Protista Pengertian, Habitat, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Dan Contohnya

Para jago flora memasukkan makhluk hidup tersebut ke dalam dunia flora alasannya ialah berklorofil, sedangkan para jago binatang memasukkannya ke dunia binatang alasannya ialah bergerak aktif dan mempunyai bintik mata. Sebagai jalan tengah, dimunculkan kingdom Protista. Jadi, semua anggota kingdom Protista ialah makhluk hidup yang ”bukan binatang dan bukan pula tumbuhan”.

A. Pengertian Protista
Protista ialah makhluk hidup bersel satu atau bersel banyakdan telah mempunyai membran inti (selnya bersifat eukariot). Protista bukan merupakan binatang ataupun tumbuhan, tetapi hanya mempunyai sifat yang ibarat hewan, ibarat tumbuhan, ataupun ibarat jamur. Semua makhluk hidup eukariotik yang bukan merupakan binatang dan flora masuk dalam kelompok Protista. Kelompok makhluk hidup Protista yang ibarat flora ialah ganggang (Algae), kelompok Protista yang ibarat binatang ialah Protozoa, sedangkan kelompok Protista yang ibarat jamur ialah jamur lendir dan jamur air.

B. Habitat Protista
Protista biasanya ditemukan di dalam air, sanggup berupa plankton yang melayang-layang di dalam air atau menempel di dasar sungai, laut, atau danau. Protista sanggup pula hidup di dalam tanah dan di tempattempat yang lembap, baik sebagai benalu maupun sebagai saprofit, serta sanggup pula hidup bersimbiosis dengan organisme lainnya.

C. Ciri-ciri Protista
Umumnya, Protista bersifat aerobik dan memakai mitokondria untuk respirasi. Pada kenyataannya, ada Protista yang sanggup berlaku sebagai produsen. Protista tersebut sanggup melaksanakan fotosintesis (dapat menciptakan masakan sendiri). Nutrisi yang diperoleh dari fotosintesis Protistatersebut sanggup bersifat fototropik, heterotropik, atau keduanya. Protista mempunyai flagela atau cilia dalam hidupnya dan sanggup berkembang secara aseksual atau seksual. Pada kondisi yang kurang menguntungkan, Protista sanggup membentuk kistae.

D. Macam-macam atau Jenis-jenis Protista
Secara taksonomis, Protista sanggup dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu sebagai berikut.
1. Protista yang Menyerupai Tumbuhan
Protista dikatakan ibarat flora alasannya ialah ia bersifat autotrof, mempunyai klorofil, dan dengan derma cahaya matahari bisa melaksanakan fotosintesis.
Contoh Protista yang ibarat flora ialah ganggang yang terdiri atas filum Euglenophyta, ganggang hijau (Chlorophyta), ganggang cokelat (Phaeophyta), ganggang pirang (Chrysophhyta), ganggang merah (Rhodophyta), dan ganggang api (Pyrhophyta).

2. Protistayang Menyerupai Hewan
Dikatakan ibarat binatang alasannya ialah Protista ini bersifat heterotrof. Protistaini sanggup memasukkan masakan dengan cara menelan melalui verbal pada membran selnya. Protista ini tidak sanggup menciptakan masakan sendiri alasannya ialah tidak mengandung klorofil.
Contoh Protista yang ibarat binatang ialah Protozoa, terdiri atas filum Rhizopoda (berkaki semu), Flagellata (berbulu cambuk), Ciliata (berambut getar), dan Sporozoa (penghasil spora).

3. Protistayang Menyerupai Jamur
Protista ini melaksanakan pencernaan masakan di luar sel, kemudian terjadi perembesan sari-sari masakan hasil pencernaan masakan oleh tubuh.
Contoh Protista yang ibarat jamur ini ialah jamur air dan jamur lendir.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel