contohnya ialah  kentang
e. cangkok
f. okulasi
g. setek daun, contohnya ialah cocor bebek

Berdasarkan cara melahirkan anak, perkembangbiakan binatang sanggup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:
1. Ovipar
Ovipar ialah perkembangbiakan binatang dengan cara bertelur. Pembuahan sanggup terjadi di dalam badan (internal) maupun di luar badan (eksternal).
Contoh binatang ovipar internal: ayam, burung, bebek
Contoh binatang ovipar eksternal: ikan, kodok

2. Vivipar
Vivipar ialah perkembangbiakan binatang dengan cara melahirkan. Sebenarnya binatang yang melahirkan juga menghasilkan telur. Tetapi telur tersebut tidak dibungkus oleh cangkang dan tidak dikeluarkan dari tubuh. Saat terjadi perkawinan, sperma binatang jantan akan membuahi telur di rahim binatang betina. Telur yang telah dibuahi disebut zigot, yaitu calon individu gres (embrio).
COntoh binatang vivipar: sapi, kucing, harimau, kerbau, kera

3. Ovovivipar
Ovovivipar ialah perkembangbiakan binatang dengan cara bertelur dan melahirkan. Perkembangan ini diawali dengan bertelurnya binatang betina di dalam tubuhnya. Telur tersebut lalu akan dibuahi sel sperma yang dihasilkan binatang jantan. Pembuahan menghasilkan zigot yang akan tumbuh menjadi embrio di dalam telur. Embrio tersebut akan menetas di dalam badan binatang betina. Selanjutnya, bayi dari hasil penetasan dalam badan akan dikeluarkan binatang betina menyerupai proses melahirkan.
Contoh binatang ovovivipar: ular boa, kadal, hiu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel