Peranan Binatang & Tumbuhan Bagi Manusia

Kelestarian dan keanekaragaman hayati harus senantiasa diperhatikan biar keseimbangannya selalau terjaga. Keseimbangan itu dibutuhkan untuk mempertahankan kehidupan manusia. Jika kita amati semua benda dan makhluk hidup beserta peranannya yang ada disekitar, maka kita akan mengetahui bahwa insan tidak akan bisa memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa flora dan binatang disekitarnya.
Kelestarian dan keanekaragaman hayati harus senantiasa diperhatikan biar keseimbangannya s Peranan Hewan & Tumbuhan Bagi Manusia

Makhluk hidup sebagai sumber pangan tidak diragukan lagi keberadaannya. Perhatikan masakan yang tersaji di meja makan. Darimanakah kita menerima materi masakan menyerupai itu? Semua berasal dari makhluk hidup. Pakaian insan juga berasal dari makhluk hidup, contohnya sutera dan kapas. Untuk mendirikan perumahan, kayu merupakan materi dasar yang penting. Selain itu banyak sekali perabot rumah tangga juga terbuat dari kayu. Saat ini sedang marak penggunaa obat tradisional yang berasal dari makhluk hidup sebagai alternatif pengobatan. Obat tradisional merupakan derma banyak sekali makhluk hidup untuk kesehatan manusia.

Sebagai sumber ekonomi,makhluk hidup juga dibutuhkan sebagai materi baku industri. Industri perkebunan, obat-obatan, kosmetika, makanan, dan minuman merupakan tumpuan industri yang berkaitan akrab dengan keberadaan makhluk hidup. Selain itu banyak jenis-jenis makhluk hidup yang sanggup dipanen dari alam atau hutan dan diperdagangkan langsung, contohnya rotan, umbi-umbian, binatang buruan, dan buah-buahan.

Keanekaragaman binatang dan flora juga berperan penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Sebagai contohnya yakni flora di hutan hujan tropis yang banyak menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida dari udara. Lebih jauh lagi, hutan hujan tropis merupakan paru-paru dunia alasannya yakni peranannya sangat penting dalam menjaga keseimbangan komposisi gas di udara. Semakin beraneka ragam makhluk hidup dalam suatu ekosistem, akan semakin stabil pula suatu ekosistem itu.

Keberadaan binatang dan flora juga berperan penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Keanekaragaman makhluk hidup merupakan sumber plasma nutfah. Apakah plasma nutfah itu? Plasma nutfah yakni bab badan tumbuhan, hewan, atau mikroorganisme yang memiliki fungsi dan kemampuan mewariskan sifat. Keaneka ragaman plasma nutfah dibutuhkan untuk membuat jenis-jenis tumbuhan atau binatang budidaya yang unggul. Selain itu keanekaragaman hayati memungkinkan kita untuk menemukan sumber pangan dan obat-obatan alternatif serta kebutuhan dasar insan lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel