Kelainan/Penyakit Pada Tulang, Rangka, & Persendian

Kelainan dan penyakit pada tulang sanggup disebabkan oleh nanah basil penyakit, kecelakaan, faktor keturanan, kebiasaan perilaku badan yang salah, serta kekurangan vitamin D dan zat kapur.

Infeksi Kuman Penyakit
Kuman penyakit kelamin, contohnya gonorrhoea dan sifilis sanggup mengakibatkan peradangan pada sendi. Hal ini terjadi lantaran sendi kekurangan cairan sehingga sendi jadi kering. Keadaan menyerupai ini disebut artrisis sika. Rongga sendi sanggup pula terisi oleh getah radang yang disebut artrisis eksuditif.
Infeksi virus polio sanggup mengakibatkan gangguang pada tulang. Orang yang terkena penyakit polio sanggup menjadi lumpuh. Penyakit polio ini sanggup dicegah dengan imunisasi polio pada ketika bayi.

Akibat Kecelakaan 
Akibat terjadinya kecelakaan, seseorang sanggup mengalami retak tulang (fisura), patah tulang (fraktura), atau memar. Patah tulang sanggup dibedakan menjadi dua macam. Bila tulang patah, tetapi otot dan kulit terluka disebut patah tulang tertutup. Bila tulang patah sehingga menembus otot dan kulit disebut patah tulang terbuka.

Kekurangan Vitamin D dan Zat Kapur
Kekurangan vitamin D dan zat kapur sanggup mengakibatkan gangguan pada proses pembentukan tulang, sehingga tulang yang terbentuk kurang keras. Bila kekutangan vitamin D terjadi pada ketika masa anak-anak, maka terjadi pembengkokan pada kaki. Pembengkokan sanggup ke arah luar sehingga berbentuk menyerupai abjad O atau ke arah dalam sehingga berbentuk menyerupai abjad X. Penyakit jawaban kekurangan vitamin D disebut penyakit rakhitis.
 Kelainan dan penyakit pada tulang sanggup disebabkan oleh nanah basil penyakit Kelainan/Penyakit pada Tulang, Rangka, & Persendian

Kebiasaan Sikap
Kebiasaan perilaku tubuh, contohnya kebiasaan duduk yang salah sanggup mengakibatkan kelainan pada tulang punggung. Kebiasaan perilaku badan yang salah sanggup mengakibatkan perubahan kelengkungan tulang belakang.
a. Kifosis
Kifosis yaitu kelainan pada tulang belakang melengkung ke belakang, sehingga badan membungkuk.
b. Lordosis
Lordosis yaitu kelainan pada tulang belakang pecahan perut melengkung ke depan sehingga pecahan perut maju.
c. Skoliosis
Skoliosis yaitu kelainan pada tulang belakang melengkung ke samping sehingga badan ikut melengkung ke samping.


Selain kelainan dan ganguan pada tulang, kelainan dan gangguan sanggup terjadi pada rangka dan persendian.

Kelainan dan Gangguan pada Rangka
a. Rickets
Rickets merupakan suat u kelainan pada tulang yang terjadi lantaran kekurangan zat kapur, fosfor, dan vitamin D. Kelainan ini sanggup terlihat dari kaki yang berbentuk abjad O atau X.
b. Osteoporosis
Osteoporosis merupakan suatu keadaan dimana penghancur tulang lebih cepat daripada proses pembentukan tulang. Akibatnya tulang menjadi keropos. Penyebabnya yaitu lantaran badan kekurangan kalsium. Penyakit ini gampang terjadi pada orang yang sudah lanjut usia.
 Kelainan dan penyakit pada tulang sanggup disebabkan oleh nanah basil penyakit Kelainan/Penyakit pada Tulang, Rangka, & Persendian

Kelainan dan Gangguan pada Persendian
a. Dislokasi
Dislokasi yaitu pergeseran sendi dari kedudukan semula lantaran jaringan penyambung sendi(ligamen) terkoyak.
b. Ankilosis
Ankilosis yaitu kelainan persendian yang tidak sanggup digerakkan sehingga seakan-akan sendi menyatu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel