Makalah Syirkah Dalam Aturan Islam

BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Banyaknya umat muslim yang belum mengetahui bagaimana seharusnya menjalankan syirkah atau perkongsian dalam memenuhi kebutuhan hidup di dunia ini yang sesuai dengan tuntunan syari’at. Hal ini mengakibatkan kami untuk menciptakan sebuah makalah yang berjudul perihal “syirkah” guna untuk  memberikan sebuah pemahaman kepada para pembaca makalah ini. Pada zaman kini ini banyak orang-orang muslim yang menjalankan sistem syirkah atau perkongsian dengan mengikuti tata cara orang eropa atu barat yang belum tentu sesuai dengan apa yang diajarkan oleh syari’at.
Secara umum, prinsip syirkah atau bagi hasil dalam perbankan syariah sanggup dilakukan dalam empat komitmen utama, yaitu al-musyârakah, al-mudhârabah, al-muzâra’ah dan al-musâqah. Namun dalam makalah ini akan dijelaskan mengenai al-musyârakah saja. Sedangkan yang lainnya dalam pembahasan yang lain.
Sungguhpun demikian, prinsip yang paling banyak digunakan ialah al-musyârakah dan al-mudhârabah, sedangkan al- muzâra’ah dan al-musâqah di pergunakan khusus untuk pembiyayaan pertanian oleh beberapa bank islam.
B.  Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, sanggup dipaparkan beberapa rumusan duduk kasus yang berkaitan dengan permasalahan yang ada dalam makalah ini sebagai berikut:
1.    Bagaimana pengertian dari syirkah?
2.    Bagaimana landasan aturan perihal adanya syirkah?
3.    Apa saja rukun dan syarat dari syirkah?
4.    Bagaimanakah macam-macam dari syirkah?
5.    Hal-hal apa sajakah yang mengakibatkan berakhirnya syirkah?
C.  Tujuan
1.      Memberikan isu perihal pengertian dari syirkah.
2.      Untuk mengetahui perihal yang mendasari dari syirkah.
3.      Memberikan isu perihal rukun dan syarat dari syirkah.
4.      Memberikan isu perihal macam-macam dari syirkah.
5.      Untuk mengetahui hal-hal apa sajakah yang mengakibatkan berakhirnya syirkah.

BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Syirkah
Secara etimologi, syirkah atau perkongsian berarti:
الإختلاط أى خلط أحد المالين بالآخر بحيث لايمتزان عن بعضهما
"percampuran, yakni bercampunya salah satu dari dua harta dengan harta lainnya tanpa sanggup dibedakan antara keduanya.[1]
Syirkah adalah komitmen kolaborasi antara dua pihak atau lebih untuk suatu perjuangan tertentu, dimana masing-masing pihak menawarkan bantuan dana (amal/ expertise) dengan kesepakatan, bahwa keuangan dan resiko ditanggung bersama.[2]
Sedangkan berdasarkan istilah terdapat perbedaan pendapat dikalangan ulama[3]
1.      menurut Hanafiah
الشركة هي عبارة عن عقد بين المتشاركين في رئس المال والربح
Syirkah ialah suatu ungkapan perihal komitmen (perjanjian) antara dua orang yang berserikat didalam modal dan keuntungan.
2.      Menurut Malikiyah
هي اذن فى التصرف لهما معا انفسهما اى أن يأذن كل واحد من الشريكين لصاحبه فى ان يتصرف فى مال لهما مع إبقاء حق التصرف لكل منهما
Perkongsian ialah izin untuk mendayagunakan (tasharruf) harta yang dimiliki dua orang secara bahu-membahu oleh keduanya, yakni keduanya saling mengizinkan kepada salah satunya untuk mendayagunakan harta milik keduanya, namun masing-masing mempunyai hak untuk bertasharruf.
3.      menurut syafi’iyah
وفي الشرع: عبارة عن ثبوت الحق في الشيئ الواحد لشخصين فصاعدا على جهة الشيوع
Syirkah menurut syara ialah suatu ungkapan perihal tetapnya hak atas suatu barang bagi dua orang atau lebih secara bersama-sama
4.      menurut Hanabilah
الشركة هي الإجتماع في استحقاق أو تصرف
Syirkah ialah berkumpul atau bahu-membahu dalam kepemilikan atas hak atau tasarruf.
Dari definisi yang dikemukakan oleh beberapa para ulama mengenai pengertian dari syirkah bahwa yang dimaksud dengan syirkah ialah kolaborasi antara dua orang atau lebih dalam bidang perjuangan atau modal yang masing-masing dari harta yang melaksanakan syirkah tersebut berbaur menjadi satu tanpa ada perbedaan satu dengan yang lainnya yang laba dan kerugiannya di tanggung bersama sesuai kesepakatan yang telah di laksanakan.
Transaksi syirkah dilandasi adanya harapan para pihak yang  bekerja sama untuk meningkatkan nilai aset yang mereka miliki secara bersama-sama. Termasuk dalam golongan musyârakah adalah semua bentuk perjuangan yang melibatkan dua pihak atau lebih di mana mereka secara bahu-membahu memadukan seluruh bentuk sumber daya, baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud. Melalui komitmen ini, kebutuhan nasabah untuk mendapatkan pelengkap modal kerja sanggup terpenuhi sesudah mendapatkan pembiyaan dari bank. Selain digunakan untuk pembiyayan modal kerja, secara umum pembiyayaan musyarakah digunakan untuk pembelian barang investasi dan pembiyayaan proyek, bagi bank, pembiyayaan musyârakah dan memberi manfaat berupa laba dari hasil pembiyayaan usaha.[4]
B. Hukum Syirkah
Syirkah  hukumnya diperbolehkan atau disyari’atkan  berdasarkan Al-Qur’an, Al-Hadits dan ijma’ (konsensus) kaum muslimin. Dan berikut ini kami sebutkan dalil-dalilnya, di antaranya:
1. Al-Qur’an
وَإِنَّ كَثِيراً مِّنْ الْخُلَطَاء لَيَبْغِي بَعْضُهُمْ عَلَى بَعْضٍ إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَقَلِيلٌ مَّا هُمْ. ﴿٢٤﴾
Firman Allah Ta’ala: “Dan Sesungguhnya kebanyakan dari orang-orang yang berserikat itu sebahagian mereka berbuat zalim kepada sebahagian yang lain, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh; dan amat sedikitlah mereka ini.” (QS. Shaad: 24)
Dan firman-Nya pula:
فَإِن كَانُوَاْ أَكْثَرَ مِن ذَلِكَ فَهُمْ شُرَكَاء فِي الثُّلُثِ ﴿١٢﴾
Maka mereka bersekutu dalam yang sepertiga itu.” (QS. An-Nisa’: 12)
Kedua ayat di atas memperlihatkan perkenanan dan legalisasi Allah akan adanya perserikatan dalam kepemilikan harta. Hanya saja dalam surat An-Nisa’ ayat 12 perkongsian terjadi secara otomatis lantaran waris, sedangkan dalam surat Shaad ayat 24 terjadi atas dasar komitmen (transaksi).
2. Hadits
عن أبى هريرة رفعه الى النبي ص.م .قال: ان الله عزوجل يقول: أنا ثالث الشريكين مالم يخن أحدهما صاحبه فإذا خانه خرجت من بينهما
Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya Allah azza wa jalla berfirman: “Aku pihak ketiga dari dua orang yang berserikat selama salah satunya tidak mengkhianati pihak lainnya. Kalau salah satunya berkhianat, Aku keluar dari keduanya.” (HR. Abu Daud no.3383, dan Al-Hakim no.2322).[5]
3. Ijma’
Ijma’ ulama mengatakan, bahwa muslimin telah berkonsensus akan legitimasi syarikah secara global, walaupun perbedaan pendapat dalam beberapa elemen dari padanya. Maka secara tegas sanggup dikatakan bahwa kegitan syirkah dalam perjuangan diperbolehkan dalam islam, sebagai dasar hukumnya telah terang dan tegas.[6]
Ibnu Qudamah dalam kitabnya, al-Mughni, telah berkata, “Kaum muslimin telah berkonsensus terhadap legitimasi musyarakah secara global walaupun terdapat perbedaan dalam beberapa elemen darinya.[7]
C. Rukun dan Syarat Syirkah 
Rukun syirkah ialah sesuatu yang harus ada ketika syirkah itu berlangsung. Ada perbedaan terkait dengan rukun syirkah. Menurut ulama Hanafiyah rukun syirkah hanya ada dua yaitu ijab (ungkapan melaksanakan penawaran perserikatan) dan kabul (ungkapan penerimaan perserikatan), istilah ijab dan kabul sering disebut dengan serah terima. Jika ada yang menambahkan selain ijab dan kabul dalam rukun syirkah mirip adanya kedua orang yang berakad dan objek komitmen berdasarkan Hanafiyah itu bukan termasuk rukun tetapi termasuk syarat.[8]
Syarat-syarat yang bekerjasama dengan syirkah berdasarkan Hanafiyah dibagi menjadi empat bagian, sebagai berikut.[9]
1.      Sesuatu yang bertalian dengan semua bentuk syirkah, baik dengan harta maupun dengan yang lainnya. Dalam hal ini terdapat dua syarat, yaitu; a) berkenaan dengan benda, maka benda yang diakadkan harus sanggup diterima sebagai perwakilan, dan b) berkenaan dengan keuntungan, yaitu pembagian laba harus terang dan sanggup diketahui dua pihak.
2.      Semua yang bertalian dengan syirkah mâl. Dalam hal ini terdapat dua kasus yang harus dipenuhi, yaitu; a) bahwa modal yang dijadikan objek komitmen syirkah ialah dari alat pembayaran (nuqud), mirip junaih, riyal dan rupiah, dan b) benda yang dijadikan modal ada ketika komitmen syirkah dilakukan, baik jumlahnya sama maupun berbeda.
3.      Sesuatu yang bertalian dengan syirkah mufawadhah, bahwa disyaratkan; a) modal (harta pokok) harus sama, b) orang yang bersyirkah ialah jago untuk kafalah, dan c) orang yang dijadikan objek akad, disyaratkan melaksanakan syirkah umum, yakni pada semua macam jual beli atau perdagangan.
4.      Adapun syarat yang bertalian dengan syirkah ‘inan sama dengan syarat syirkah mufâwadhah.
Menurut Malikiyah, syarat-syarat yang bertalian dengan orang yang melaksanakan komitmen ialah merdeka, baligh, dan pandai (rusyd). Imam Syafi’i beropini bahwa syirkah yang sah hukumnya hanyalah syirkah ‘inan, sedangkan syirkah yang lainnya batal. Akad syirkah ada kalanya hukumnya shahih ataupun fasid. Syirkah fasid ialah komitmen syirkah di mana salah satu syarat yang telah disebutkan tidak dipenuhi, kalau semau syarat sudah terpenuhi maka syirkah dinyatakan shahih.[10]
D. Macam-Macam Syirkah
1.      Syirkah Amlâk (Hak Milik)
Yaitu perserikatan dua orang atau lebih yang dimiliki melalui transaksi jual beli, hadiah, warisan atau yang lainnya. Dalam bentuk syirkah seperti ini kedua belah pihak tidak berhak mengusik cuilan rekan kongsinya, ia dilarang menggunakannya tanpa seijin rekannya. Menurut Sayyid Sabiq, yang dimaksud dengan syirkah amlâk ialah bila lebih dari satu orang mempunyai suatu jenis barang tanpa komitmen baik bersifat ikhtiâri atau jabari.[11]
Syirkah milk juga dibagi menjadi menjadi dua yaitu:[12]
a.       Syirkah milk jabr, ialah berkumpulnya dua orang atau lebih dalam pemilikan suatu benda secara paksa
b.      Syirkah milk al-ikhtiyar, ialah mirip kesepakatan dua orang atau lebih untuk menyerahkan harta mereka masing-masing biar memperoleh hasil dengan cara mengelola harta itu, bagi setiap yang berserikat memperoleh cuilan yang ditentukan dari keuntungan.
Syirkah milk tercipta lantaran warisan, wasiat atau kondisi lain yang mengakibatkan pemilikan satu aset oleh dua orang atau lebih. Dalam musyarakah ini, kepemilikan dua orang atau lebih terbagi dalam dua aset faktual dan membuatkan dari laba yang dihasilkan aset tersebut.[13]
Misalnya: Si A dan si B diberi wasiat atau hadiah berupa sebuah kendaraan beroda empat oleh seseorang dan keduanya menerimanya, atau membelinya dengan uang keduanya, atau mendapatkannya dari hasil warisan, maka mereka berdua berserikat dalam kepemilikan kendaraan beroda empat tersebut.
2.      Syirkah Uqûd (Transaksional/kontrak)
Yaitu komitmen kolaborasi antara dua orang yang bersekutu dalam modal dan keuntungan, artinya kerjasama ini didahului oleh transaksi dalam penanaman modal dan kesepakatan pembagian keuntungan. Misalnya, dalam transaksi jual beli atau lainnya. Bentuk syirkah seperti inilah yang hendak kami bahas dalam goresan pena kali ini. Dalam syirkah seperti ini, pihak-pihak yang berkongsi berhak memakai barang syirkah dengan kuasa masing-masing. Dalam hal ini, seseorang bertindak sebagai pemilik barang, kalau yang digunakan ialah miliknya. Dan sebagai wakil, kalau barang yang dipergunakan ialah milik rekannya.
Macam-Macam Syirkah Uqûd (Transaksional/kontrak)
Berdasarkan penelitian para ulama fikih terdahulu terhadap dalil-dalil syar’i, bahwa di dalam Islam terdapat lima macam syarikah, yaitu:[14]
a.       syirkah al-‘inân
Yaitu penggabungan harta atau modal dua orang atau lebih yang tidak selalu sama jumlahnya. Boleh satu pihak mempunyai modal lebih besar dari pihak yang lain.
Sementara itu, Ibn Qudamah sebagaimana dikutip oleh Muhammad Abdurrahman Sadique menyebutkan bahwa syirkah al-‘inân ialah kerjasama dua orang atau lebih dalam hal modal yang dilaksanakan oleh mereka yang berserikat dalam hal modal tersebut sementara hasilnya dibagi bersama.[15]
Keuntungan dibagi dua sesuai presentase yang telah disepakati maupun kerugiannya. Sesuai dengan kaidah:
الربح على ما شرطا والوضيعة على قدر ما لين
Artinya: “keuntungan dibagi sesuai kesepakatan dan kerugian ditanggung sesuai dengan modal masing-masing”.
Dan hukum syirkah ini diperbolehkan berdasarkan konsensus para ulama, sebagaimana dinyatakan oleh Ibnu al-Mundzir.
Contoh syirkah inân: A dan B pengrajin atau tukang kayu. A dan B sepakat menjalankan bisnis dengan memproduksi dan menjualbelikan meubel. Masing-masing menawarkan konstribusi modal sebesar Rp.50 juta dan keduanya sama-sama bekerja dalam syirkah tersebut. Dalam syirkah ini, disyaratkan modalnya harus berupa uang (nuqûd); sedangkan barang (‘urûdh), contohnya rumah atau mobil, dilarang dijadikan modal syirkah, kecuali kalau barang itu dihitung nilainya pada ketika akad.
Keuntungan didasarkan pada kesepakatan, sedangkan kerugian ditanggung oleh masing-masing kawan perjuangan (syarîk) berdasarkan porsi modal. Jika, misalnya, masing-masing modalnya 50%, maka masing-masing menanggung kerugian sebesar 50%. sebagaimana kaidah fikih yang berlaku, yakni (Ar-Ribhu ‘Alâ mâ Syarathâ wal Wadhii’atu ‘Alâ Qadril Mâlain).
Diriwayatkan oleh Abdur Razaq dalam kitab Al-Jâmi’, bahwa Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu pernah berkata, “Kerugian didasarkan atas besarnya modal, sedangkan laba didasarkan atas kesepakatan mereka (pihak-pihak yang bersyirkah).
b.      syirkah al-abdân
Yaitu perserikatan dalam bentuk kerja yang hasilnya dibagi bersama sesuai dengan kesepakatan, tanpa konstribusi modal (mâl), mirip kolaborasi sesama dokter di klinik, tukang besi, kuli angkut atau sesama arsitek untuk menggarap sebuah proyek, atau kolaborasi dua orang penjahit untuk mendapatkan order pembuatan seragam sekolah dan sebagainya.
Kerja sama semacam ini dibolehkan berdasarkan kalangan Hanafiyah, Malikiyah, dan Hanabilah, namun imam Syafi’i melarangnya.[16]
Contohnya: A dan B. keduanya ialah nelayan, bersepakat melaut bersama untuk mencari ikan. Mereka sepakat pula, kalau memperoleh ikan dan dijual, hasilnya akan dibagi dengan ketentuan: A mendapatkan sebesar 60% dan B sebesar 40%.
Syirkah ‘abdân hukumnya boleh berdasarkan dalil as-Sunnah. Dari Abdullah binMas’ud radhiyallahu anhu, ia berkata, “Aku pernah berserikat dengan Ammar bin Yasir dan Sa’ad bin Abi Waqash mengenai harta rampasan perang pada Perang Badar. Sa’ad membawa dua orang tawanan, sementara saya dan Ammar tidak membawa apa pun.” (HR. Abu Dawud, An-Nasa’i dan Ibnu Majah)
c.       syirkah al-mudârabah
Yaitu, persetujuan seseorang sebagai pemilik modal (investor) menyerahkan sejumlah modal kepada pihak pengelola (mudhârib) dalam suatu perdagangan tertentu yang manfaatnya dibagi sesuai dengan kesepakatan bersama. Adapun kerugiannya ditanggung oleh pemilik modal saja.
Menurut jumhur ulama (Hanafiyah, malikiyah, Syafi’iah, Zahiriyah, dan Syiah Imamiyah) tidak memasukkan transaksi mudharabah sebagai salah satu bentuk perserikatan, lantaran mudharabah berdasarkan mereka merupaka komitmen tersendiri dalam bentuk kolaborasi yang lain yang tidak dinamakan dengan perserikatan.
Syarat-syarat mudârabah antara lain:[17]
1.      modal harus dinyatakan dengan terang mengenai jumlahnya
2.      modal harus diserahkan kepada mudârib untuk memungkinkannya melaksanakan usaha
3.      modal harus dalam bentuk tunai bukan utang
4.      pembagian laba harus dinyatakan dalam persentase dari laba yang mungkin dihasilkan nanti
5.      kesepakatan ratio persentase harus dicapai melalui perundingan dan dituangkan dalam kontrak
6.      pembagian laba gres sanggup dilakukan sesudah mudârib mengembalikan seluruh atau sebagian modal kepada shahib a-mâl
d.      syirkah al-wujûh
Yaitu kolaborasi antara dua orang atau lebih yang mempunyai reputasi dan nama baik serta jago dalam bisnis atau perserikatan tanpa modal. Mereka membeli barang secara kredit (hutang) dari suatu perusahaan dan menjual barang tersebut secara tunai, kemudian laba yang didapat dibagi bersama atas dasar kesepakatan di antara mereka.
Syirkah semacam ini juga dibolehkan berdasarkan kalangan hanafiyah dan hanbaliyah, namun tidak sah berdasarkan kalangan Malikiyah, Syafi’iyah dan Zhahiriyah.
Disebut syirkah wujûh karena didasarkan pada reputasi (wajâhah) kepercayaan (amânah), kedudukan, ketokohan, atau keahlian seseorang di tengah masyarakat. Tak seorang pun mempunyai modal, namun mereka mempunyai nama baik, sehingga mereka membeli barang secara hutang dengan jaminan nama baik tersebut.[18]
Contohnya: A dan B ialah tokoh yang dipercaya pedagang. Lalu A dan B ber-syirkah wujûh, dengan cara membeli barang dari seorang pedagang (misalnya C) secara kredit. A dan B bersepakat, masing-masing mempunyai 50% dari barang yang dibeli. Lalu keduanya menjual barang tersebut dan manfaatnya dibagi dua, sedangkan harga pokoknya dikembalikan kepada C (pedagang). Dalam syirkah wujûh ini, laba dibagi berdasarkan kesepakatan, bukan berdasarkan prosentase barang dagangan yang dimiliki; sedangkan kerugian ditanggung oleh masing-masing kawan perjuangan berdasarkan prosentase barang dagangan yang dimiliki, bukan berdasarkan kesepakatan.
e.       syirkah al-mufâwadhah.
Yaitu kolaborasi antara dua orang atau lebih. Setiap pihak menawarkan suatu porsi dari keseluruhan dana dan berpartisipasi dalam kerja. Setiap pihak membagi laba dan kerugian secara sama.
Syirkah Mufâwadhah juga merupakan syirkah komprehensif yang dalam syirkah itu semua anggota sepakat melaksanakan aliansi dalam semua jenis kerja sama, mirip ‘înan, abdân dan wujûh. Di mana masing-masing menyerahkan kepada pihak lain hak untuk mengoperasikan segala acara yang menjadi komitmen kolaborasi tersebut, mirip jual beli, penjaminan, penggadaian, sewa menyewa, mendapatkan tenaga kerja, dan sejenisnya. Atau syirkah ini sanggup pula diartikan kolaborasi dalam segala hal. Namun tidak termasuk dalam syirkah ini banyak sekali hasil sampingan yang didapatkannya, mirip barang temuan, warisan dan sejenisnya. Dan juga masing-masing tidak menanggung banyak sekali bentuk denda, mirip mengganti barang yang dirampas, ganti rugi syirkah , mengganti barang-barang yang dirusak dan sejenisnya.
Dengan demikian, syarat utama dari Syirkah ini ialah kesamaan dalam hal-hal berikut: Dana (modal) yang diberikan, kerja, tanggung jawab, beban utang dibagi oleh masing-masing pihak, dan agama
Hukum Syirkah ini dalam pengertian di atas dibolehkan berdasarkan lebih banyak didominasi ulama mirip Hanafiyah, Malikiyah dan Hanabilah. Sebab, setiap jenis syirkah yang sah ketika bangkit sendiri, maka sah pula ketika digabungkan dengan jenis syirkah lainnya. Namun, imam asy-Syafi’i melarangnya lantaran sulit untuk menetapkan prinsip persamaan modal, kerja dan laba dalam perserikatan ini.[19]
Adapun laba yang diperoleh dalam syirkah ini dibagi sesuai dengan kesepakatan, sedangkan kerugian ditanggung sesuai dengan jenis syirkah-nya; yaitu ditanggung oleh para pemodal sesuai porsi modal (jika berupa syirkah‘inân), atau ditanggung pemodal saja (jika berupa syirkah mudhârabah), atau ditanggung mitra-mitra perjuangan berdasarkan persentase barang dagangan yang dimiliki (jika berupa syirkah wujûh).
Contohnya: A ialah pemodal, berkonstribusi modal kepada B dan C, dua insinyur teknik sipil, yang sebelumnya sepakat, bahwa masing-masing berkonstribusi kerja. Kemudian B dan C juga sepakat untuk berkonstribusi modal, untuk membeli barang secara kredit atas dasar kepercayaan pedagang kepada B dan C.
Dalam hal ini, pada awalnya yang ada adalah syirkah ‘abdân, yaitu ketika B dan C sepakat masing-masing ber-syirkah dengan menawarkan konstribusi kerja saja. Lalu, ketika A menawarkan modal kepada B dan C, berarti di antara mereka bertiga terwujud syirkah mudhârabah. Di sini A sebagai pemodal, sedangkan B dan C sebagai pengelola. Ketika B dan C sepakat bahwa masing-masing menawarkan konstribusi modal, di samping konstribusi kerja, berarti terwujud syirkah‘inân di antara B dan C. Ketika B dan C membeli barang secara kredit atas dasar kepercayaan pedagang kepada keduanya, berarti terwujud syirkah wujûh antara B dan C. Dengan demikian, bentuk syirkah seperti ini telah menggabungkan semua jenis syirkah yang ada, yang disebut syirkah mufâwadhah.
E. Hal –Hal Yang Membatalkan Syirkah[20]
1.      sebab-sebab yang membatalkan syirkah secara umum
a.       pembatalan oleh salah seorang anggota serikat. Hal tersebut dikarenakan komitmen syirkah merupakan komitmen yang jâiz dan ghair lâzim, sehingga memungkinkan untuk di-fasakh.
b.      meninggalnya salah seorang anggota serikat.
c.       murtadnya salah seorang anggota serikat dan berpindah domisilinya ke darul harb. Hal ini disamakan dengan kematian.
d.     gilanya peserta yang terus-menerus, lantaran gila menghilangkan status wakil dari wakâlah, sedangkan syirkah mengandung unsur wakâlah.
2.      Sebab yang membatalkan syirkah secara khusus
a.    Rusaknya harta syirkah seluruhnya atau harta salah seorang anggota serikat sebelum digunakan untuk membeli dalam syirkah amwâl
b.    Tidak terwujudnya persamaan modal dalam syirkah mufâwadhah ketika komitmen akan dimulai. Hal tersebut lantaran adanya persamaan antara modal pada permulaan komitmen merupakan syarat yang penting untuk keabsahan akad.

BAB III
PENUTUP
Simpulan
Syirkah ialah kolaborasi antara dua orang atau lebih dalam bidang perjuangan atau modal yang masing-masing dari harta yang melaksanakan syirkah tersebut berbaur menjadi satu tanpa ada perbedaan satu dengan yang lainnya yang laba dan kerugiannya di tanggung bersama sesuai kesepakatan yang telah di laksanakan. Mengenai landasan aturan perihal syirkah ini terdapat dalam al-qur’an, sunnah dan ijma.
Adapun rukun syirkah ada dua yaitu, ucapan (sighah) penawaran dan penerimaan (ijab dan qabul) dan pihak yang berkontrak. Dan mengenai syaratnya ada tiga yaitu, pertama, ucapan: berakad dianggap sah kalau diucapkan secara verbal atau ditulis. Kontrak musyarakah dicatat dan disaksikan. Kedua, pihak yang berkontrak: disyaratkan kawan harus kompeten dalam menawarkan atau diberikan kekuasaan perwakilan. Ketiga, objek kontrak (dana dan kerja): modal yang diberikan harus tunai, emas, perak atau yang bernilai sama. Para ulama menyepakati hal ini.
Kemudian macam-macam syirkah ada dua macam yakni syirkah milk dan syirkah ‘uqûd. Adapun yang membatalkan syirkah ada yang secara umum dan ada pula yang secara khusus, mirip yang telah dijelaskan diatas.

DAFTAR PUSTAKA
Al-Qur’ân al-Karîm.
Syafei’, Rachmat. Fiqih Muamalah. Bandung: Cv Pustaka Setia, 2001.
Antonio, Muhammad Syafi’i. Bank Syariah Dari Teori ke Praktik. Cet. 1. Jakarta: Gema Insani, 2001.
Muhammad. Konstruksi Mudharabah dalam Bisnis Syari’ah. Edisi 1. Cet. 1. Yogyakarta: Bpfe-Yogyakarta, 2005
Muslich, Ahmad Wardi. Fiqh Muamalat. Edisi 1. Cet. 1. Jakarta: Amzah, 2010.
Ghazaly, Abdul Rahman dan Ihsan, Ghufron dan Shidiq, Sapiudin. Fiqh Muamalat. Edisi 1. Cet. 1. Jakarta: kencana Prenada Media Group, 2010.
Al-baghâ, Musthofâ Dayb. al-Tadzhîb fî adillah Matan al-Ghôyah wa al-taqrîb. Cet. 1. Malang: Ma’had Sunan Ampel al-Ali Uin Maulana Malik Ibrahim, 2013.
Naja, H.R. Daeng. Akad Bank Syariah. Cet. 1. Yogyakarta: pustaka Yustisia, 2011.
Nawawi, Ismail. Fikih Muamalah Klasik dan kontemporer. Cet. 1. Bogor: Ghalia Indonesia, 2012.
Sadique, Muhammad Abdurrahman. Essentials of Mushârakah and Mudhârabah. Edisi 1. Internasional islamic University Malaysia: IIUM Press, 2009.
Sabiq, Sayyid. Fiqh al-Sunnah, Juz III, (Beirut: Dar al-fikr, 2006.
Sahrani, Sohari dan Abdullah, Ru’fah. Fikih Muamalah. Cet. 1. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.


[1] Rachmat Syafei, Fiqih Muamalah (Bandung: CV Pustaka Setia, 2000), h. 183
[2] Muhammad Syafi’i Antonio, Bank Syariah Dari teori Ke Praktik, (Cet. I; Jakarta: Gema Insani, 2001), h. 90
[3] Rachmat Syafei, Fiqih Muamalah, h. 183
[4] H.R. Daeng Naja, Akad Bank Syariah, (Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Yustisia, 2011), h. 51
[5] Musthofa Dayb al-Baghâ, at Tadzhîb Fî Adillah Matni al Ghôyah wa al-taqrîb, (Malang: Ma’had Sunan Ampel al Ali, 2013), h. 135
[6] Muhammad, Konstruksi Mudharabah dalam Bisnis Syari’ah, Edisi I (Cet. I; Yogyakarta: Bpfe Yogyakarta, 2005), h. 32
[7] Muhammad Syafi’i Antonio, Bank Syariah, h. 91
[8] Abdul Rahman Ghazali, Ghufron Ihsan, Sapiudin Shidiq, Fiqh Muamalat, Edisi. I, (Cet. I; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010), h. 128
[9] Sohari Sahrani, Ru’fah Abdullah, Fikih Muamalah, (Cet. I; Bogor: Ghalia Indonesia, 2011), h. 179
[10] Dimyauddin Djuwaini, pengantar Fiqh Muamalah, (Cet. 1; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008), h. 217
[11] Sayyid Sabiq, Fiqh al-Sunnah, Juz III, (Beirut: Dar al-fikr, 2006), h. 932
[12] Sohari Sahrani, Ru’fah Abdullah, Fikih Muamalah, h. 181
[13] Ismail Nawawi, Fikih Muamalah Klasik dan Kontemporer, (Cet. 1; Bogor: Ghalia Indonesia, 2012), h. 153
[14] Abdu Rahman Ghazali, Ghufron Ihsan, Sapiudin Shidiq, Fiqh Muamalat, h. 132
[15] Muhammad Abdurrahman Sadique, Essentials of Musyarakah and Mudharabah: Islamic Texts on Theory of Partnership, Edisi. 1, (Internasional Islamic University Malaysia: IIUM Press, 2009), h. 26
[16] Muhammad Abdurrahman Sadique, Essentials of Musyarakah and Mudharabah, h. 30
[17] H.R. Daeng Naja, Akad Bank Syariah, h. 52
[18] Muhammad Abdurrahman Sadique, Essentials of Musyârakah and Mudhârabah, h. 32
[19] Ismail Nawawi, Fikih Muamalah Klasik dan Kontemporer, h. 154
[20] Ahmad Wardi Muslich, Fiqh Muamalat, Edisi. I, (Cet. I; Jakarta: Amzah, 2010), h. 363

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel