Makalah Fungsi Pemasaran Dalam Aktivitas Bisnis



6.      DIMENSI TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN

Menurut Green Paper dan Komisi Masyarakat Eropa
# Dimensi Internal
·         Manajemen SDM
·         Kesehatan dan keselamatan kerja
·         Beradaptasi dengan perubahan
·         Manajemen dampak lingkungan & SDA
# Dimensi eksternal
·         Komunitas-komunitas local , kawan usaha, pemasok, konsumen
·         Hak-hak asasi manusia
·         Kepedulian pada lingkungan hidup global

7.      KONSUMERISME
Konsumerisme yaitu suatu consumer movement yang mempertanyakan kembali dampak-dampak acara pasar bagi konsumen.

dalam pengertian luas, konsumerisme juga sanggup diartikan sebagai gerakan yang memperjuangkan kedudukan yang seimbang antara konsumen pelaku perjuangan dan negara .Gerakan tidak hanya melingkupi isu kehidupan sehari-hari mengenai produk harga naik atau kualitas buruk.Konsumerisme juga sanggup di artikan sebagai cara melindungi publik dengan memberitahukan kepada mereka perihal barang-barang yang berkualitas jelek tidak kondusif digunakan dan sebagainya.

8.      PEMASARAN DALAM LINGKUNGAN YANG BERUBAH
Dalam lingkungan yang berubah, administrasi pemasaran harus sanggup berusaha supaya produk yang di keluarkan oleh perusahaan sanggup bertahan di pasar.Ada beberapa kiat yang harus di lakukan administrasi pemasaran untuk mempertahankan produknya di lingkunag yang berubah yaitu membuat rencana pemasaran, berikut langkah-langkahnya:

  1. ·         Mendefinisika situasi bisnis
  2. ·         Mendefinisikan segmen pasar
  3. ·         Mempertimbangkan keunggulan dan kelemahan produk
  4. ·         Penetapan tujuan dan sasaran
  5. ·         Mendefinisikan taktik pemasaran
  6. ·         Monotior kemajuan perjuangan pemasaran

Pada masa ini perusahaan sangat menekankan pada marketing concept, yaitu suatu keyakinan yang menekankan supaya perilaku perusahaan secara keseluruhan menekankan kepada melayani harapan pasar untuk menjamin supaya perusahaan terus-menerus mancapai laba dalam jangka panjang. Sesuai dengan tujuan ini kegiatan pemasaran telah menjadi sangant kompleks dan perlu melaksanakan kegiatan yang dikenal sebagai marketing mix, yaitu 4P: product, pricing, place, and promotion. Sesuai dengan prinsip ini pemasaran selalu didefinisikan sebagai sekumpulan kegiatan yang saling berhububgan, yang disusun dengan tujuan untuk mengetahui kebutuhan konsumen, dan seterusnya menyebarkan barang tersebut, menentukan harganya, mendistribusikannya, dan mempromosikannya.

Sumbangan Pemasaran Kepada Masyarakat dan Perekonomian
Pemasaran membantu masyarakat untuk meningkatkan kepuasannya dalam mengkonsumsi barang dan jasa. Melalui pemasaran masyarakat akan menukar uangnya dengan barang dan kegiatan ini menjadikan surplus konsumen. Pemasaran dan pembelanjaan yang dilakukan masyarakat sebagai akhir perjuangan pemasaran tersebut akan menjadikan utilitas waktu, utilitas tempat, utilitas pemilikan, dan utilitas bentuk. Kepada perekonomian, pemasaran akan mengatakan derma untuk meningkatkan penjualan barang dan jasa, meningkatkan perkembangan ekonomi dan mempercepat pertumbuhan, memacu perkembangan teknologi, dan mendorong perkembangan barang baru.

Strategi Mengembangkan Barang

Langkah pertama kegiatan perusahaan untuk berbisnis yaitu membuat barang. Untuk membuat suatu barang yang yang sesuai dengan kebutuhan pasar, perlu dilakukan langkah berikut :

  • ·         Mengumpulkan ide
  • ·         Menilai kesesuaian banyak sekali inspirasi yang dikembangkan
  • ·         Membuat evaluasi atas barang yang akan dikembangkan
  • ·         Membuat model atau pola barang
  • ·         Melakukan ujian terhadap perilaku konsumen terhadap barang yang diperkenalkan
  • ·         Memasarkan barang yang gres diproduksikan
  • Dalam memasarkan barang perlu diperhatikan konsep value package, yaitu membuat penampilan barang yang cukup menarik dan sanggup mengundang minat konsumen untuk membeli.

Strategi Mempromosikan Barang
Setelah menguasai taktik menyebarkan barang, taktik penetapan harga, dan taktik pendistribusian barang, maka perlu juga diterapkan taktik mempromosikan barang. Kegiatan promosi ini sanggup dilakukan melalui beberapa cara sebagai berikut:
Pengiklanan (advertensi) sanggup dilakukan dengan memakai billboard atau melalui advertensi di surat kabar dan majalah. Kadang-kadang advertensi dilakukan melalui media radio dan televisi. Pengiklanan juga dilakukan dalam Yellow Pages.
Menggunakan brosur eksklusif kepada konsumen melalui pos atau dengan cara mengatakan secara langsung.

Penjualan langsung. Hal ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang memproduksi barang yang mahal dan barang dibentuk berdasarkan selera konsumen. Wakil produsen akan mendatangi para konsumen untuk menunjukkan barangnya.
Publisitas. Ini dilakukan oleh surat kabar, majalah, dan televisi. Dengan menulis mengenai organisasi/perusahaan yang menghasilkan barang atau menulis barang yang diproduksikan, publisitas tersebut telah membantu memperkenalkan barang yang sedang dipromosikan.

9.      KEGIATAN PEMASARAN
Kegiatan pemasaran yaitu berbeda dengan penjualan, transaksi ataupun perdagangan. Menurut American Marketing Association 1960, Pemsaran yaitu pelaksanaan dunia perjuangan yang mengaarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau pihak pemakai. Sedangkan Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management Analysis, Planning, and Control, mengartikan pemasaran secara lebih luas, yaitu: Pemasaran adalah: pemasaran yaitu Suatu proses sosial, dimana individudan kelompok mendapat apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan membuat dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.

Segmentasi Pasar yaitu kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen. Berdasarkan definisi diatas diketahui bahwa pasar suatuproduk tidaklah homogen, akan tetapi pada kenyataannya yaitu heterogen.

Target Pemasaran yaitu kegiatan yang berisi dan menilai serta menentukan satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki oleh suatu perusahaan. Apabila perusahaan ingin menentukan segmen pasar mana yang akan dimasukinya, maka langkah yang pertama yaitu menghitung dan menilai porensi profit dari banyak sekali segmen yang ada tadi. Maka dalam hal ini pemasar harus mengerti betul perihal teknik-teknik dalam mengukur potensi pasar dan meramalkan seruan pada masa yang akan datang.

Penempatan produk meliputi kegiatan merumuskan penempatan produk dalam persaingan dan menetapkan bauran pemasaran yang terperinci. Pada hakekatnya Penempatan produk adalah: Tindakan merancang produk dan bauran pemasaran supaya tercipta kesan tertentu diingatan konsumen.

Marketing mix merupakan kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel mana sanggup dikendalikan oleh perusahaan untuk mempengaruhi jawaban konsumen dalam pasar sasarannya. Variabel atau kegiatan tersebut perlu dikombinasikan dan dikoordinasikan oleh perusahaan seefektif mungkin, dalam melaksanakan kegiatan pemasarannya. Dengan demikian perusahaan tidak hanya sekedar mempunyai kombinasi kegiatan yang terbaik saja, akan tetapi sanggup mengkoordinasikan banyak sekali variabel marketing mix tersebut, untuk melaksanakan jadwal pemasaran secara efektif.

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Target Pemasaran yaitu kegiatan yang berisi dan menilai serta menentukan satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki oleh suatu perusahaan. Apabila perusahaan ingin menentukan segmen pasar mana yang akan dimasukinya, maka langkah yang pertama yaitu menghitung dan menilai porensi profit dari banyak sekali segmen yang ada tadi. Maka dalam hal ini pemasar harus mengerti betul perihal teknik-teknik dalam mengukur potensi pasar dan meramalkan seruan pada masa yang akan datang.
B.     Saran
Pemasaran membantu masyarakat untuk meningkatkan kepuasannya dalam mengkonsumsi barang dan jasa. Melalui pemasaran masyarakat akan menukar uangnya dengan barang dan kegiatan ini menjadikan surplus konsumen. Pemasaran dan pembelanjaan yang dilakukan masyarakat sebagai akhir perjuangan pemasaran tersebut akan menjadikan utilitas waktu, utilitas tempat, utilitas pemilikan, dan utilitas bentuk. Kepada perekonomian, pemasaran akan mengatakan derma untuk meningkatkan penjualan barang dan jasa, meningkatkan perkembangan ekonomi dan mempercepat pertumbuhan, memacu perkembangan teknologi, dan mendorong perkembangan barang baru.Lanjut ke Daftar Pustaka
                               Halaman Selanjutnya    Hal...1      Hal.....2       Hal.....3 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel