Paragraf Argumentasi

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis hanturkan ke hadirat Alla SWT, lantaran atas ridho-Nyalah, penulis sanggup menuntaskan makalah sosiologi ini.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu menulis dalam menuntaskan makalah ini. Penulis menyadari banyak kesalahan yang terdapat dalam makalah ini. Oleh lantaran itu penulis mohon maaf dan penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca demi sempurnannya makalah ini.
Akhir kata, penulis berharap makalah ini sanggup bermanfaat bagi pembaca.
  
DAFTAR ISI

Bab 1 Pendahuluan
1.1. latar belakang....................................................................................................
1.2. Rumusan Masalah.............................................................................................
1.3. Manfaat..............................................................................................................       
Bab 2 Pembahasan
2.1. Pengertian paragraf argumentasi......................................................................
2.2.PolaPengembangan paragraph argumentasi......................................................
2.3. Langkah-langkah menyusun argumentasi.........................................................          
2.4. Contoh paragraf argumentasi.............................................................................

Bab 3 Penutup
3.1. Kesimpulan.......................................................................................................
3.2. Saran..................................................................................................................
Daftar Pustaka.........................................................................................................
  
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang
Kami menyusun maklah ini supaya sanggup memahami mengenai paragraf argumentasi, pola pengembangan paragraf argumentasi, langkah-langkah menyusun paragraf argumentasi, dan kami sanggup memperlihatkan pola paragraph argumentasi, selain itu kami menyusun makalah ini untuk memenuhi salah satu tujuan pembelajaran yaitu mengenai paragraf argumentasi.     
1.2.  Rumusan masalah    
a)    Menjelaskan pengertian paragraf argumentasi !
b)   Bagaimana pola pengembangan paragraf argumentasi !
c)    Menyebutkan langkah-langkah menyusun paragraf argumentasi !
d)   Memberikan pola paragraf Argumentasi !
1.3.  Manfaat
Manfaat kami menyusun makalah ini yaitu kami sanggup mengetahui perihal paragraph argumentasi secara luas lantaran di dalam makalah ini di jelaskan mengenai paragraf argumentasi, pole pengembangan, langkah-langkah dan pola paragraf argumentasi.
BAB II
PEMBAHASAN

1.1.  Pengertian Paragraf Argumentasi
Paragraf argumentasi yaitu paragraf yang isinya disertai bantalan an-alasan dan karangan yang menerangkan kebenaran perihal sesuatu dan alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat pendirian atau gagasan atau pendapat penulis dengan di sertai bukti-bukti dan fakta. Dan paragraf ini merupakan paragraf yang berusaha umumnya kesulitan pertam menciptakan tulis ilmiah yaitu mengungkapkan pikiran menjadi kalimat dalam bahasa ilmiah .
2.2.  Pola pengembangan paragraf argumentasi
a)    Pola pengembangan definisi
Paragraf argumentasi yang dikembangkan menurut definisi dan biasanya memakai kata (yaitu, yakni, adalah, dan merupakan).
b)   Pola Pengembangan alasannya akibat
Pola pengembangan ini biasanya menghubungkan antar kalimat memakai kata penghubung antara lain (Sebabnya, akibatnya, sehingga, karena, oleh lantaran itu, dan oleh alasannya itu).
c)    Pola pengembangan persamaan
Paragraf argumentasi yang di kembangkan menurut dua data dan fakta yang di simpulkan seakan-akan mempunyai kesamaan.
d)   Pola pengembangan perbandingan
Paragraf argumentasi yang di kembangkan menurut atas perbandingan dua hal pendapat atau pengertian ( pendapat mana atau pengertian mana yang lebih berpengaruh atau banyak di akui banyak orang ).
2.3.  Langkah-Langkha Menyusun Paragraf Argumentasi
a)    Memilih topic karangan
b)   Mengembangkan pendahuluan
c)    Mengembangkan isi karangan
d)   Membuat epilog karangan
2.4.  Contoh Paragraf Argumentasi
Kerusakan Lingkungan
Kerusakan lingkungan sesungguhnya sudah banyak terjadi di hampir seluruh wilayah yang ada didunia, dan itu semua lantaran ulah insan yang tidak bertanggung jawab atas ulah ulahnya. Kerusakan lingkungan juga biasanya di sebabkan oleh tidak adanya lagi perawatan dan kepedulian para warga terhadap lingkungan tersebut. Namun walaupun kita juga tahu bila lingkungan kita sudah rusak , tetapi kita juga masih saja tidak memperdulikan lingkungan .
Setelah itu dari kerusakan lingkungan kita juga bisa mencicipi hal hal yang tidak kita inginkan , namun kita malah tidak menghindari hal - hal yang tidak di inginkan itu , mengapa ? itu semua lantaran insan itu mempunyai sifat egois yang sudah terlalu tinggi . Tetapi memang di dunia ini masih ada beberapa insan yang masih peduli pada lingkungan tetapi tidak melebihi dari 50 % insan yang ada didunia . Contohnya : Disekolah mungkin hanya ada 10 siswa dari beratus ratus siswa yang peduli pada lingkungan , atau mungkin tidak ada sama sekali 
Itu semua terjadi alasannya polusi yang berlebihan , tidak ada penghijauan , penebangan hutan secara liar , buang sampah secara sembarangan yang tidak mau bertanggung jawab . Seandainya semua insan di dunia ini mempunyai rasa tanggung jawab ibarat saya , mungkin saja dikala ini semua lingkungan akan terjaga rapih dan bersih.
Selain itu banyak akhir akibat yang akan kita dapatkan ketika kita merusak lingkungan contohnya , polusi udara dimana mana yang menciptakan kita sesak bernafas , selanjutnya penebangan pohon secara liar yang menciptakan tidak ada daerah perembesan air , dan yang semoga semua insan lakukan yaitu untuk penghematan energi . Apabila kita peduli pada lingkungan marilah kita lakukan penjagaan terhadap lingkungan supaya terlihat rapih dan higienis ibarat dahulu ibarat dahulu yang higienis dan rapih.
Dan kesimpulan dari goresan pena saya ini , saya ingin supaya semua orang bisa berlaku untuk menjaga lingkungan apapun halangannnya , semampunya lah untuk menjaga lingkungan.
  
BAB III
PENUTUP

3.1.  Kesimpulan
Dengan mendalami permasalahan tersebut, para siswa termaksud yang akan menjadi penerus generasi penerus usaha bangsa akan selalu menaruh kewaspadaan di lingkungan hidupnya sehingga bangsa Indonesia akan memperoleh ketahanan nasional yang tangguh dalam menyikapi kerusakan lingkungan. Apa yang kita lakukan selama ini belum cukup dan harus di tingkatkan terus menerus apabila alasannya kita lambat untuk tidak sanggup memperlihatkan kehidupan lebih baik maka tidak akan terealisasi ibarat apa yang kita cita-citakan bersama.
3.2.  Saran
Sebagai warga Negara yang taat dan patuh kepada Negara sebaiknya kita melestarikan lingkungan hidup sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat Indonesia.
  
DAFTAR PUSTAKA

- Warnadi, Sunarto, Muchdiwati, 1996. Pendidikan lingkungan hidup. Jakarta : Departemen  pendidikan dan kebudayaan.
-  Pengurus besar persatuan guru republic Indonesia (PGRI) 1990. Suara guru no.4 tahun xxx1x 30 april 1990.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel