Bagian Awal Laporan Ilmiah (Judul, Abstrak, Daftar Isi, Tabel, Dan Gambar)

 Bagian Awal Laporan Ilmiah. Pada penggalan awal laporan ini berisi warta atau petunjuk wacana apa yang ada dalam laporan tersebut. Sebagai pola yaitu judul laporan. Berfungsi untuk memperlihatkan warta wacana penelitian apa yang disampaikan dalam laporan. Sedangkan  kata pengantar yaitu sebuah warta kepada siapa penulis laporan memperlihatkan rasa terimakasihnya.
Bagian awal laporan berisi wacana beberapa hal, antara lain adalah: halaman judul, abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, dan daftar gambar/ilustrasi/diagram.
 Pada penggalan awal laporan ini berisi warta atau petunjuk wacana apa yang ada dalam la Bagian Awal Laporan Ilmiah (Judul, Abstrak, Daftar Isi, Tabel, dan Gambar)
Halaman Judul
Halaman judul merupakan kulit dari sebuah laporan penelitian. Halaman ini termasuk penggalan yang paling penting dalam sebuah laporan penelitian, lantaran pada halaman inilah judul dicantumkan secara terperinci dan menonjol. Halaman judul menjadi petunjuk utama wacana isi dari penelitian. Halaman judul yang terperinci dan menarik perhatian juga akan menggugah harapan orang untuk lebih mengetahui isinya. Oleh lantaran itu, judul sebaiknya terdiri dari beberapa kata yang sanggup memperlihatkan indikasi wacana isi serta penekanan-penekanan yang ada dalam penelitian. Jadi, kata-kata yang dipilih untuk judulnya harus terperinci dan sedapat mungkin menarik. Judul ditulis memakai aksara kapital dan berukuran paling besar dari semua aksara yang ada pada halaman ini. Pada halaman judul juga ditulis identitas penulis laporan dan forum kawasan peneliti tersebut bernaung.

Abstrak
Abstrak merupakan citra singkat wacana isi keseluruhan laporan penelitian. Biasanya hanya berisi 200 hingga 300 kata saja (maksimal satu halaman).

Kata Pengantar
Di dalam kata pengantar, penulis menciptakan uraian pendek wacana penelitian yang dilakukannya. Pada penggalan ini disajikan pernyataan-pernyataan wacana tujuan penulisan laporan, masalah-masalah yang dihadapi selama penelitian, siapa saja yang memperlihatkan bantuan, serta ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang dianggap ikut berperan dalam menyukseskan penelitiannya.

Daftar Isi
Daftar isi dibutuhkan supaya pembaca sanggup mengetahui bagian-bagian yang terdapat di dalam laporan, dan sanggup melihat relasi yang terjadi antara satu penggalan dengan penggalan yang lainnya. Daftar isi berisi judul dan halaman dari masing-masing bab, subbab, dan seterusnya yang dianggap perlu.

Daftar Tabel
Memuat daftar tabel-tabel yang terdapat dalam laporan penelitian tersebut.

Daftar Gambar

Memuat daftar gambar, ilustrasi, atau diagram yang terdapat dalam laporan penelitian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel